Benarkah Ada Bisnis Online Tanpa Modal

Bisnis online tanpa modal?
Hmm, sepertinya too good to be true

Apakah benar ada bisnis online yang bisa dijalankan dengan modal nol rupiah? Berikut pendapat saya tentang bisnis online tanpa modal khususnya di Indonesia. Mengapa bisnis online? Karena masyarakat paling mudah dibujuk dengan bisnis online tanpa modal yang terlihat menggiurkan hasilnya tapi tidak tahu sumber uangnya darimana.

Jika Anda malas membaca tulisan ini (panjang soalnya), inti dari tulisan ini adalah tidak ada bisnis online yang tanpa modal (modal Rp 0,-), kalaupun ada maka pasti terdapat effort yang luar biasa besar dan banyak waktu yang harus dikorbankan.

Mari kita bahas satu per satu beberapa bisnis online yang sepertinya tanpa modal dan mudah untuk dijalankan.


1. Paid to Click (PTC)

bisnis online tanpa modal

Program PTC adalah program dimana anda akan mendapat bayaran setiap kali anda melakukan klik iklan, menonton video, atau melakukan instruksi lainnya yang disediakan pihak PTC tersebut. Mudah sekali hanya klik-klik iklan dan rupiah mengalir. Pada kenyataannya adalah anda harus menghabiskan banyak waktu dan koneksi internet untuk melakukan semua itu, dimulai dari proses daftar/sign up, mengumpulkan uang ke akun anda, menarik dana, dan sampai anda menerima pembayaran dari pihak PTC tersebut. Untuk jumlah uang yang diberikan pun sangat kecil untuk setiap click, dan anda akan menghabiskan banyak waktu menonton video/mengikuti instruksi lain yang diberikan pihak PTC tersebut.

Menurut pengalaman saya sendiri, hal ini tidaklah sebanding dengan waktu dan resource yang dihabiskan, dari segi bisnis ini hanya akan membuang-buang waktu anda, namun jika anda memang iseng dan ingin mendapat tambahan uang di waktu senggang, maka silahkan mencoba PTC.

2. Pay per Click (PPC)

ppcPay per Click adalah program yang memberikan anda uang setiap ada orang yang melakukan click terhadap iklan yang anda pasang di website/blog milik anda. Terlihat menggiurkan karena banyak kisah sukses (entah benar/tidak) orang-orang mendapat puluhan bahkan ratusan juta dari sistem PPC ini.
Salah satu contoh program PPC yang terkenal adalah Google Adsense.

Satu hal yang pasti adalah tidak ada yang tanpa modal dalam menjalankan bisnis ini. Mungkin Anda bisa memakai web/blog gratisan dan membuat artikel. Yang jadi pertanyaannya adalah bagaimana anda membuat orang visit website/blog gratisan tersebut dan mendatangkan trafik. Apakah bisa dijalankan tanpa modal? Bagaimana dengan marketingnya? Apakah zero budget? Berapa banyak waktu yang telah Anda habiskan?

3. Affiliate

affiliateKurang lebih affiliate hampir sama dengan PPC, namun kita cenderung seperti salesman. Kalau PPC akan membayar kita untuk setiap click, maka affiliate akan membayar kita untuk setiap penjualan (sales) yang datang dari website/blog milik kita. Biasanya kita akan diberi link affiliate dan akan mendapat komisi jika orang yang meng-klik link affiliate tersebut melakukan pembelian produk/jasa dari pihak affiliate tersebut. Disini tentunya tingkat kesulitan akan bertambah, karena tugas kita menjadi 2x lipat lebih susah, orang harus visit website kita, melakukan klik terhadap link affiliate tersebut lalu akhirnya melakukan transaksi/pembelian. Apakah bisa dijalankan tanpa modal? Berapa lama prosesnya mulai dari mendatangkan trafik hingga terjadi sales?

Dari perspektif bisnis online maka affiliate ini hanya menguntungkan pihak pemilik affiliate, namun Anda sebagai marketer hanya mendapat komisi seperti pegawai outsource, karena begitu terjadi pembelian dari website pemilik affiliate maka konsumen tidak akan melakukan pembelian kembali melalui link affiliate Anda (konsumen online Indonesia itu cerdas), selain itu untuk sistem affiliate yang ada di Indonesia katakanlah “Lazadong Affiliate” (hanya contoh) biasanya brand mereka sudah sangat terkenal (iklan dimana-mana) bagaimana bisa Anda menarik pembelian dari blog/web Anda sedangkan user/buyer yang cerdas tentunya akan membeli langsung dari “Lazadong” tanpa melalui link affiliate Anda. Jadi menurut saya menjalankan affiliate sama saja seperti membantu pihak pemilik affiliate secara cuma-cuma, satu-satunya yang menarik hanyalah passive income dimana Anda tidak perlu mengurus apa-apa, seperti mengantarkan orang ke toko dan sisanya sudah diatur oleh penjaga toko, namun setelah itu keberadaan Anda sudah tidak berarti lagi.

4. Reseller-Dropship

dropshipDengan sistem dropship Anda dapat menjual produk-produk dengan brand/merek/nama Anda tanpa harus memiliki stok barang tersebut (tanpa modal). Saya setuju memang bisnis ini bisa dijalankan tanpa modal, namun pertanyaannya bagaimana Anda memasarkan produk tersebut dan menghasilkan penjualan? Apakah bisa dengan zero budget atau tanpa modal? Bisakah dijalankan dengan zero marketing? Ya mungkin bisa, lalu bagaimana dengan hasilnya?

Bagaimana dengan sistem reseller? Tentu peluang Anda disini lebih besar karena memiliki stock dan mendapatkan harga yang lebih murah, namun tetap tidak menjawab pertanyaan utama “Apakah tidak perlu modal?”. Dengan menyetok barang artinya Anda juga harus siap menanggung rugi jika barang tersebut tidak laku.

5. Survey Online

survey onlineHanya mengisi kuisioner dan dapat uang. Wah enak sekali. Sama seperti PTC, kembali ke pertanyaan dasar apakah worth your time, yang harus Anda tinjau kembali adalah berapa lama waktu yang akan Anda habiskan mulai dari proses daftar/sign up, mengumpulkan rupiah demi rupiah mengisi kuisioner, sampai Anda menerima pembayaran. Hal yang harus diperhatikan adalah seberapa aktif penyelenggara Paid Online Survey tersebut memberikan kuisioner/survey, dan berapa bayaran yang anda terima untuk setiap survey yang Anda isi. Dan yang paling penting adalah apakah semuanya sebanding dengan waktu yang Anda habiskan?

6. Jasa Freelance Online

freelance-onlineUntuk yang satu ini, Anda akan memerlukan skill/kemampuan teknis dibidang tertentu seperti desain, programming, dan writing untuk menawarkan jasa Anda kepada client/customer yang membutuhkannya.
Banyak yang mengira akan mudah menjalankan bisnis ini, karena bisa belajar otodidak/secara online dan menghasilkan uang dengan freelance ini. Yang paling penting untuk Anda persiapkan adalah portofolio dan background Anda sebagai freelancer apakah cukup meyakinkan client/customer sehingga mau menggunakan jasa Anda (persaingan online artinya Anda bersaing dengan semua freelancer yang ada di Indonesia).
Apakah Anda siap dan mampu bersaing dengan freelancer-freelancer lainnya memperebutkan customer dan projek yang diberikan?



Itulah beberapa bisnis online yang sepertinya “mudah dan tanpa modal” dan banyak dilakukan oleh pebisnis online di Indonesia.
Saya tidak bilang bisnis tersebut tidak bagus untuk dijalankan, namun satu hal yang ingin saya tekankan adalah tidak ada bisnis online yang tanpa modal, mungkin lebih cocok dikatakan dengan modal yang minim/sedikit dan itupun pasti membutuhkan effort/usaha yang besar dan juga waktu yang lama to make it works.
Untuk menjalankan bisnis online juga pastinya membutuhkan komputer/perangkat untuk akses internet dan juga koneksi internet yang akan memakan biaya pula.
Jadi berpikirlah sebelum anda memutuskan untuk menggeluti bisnis online dan juga persiapkanlah modal karena tidak ada bisnis atau bisnis online yang bisa dijalankan tanpa modal sama sekali. Good Luck 🙂

 

Note: Artikel ini tidak bermaksud menyerang/offense pihak tertentu, dan jika ada kasus/brand/bisnis yang merasa tersinggung dengan artikel ini, perlu diingatkan bahwa semua yang dijabarkan diatas “hanya contoh” dan bersifat informatif, semua kembali kepada Anda yang membaca tanpa ada maksud untuk memanipulasi/menjelekkan pihak tertentu. Semua murni dari sudut pandang user, oleh user dan untuk user. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Terima kasih 🙂


Related Post: