Cara Menghasilkan Uang Dari Anime & Manga (Tips Mendapat Profit)

Apakah Anda menyukai anime atau manga Jepang? Siapa bilang jika anime dan manga hanya diperuntukkan untuk anak-anak dan remaja, buktinya banyak orang dewasa di Jepang dan mancanegara yang menahbiskan diri menjadi fans fanatik bahkan menjadi otaku karena begitu menyukai suatu anime atau manga. Kelebihan anime dan manga Jepang bukan hanya dari kualitas gambarnya, tetapi juga dari bagaimana penulis dan komikusnya bisa berani mengangkat tema-tema realistik disekitar masyarakat Jepang yang mungkin jarang diangkat. Contohnya tema bullying dan juga politik. Tak hanya itu, bagaimana mereka mengangkat suatu profesi sebagai latar belakang cerita seperti sepakbola, tenis, hukum dan lainnya juga membuat kita mendapat banyak wawasan baru.

Meskipun hanya gambar hitam putih dan berwarna (jika sudah dijadikan anime), ternyata anime dan manga bisa mendatangkan benefit yang cukup banyak dari segi materi kepada studio produksi dan juga penggemarnya. Bagaimana bisa? Berikut ini akan dijelaskan lebih terperinci.

Studio produksi anime

Anime adalah film kartun sejuta umat. Bagaimana tidak, sebuah anime bisa mempengaruhi pikiran dan juga tentunya kehidupan seseorang. Kalau Anda seorang yang penakut misalnya, bisa menjadi berani mengambil keputusan serta terinspirasi untuk menjadi lebih setia kawan setelah menonton serial anime Naruto. Bagi yang suka dengan petualangan bajak laut bisa menggemari anime One Piece. Anime membangkitkan sisi kanak-kanak orang dewasa sehingga tidak salah jika penggemarnya terkenal militan. Sebuah anime ternyata membutuhkan biaya produksi yang cukup tinggi untuk setiap serinya. Satu seri anime terkadang harus menghabiskan milyaran rupiah jadi kadang dibentuk sebuah production committee (kumpulan dari beberapa production house). Nantinya akan ditentukan bagaimana mencari sponsor, siapa saja tim yang ikut dan televisi mana yang akan menayangkan. Anime juga mendapat keuntungan tak hanya dari penayangan televisi tetapi juga dari penjualan marchandise, action figure hingga game dan royalti/lisensi.


Mendapatkan uang dari hobi menggandrungi anime

Selain memberi benefit untuk studio produksi dan tim yang mengerjakan, memiliki hobi menggandrungi anime juga bermanfaat untuk Anda. Apa saja yang dapat Anda lakukan agar bisa menghasilkan uang dari anime?

1. Menjadi blogger anime

Blogger adalah salah satu pekerjaan yang menyenangkan. Anda cukup mengutak-atik template dan rajin menulis di blog maka rezeki bisa datang. Namun menjadi blogger anime tak semudah membalikkan tangan, Anda harus rutin update berita anime terkini di Jepang, bisa juga ditambahkan daftar soundtrack anime hingga live streaming.

Penggemar anime akan sangat menyukai sebuah portal blog yang rajin update, dimasa awal ngeblog, mungkin Anda belum mendapat keuntungan, namun jika terus rajin update dan rajin share di media sosial, blog Andapun akan semakin terkenal. Jika pengunjung sudah banyak dan blog menunjukkan traffic tinggi, bukan hal mustahil jika ada sponsor yang ingin memasang iklan di blog dan Anda mendapat komisi dari setiap klik.

2. Penerjemah subtitle

Menjadi translator subtitle tentunya dibutuhkan kemampuan bahasa Jepang yang cukup baik. Bahasa Jepang juga memiliki perbedaan untuk bahasa gaul dan siapa penuturnya. Bahasa informal untuk anak laki-laki juga akan berbeda dengan bahasa perempuan. Anda harus sering mengamati percakapan tokoh anime yang sedang Anda tonton untuk bisa mengartikannya.

Baca juga: Tips cara menjadi penerjemah handal

3. Menjual DVD dan pernak-pernik anime

Jika Anda sudah menjadi seorang penggemar berat anime pasti akan rela merogoh kocek demi membeli pernak-perniknya. Berjualan online atau membuka toko khusus anime juga bisa menjadi sebuah lahan bisnis yang keren. Contohnya kostum baju ninja ala Naruto cukup laris manis dipasaran sehingga banyak toko online yang menjual jaket dengan desain salah satu karakter animenya. Menjual DVD dan aksesoris khas anime juga bisa menjadi alternatif.


Setelah mengetahui cara untuk menghasilkan uang dari menyukai anime dan juga sekilas informasi tentang produksi anime, Anda juga perlu mengetahui apa saja yang bisa didapat dari sebuah manga (komik jepang). Sebagian anime yang dibuat di Jepang berasal dari manga, jika sebuah manga memiliki pembaca yang banyak maka production house akan meliriknya.

– Berkarya digital

Yang dimaksud di sini adalah seorang komikus atau mangaka bisa mengupload karyanya di portal komik online seperti Webtoon. Saat ini biaya kertas sudah semakin mahal dan kadangkala pembaca manga atau komik yang masih berusia belasan tidak memiliki uang untuk membeli satu seri komik. Webtoon menjadi solusi bagi pembaca komik agar bisa membaca komik secara online dan gratis. Memang pembaca akan menunggu dalam jangka waktu cukup lama karena satu chapter atau satu episode akan diunggah seminggu sekali, tetapi pembaca bisa membaca karya lain dalam waktu bersamaan.

Sudah banyak anime atau bahkan drama yang diangkat dari Webtoon contohnya dari Korea Selatan yang menjadikan komik Cheese In The Trap sebagai sebuah drama hingga sukses besar melejitkan pemerannya, salah satunya Kim Go Eun

– Menjual hak intelektual

Jika komik digital yang dibuat sudah laris dan memiliki banyak penggemar, komikus bisa menjual hak intelektual dengan sistem royalti kepada production house agar dibuat anime atau film. Contohnya Doraemon yang dibuat oleh Fujiko F. Fujio, kini masih tetap tayang meski mangakanya sudah wafat, royalti pun masih bisa dinikmati keluarga.

Itulah beberapa cara menghasilkan uang dari anime dan manga. Andapun bisa memaksimalkan potensi dan bakat yang Anda punya sebagai sebuah bisnis baru. Selamat berkarya.


Related Post: