Tips Cara Cepat Move On & Melupakan Mantan Pacar / Gebetan

Buat kamu yang lagi patah hati karena baru saja diputusin (atau mutusin) sama pacar pasti bakal galau dan gampang baper setiap kali ingat mantan, dikit-dikit mulai stalking sosmed dan kehidupan si dia, apakah dia udah punya pacar baru lagi (kepo), atau malah kamu masih berharap untuk balikkan. Galau sesaat itu fine-fine aja tapi kalau kamu sudah mulai baperan dalam jangka panjang alias tidak bisa move on darinya, itu bisa jadi kebiasaan buruk yang nantinya malah merusak hubungan percintaan kamu kedepannya dengan orang lain.

Kesalahan fatal yang sering dilakukan seseorang saat mau/ingin move on adalah langsung cari pacar baru sebagai pelampiasan. Jika alasan kamu berhubungan dengan seseorang hanya karena takut terlihat sendirian/jomblo, you really make terrible choice, pertama orang-orang cenderung kurang respek dengan mereka yang gampang berpindah hati dalam sekejap, apalagi kalau orang tersebut mencari pacar hanya sebagai pelampiasan untuk dipamerin pada mantannya (pembalasan yang norak), perkara hati bukanlah permainan, kamu mungkin bisa mencari orang lain cuma untuk “asal bergerak” supaya tidak terkesan sendirian tapi yang terpenting bukanlah penampilan diluar namun apa yang kamu rasakan didalam dirimu.

tips cara melupakan mantan pacar gebetanMemang cara tercepat untuk mengobati patah hati adalah dengan jatuh cinta lagi pada orang yang baru, tapi ini hanya berlaku kalau kita memang betul-betul suka/cinta dengan orang tersebut, bukan pada tahap “berusaha mencintai” apalagi kalau kita cenderung tidak suka namun tetap memaksakan hubungan hanya untuk pelampiasan, yang akan terjadi adalah hubungan jangka pendek yang buruk (dan berakhir putus) yang nantinya malah membuat image negatif tentang dirimu sebagai seorang pacar.

Jauh lebih baik bertahan (walau tidak nyaman) dalam kesendirian, tetap jadilah jomblo berkualitas dan nikmati waktu sendiri yang kamu miliki dengan baik. Jadi hindari pikiran untuk langsung pacaran/berhubungan dengan orang lain saat baru putus (setidaknya berikan jeda waktu), sekarang bayangkan kalau kamu melihat seorang pria/wanita yang langsung berpacaran setelah baru putus 2-3 hari dari mantannya, lalu setelah beberapa bulan putus lagi, dan 2-3 hari berikutnya menemukan pacar yang baru lagi, apakah kamu mau punya seorang pacar yang gampang pergi dan melupakan pacarnya (mantan) seperti itu?


Kalau kamu sedang galau ingin melupakan mantan pacar/gebetan dan move on darinya maka fokuslah pada dirimu terlebih dahulu, jangan mencari seseorang sebagai pelarian atau pelampiasan, biarkan waktu mengobati hatimu perlahan-lahan.

Berikut ini adalah beberapa tips cara yang bisa kamu lakukan untuk move on dan melupakan mantan/gebetan kamu:

1. Jangan berusaha keras menolak ingatan/pikiran yang datang

Semakin kamu berusaha melupakan dia atau tidak memikirkan dia malah pikiran itu semakin menghantui kita, sama seperti sebuah ingatan yang ingin kita lupakan, semakin kita berusaha melupakan kita malah semakin ingat (reverse psychology), apapun yang terjadi didalam kepalamu, ingatan/pikiran apapun yang ada jangan ditolak, biarkan saja karena yang terpenting itu tidak mempengaruhi tindakanmu, kalau kamu masih ingat terus sama mantan cukup jawab: “it’s ok so what?”.

Saya masih kepikiran terus sama mantan –> it’s ok, so what?

Saya masih galau ga bisa move on dari mantan –> it’s ok, so what?

Selama kamu masih bisa mengendalikan tindakanmu (act) maka pikiran itu bukanlah masalah, karena semakin kamu berusaha mengendalikan pikiran/ingatan dikepalamu maka semakin otak kita memberontak dan malah bikin kita semakin galau berkepanjangan, jadi fokus pada tindakan kita bukan pada pikiran dikepala kita.

2. Kerjakan sesuatu

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, kita harus fokus pada tindakan, jangan banyak bengong/pasif tidak melakukan apa-apa karena saat sedang tidak melakukan apa-apa (do nothing) kita akan cenderung lebih banyak berpikir (merenung) dan tentu kita tahu apa yang akan muncul dipikiran kita saat sedang berusaha move on dari seseorang.

Ingat lebih banyaklah bergerak, lakukan sesuatu yang bisa mengisi waktu luang, cara terbaik adalah lakukan hobi Anda, passion Anda, fokus pada karir/bisnis atau iseng-iseng lakukan kegiatan baru seperti main game, traveling, kuliner, atau olahraga, apapun itu yang penting jangan biarkan dirimu nganggur karena semakin sering kamu nganggur akan semakin banyak waktu yang kamu gunakan untuk berpikir hal-hal yang tidak penting.

Baca juga: Mencari apa yang ingin kita lakukan dalam hidup

3. Buang segala hal yang bisa bikin kamu ingat pada dia

tips move on dari mantan pacarKecuali kalau kamu masih bisa berteman baik dengan mantanmu maka cara ini tidak perlu kamu lakukan, tapi kalau kamu sudah putus dan tidak ingin berhubungan lagi sama sekali maka buang jauh-jauh segala sesuatu yang bisa mengingatkan kamu dengannya, seperti foto-foto kalian berduaan disosmed, bahkan kalau perlu hapus kontaknya. Menyimpan suatu benda/kenangan hanya akan membuat kamu semakin gampang baper dan susah move on darinya.

Banyak orang yang baper susah melupakan mantan/gebetannya karena masih suka melihat foto-fotonya disosial media, masih menyimpan benda/kenangan yang bisa mentrigger memori dengan si dia, dan yang paling parah masih aja ngikutin/follow kehidupan mantannya sampai punya pacar baru (sampai pacar barunya juga di stalking), ini bukanlah sesuatu yang baik, cara terbaik untuk menyembuhkan kebiasaan ini adalah dengan memaksa diri secara tindakan supaya tidak lagi kepo dengan sang mantan, blok sosial medianya, hapus kontaknya, buang segala barang-barang memori dengannya, dan mulai kehidupan baru dengan memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih menarik untuk jodoh yang lebih baik nantinya.



Memang move on atau melupakan seseorang yang pernah menjadi bagian dari hidup kita itu susah-susah gampang, tapi pada akhirnya we have to keep moving forward, kita harus terus maju untuk melanjutkan hidup, buang segala belenggu dimasa lalu dan bersiaplah untuk menghadapi masa depan yang lebih baik.

3 cara simpel yang bisa kita lakukan adalah:

  • Jangan berusaha menolak pikiran/ingatan yang ada (biarkan waktu mengubah segalanya).
  • Fokus pada tindakan, lakukan sesuatu yang positif dan bermanfaat untuk diri Anda.
  • Jauhkan apapun yang bisa memicu/memancing ingatan dengan dirinya.

Kelihatannya gampang tapi prakteknya belum tentu berjalan sesuai teori, karena itu mulailah dari hal-hal kecil dan simpel, seperti buang (atau taruh digudang) barang-barang spesial darinya, hapus foto-fotonya di HP/komputer, mulai sibukkan diri dengan hal baru seperti main game atau berolahraga, lebih bagus lagi kalau kita bisa jadikan kekosongan tersebut untuk memfokuskan diri pada karir dan bisnis kita.

Pada akhirnya kita akan mendapat jodoh yang lebih berkulitas jika kita juga memantaskan diri untuk mendapatkannya, ingat tidak perlu memikirkan tentang balas dendam pada mantan, kalau motivasi suksesmu karena ingin membuktikan diri pada mantanmu, maka sama saja kamu masih gagal move on, balas dendam hanya untuk mereka yang masih bermental “anak kecil”, orang yang bisa move on tidak akan mengurusi hal-hal bodoh seperti pembalasan/balas dendam, tetap fokus saja pada diri sendiri dan persiapkan dirimu untuk seseorang yang lebih baik.


Related Post: