12 Software Aplikasi Edit Video Android Terbaik (Mobile App)

Sekarang telah tersedia banyak software untuk mengedit video secara langsung di smartphone Android Anda, jadi tanpa harus memindahkan data/video ke komputer untuk diedit, kita bisa langsung mengeditnya di HP. Aplikasi edit video ini tentu sangat sesuai bagi Anda yang berangan-angan jadi vlogger sekaligus YouTuber, namun cuma punya aggaran tipis yang belum dapat dikatakan cukup untuk melakukan pembelian PC atau laptop editing.

Berikut ini adalah 12 aplikasi editing video untuk Android yang patut Anda coba.

1. VivaVideo

vivavideoMenjadi software editing video yang sangat umum digunakan, VivaVideo bahkan menyediakan lebih dari 200 filter yang dapat Anda terapkan. VivaVideo memakai user interface berbasis storyboard sebagai sarana editing. Selain tersebut VivaVideo pun menyediakan sekian banyak efek, input teks, dan juga fitur video fast atau slow motion yang dapat Anda pakai untuk edit video.


2. Adobe Premiere Clip

adobe premiere clipSiapa sih yang nggak mengenal Adobe Premiere sebagai salah satu software editing video terbaik di PC ataupun laptop. Adobe Premiere Clip yang tersedia untuk Android menawarkan fitur editing otomatis dari galeri gambar maupun video yang Anda miliki. Anda juga dapat mengedit secara manual dengan menyisipkan sekian banyak efek, dan musik yang tersedia. Tentu software ini dapat dikatakan cukup ringan dan mudah Anda gunakan.

3. KineMaster

kinemasterKineMaster merupakan software editing video populer di Android. Di samping fitur standar yang dapat Anda gunakan, fitur Screen Editing yang cukup handal juga tersedia bagi Anda yang gemar membuat vlog gaming. Tersedia dalam versi gratis, KineMaster sudah dapat dikatakan cukup untuk keperluan edit video di sosial media.

4. PowerDirector Video Editor

powerdirectorPowerDirector sangat sesuai buat Anda yang butuh software editing video profesional secara mobile. User interface yang dihadirkan PowerDirector pun dapat dikatakan cukup umum dengan fitur editing yang memakai konsep timeline. Anda pun bisa dengan begitu mudah menyisipkan video, efek, stiker, bahkan 2 timeline audio sekalipun.

Aplikasi ini juga sudah sangat sering digunakan oleh semua vlogger dan YouTuber yang memakai smartphone sebagai sarana merekamnnya. Oleh karenanya, aplikasi ini sangat sesuai bagi Anda yang baru mulai menjadi vlogger.

5. Quik

quikSebagai pendatang baru dalam dunia editing video mobile, Quik menawarkan kecepatan sebagai fitur andalannya. Anda dapat menambahkan sampai 50 gambar dan video, Quik pun secara otomatis mengedit gambar-gambar itu menjadi video pendek. Bukan cuma hal itu saja. Quik pun menghadirkan lebih dari 20 filter yang bisa Anda pakai saat proses editing sehingga video pun menjadi lebih bagus.

6. VQuick

vquickLayaknya Quik, VQuick muncul sebagai software pendatang baru dalam dunia editing video mobile. VQuick sangat sesuai buat Anda yang suka vlogging, citizen journalism, dan sebagainya. Seperti media sosial, Anda dapat menyaksikan video yang sudah diedit pemakai lain. Meski tampak melanggar privasi, namun ada pun fitur self-destruct yang memungkinkan video segera dihapus saat orang lain melihatnya.

7. Video Editor

video editorSesuai dengan namanya, Video Editor menghadirkan fitur editing yang dapat dikatakan cukup simpel. Video Editor bisa memotong, menyusun, dan menambahkan musik pada video Anda. Di samping itu, ada fitur input teks, emoji, dan efek yang membuatnya tambah menarik. Video Editor sangat sesuai untuk editing video yang ringan pada Vine maupun Instagram.

8. Funimate

funimateFunimate menjadi salah satu software editing video populer dengan fasilitasnya untuk mengedit video yang begitu mudah dan simpel. Funimate menyediakan 15 filter video yang dapat Anda terapkan secara gratis. Aplikasi Funimate memang tidak menawarkan pilihan editing video layaknya profesional yang membutuhkan sejumlah tools. Aplikasi ini memang diperuntukkan bagi mereka yang butuh software ringan guna editing seperlunya saja.

9. ActionDirector Video Editor

actiondirectorActionDirector ialah salah satu software video editing yang populer pada PC. Aplikasi ini pun tersedia di Android dan menawarkan segudang fitur semisal menambahkan musik, potong video dan slow-motion. Aplikasi ini pun mendukung bentuk video 4K.

10. Videoshow

videoshowVideoshow adalah salah satu software editing video sangat handal. Di samping fitur standar, Videoshow pun memberikan berbagai macam sticker, teks, efek dan tema yang dapat Anda pilih dengan mudah.

11. FilmoraGo

filmoragoFilmoraGo adalahsalah satu software editing video yang dikembangkan oleh Wondershare. Di samping melakukan edit dasar, Anda juga dapat memilih editing pada rasio 1:1 guna memenuhi kebutuhan Instagram atau rasio 16:9 untuk YouTub. Walau ada sejumlah opsi berbayar, FilmoraGo tetap nyaman dipakai pada versi gratisannya.

12. Videoshop

videoshopVideoshop dapat menjadi opsi buat Anda yang butuh software edit video sederhana dengan fitur segudang. Selain fitur standar, Videoshop pun dilengkapi dengan animasi transisi, rekaman voice over, stop motion, edit video terbalik, dan juga sound effect.



Dari semua aplikasi di atas, tentu semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh, karenanya, Anda sebagai penggunalah yang akan menentukan aplikasi mana yang terbaik untuk kebutuhan Anda sendiri.

Baca juga: Sofware Video Editing Terbaik Untuk PC (Desktop)


Related Post: