Cara Mengajari Orang yang Tidak Punya Motivasi / Tujuan Apapun

Bagaimana cara supaya saya bisa mengajari/mendidik anak yang tidak punya motivasi dan tujuan apapun dalam hidupnya? Lalu apa yang harus dilakukan oleh orang yang tidak tahu dan tidak peduli dengan kehidupannya, dalam artian mereka membiarkan apapun yang terjadi mengalir begitu saja tanpa ada usaha/niat untuk berubah dan memperbaiki keadaannya, dan bagaimana kalau hal tersebut terjadi pada diri kita sendiri, gimana caranya kita bisa memotivasi diri untuk menjadi lebih baik dan mengubah situasi tersebut?

Kalau ada anak/seseorang yang tidak tertarik dengan apapun saat kita mengajarinya, maka berikanlah alasan mengapa mereka harus mempelajarinya, mengapa hal itu penting dalam hidupnya. Pada akhirnya kita adalah pahlawan terbaik bagi diri kita sendiri, tidak ada siapapun yang bisa menolong seseorang kalau orang tersebut tidak ingin menolong dirinya sendiri, jadi kalaupun mereka tidak mau ditolong/dibantu ya jangan dipaksakan, cukup beritahu mereka kalau dirinya sendiri adalah satu-satunya penolong yang bisa mengubah hidupnya menjadi lebih baik. Jadi beritahukan dengan jelas mengapa mereka harus memiliki motivasi/tujuan dan berubah menjadi lebih baik, bantulah kalau mereka memang butuh bantuan, dan sisanya terserah pada mereka, biarkan mereka memutuskan apa yang terbaik bagi dirinya sendiri.

Apa yang harus dilakukan orang yang tidak peduli dan tidak ingin berubah? Yang paling penting adalah berikan alasan yang kuat mengapa hal tersebut (perubahan) penting bagi dirinya, karena tujuan dan alasan yang lemah sangat mudah membuat seseorang kehilangan motivasi dan semangat. Jangan pernah memaksa seseorang untuk berubah, tapi selalu berikanlah alasan pada mereka mengapa perubahan itu penting, pastikan mereka tahu/sadar bahwa mereka perlu berubah, karena selama mereka merasa baik-baik saja (merasa tidak ada yang perlu diubah) maka sampai kapanpun mereka juga tidak akan berubah, kalaupun dengan segala usaha yang kita lakukan orang tersebut tetap tidak berubah, mungkin sudah saatnya kita yang berubah.

Bagaimana kalau hal tersebut terjadi pada diri kita? Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, cara terbaik untuk melakukan perubahan adalah menyadari dulu mengapa perubahan itu penting, apa alasan untuk berubah, kalau kita sedang tidak memiliki motivasi, tujuan, niat, dan semangat apapun dalam hidup ini, maka cobalah menjadi “sedikit rakus” dalam artian positif.


Sedikit rakus (a little greed) disini artinya kita menginginkan sesuatu yang lebih dari apa yang sudah kita punya, seperti kita ingin lebih kaya, lebih terkenal/populer, lebih berpengaruh, lebih berkuasa, dan lain-lain. Semua orang pasti memiliki rasa “greed” ini karena pada dasarnya kita manusia tidak akan pernah puas, namun yang berbahaya adalah jika kita terlalu serakah sampai-sampai mengambil jatah orang lain demi kepentingan diri kita sendiri. Setidaknya dengan sedikit kerakusan ini kita akan memiliki tujuan dan motivasi untuk bertindak, misal saya ingin menjadi lebih kaya maka pastinya saya akan mencoba beberapa cara untuk menghasilkan uang tambahan.

Memang kita harus selalu bersyukur dengan apapun yang telah kita punya, namun jangan biarkan rasa syukur tersebut membuat kita terlena seolah kita telah tercukupi sampai membuat kita tidak punya motivasi/tujuan untuk melakukan apa-apa, karena itulah kita perlu sedikit “greed” untuk mendorong kita maju kedepan, hal ini sangat mudah dilakukan mengingat setiap orang pasti memiliki sisi kerakusannya masing-masing, ada orang yang mau lebih terkenal, ada yang mau lebih kaya, ada yang mau lebih sukses dalam karir, ada yang mau lebih pintar, ada yang mau lebih dermawan, dan seterusnya.

Saya sudah berusaha sebisa mungkin namun tetap saja saya tidak memiliki motivasi dan niat dalam menjalani hidup ini, harus bagaimana ya?

Dalam skenario terburuk, orang-orang seperti ini biasanya mengalami depresi, orang yang tidak punya motivasi hidup sama saja seperti tubuh tanpa jiwa, kalau kamu tidak memiliki motivasi/niat apapun cobalah cek apakah kamu mengalami depresi, pergilah ke psikiater dan bicara dengan keluarga atau orang-orang terdekat.

Beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang depresi dan kehilangan semangat hidup:

  • Merasa memiliki terlalu banyak masalah yang tidak bisa diselesaikan
  • Merasa tidak bisa sukses karena selalu gagal dan ditolak
  • Merasa tidak punya pilihan apapun dalam hidupnya (tidak memiliki kebebasan)
  • Merasa kesepian, bosan, kecewa, terhina, malu, dendam, dan kehilangan harapan
  • Merasa hidup ini tidak memiliki arti

Saya gunakan kata “merasa” karena hal tersebut sebenarnya hanya ada di dalam pikiran kita sendiri, kalau kita merasa hidup ini sulit, bukan berarti orang lain juga merasakan hal yang sama, dengan menyadari bahwa ini adalah masalah personal Anda, kita bisa memahami masalah yang ada dengan lebih baik dan mencari solusinya. Pada akhirnya masalah depresi sebenarnya hanya ada di kepala Anda, pikiran kita bisa menjadi obat terbaik sekaligus penyakit mematikan tergantung dari cara kita menggunakannya.

Baca juga: Cara menghilangkan beban pikiran, stres, dan depresi


Related Post: