Inilah 5 Aplikasi Cloud Storage Untuk Smartphone (Mobile) Anda

Memori internal dan slot penyimpanan pada smartphone memang merupakan salah satu hal yang paling penting, bagaimana tidak, meskipun ponsel pintar kita mendukung kamera yang super hebat ditambah dengan berbagai dukungan aplikasi super canggih, percumas aja bila semuanya tidak bisa disimpan di dalam memori yang disediakan karena keterbatasan ruang. Karena seiring dengan semakin canggihnya sistem operasi mobile (Android, iOS, atau Windows 10 for Mobile) dan aplikasi, semakin besar pula ruang penyimpanan yang digunakan. Nah buat Anda yang kebetulan punya smartphone dengan memori internal pas-pasan, bahkan parahnya lagi tanpa didukung dengan slot kartu memori, ada solusi yang bisa Anda lakukan yaitu menggunakan teknologi cloud storage.

Cloud Storage adalah suatu layanan penyimpanan file di internet yang mana Anda dapat meng-upload dan backup file, baik berupa foto, video, dan dokumen lainnya. File yang diunggah di Cloud Storage bisa dikelola dari mana saja selama Anda terhubung ke internet. Berikut ini adalah 5 platform penyedia cloud storage bagi Anda.

1. Google Drive

google drive cloud storage adalahBagaimanapun juga, Google Drive menjadi layanan favorit bagi para pemakai Android. Hal ini disebabkan oleh kemampuan Google Drive untuk terintegrasi secara langsung dengan akun Google. Google Drive pun memberikan ruang penyimpanan 15 GB. Selain itu, Google Drive juga merupakan penyimpnana utama untuk berbagai layanan pengolahan data dengan menggunakan aplikasi online Google Docs, Google Sheets, dan Google Slides. Jadi Anda dapat bekerja kapan saja dan dimana saja dengan berbekal smartphone saja, bahkan Anda dapat berkolaborasi dengan orang lain sehingga dapat mengedit kegiatan bersama-sama.


2. Copy

copy cloud storageCopy ialah salah satu layanan penyimpanan online untuk pengguna perangkat Chromecast. Meskipun tidak cukup terkenal, media penyimpanan ini ternyata cukup mudah untuk digunakan.

Banyak orang yang berpendapat bahwa Copy hanyalah sebuah aplikasi tambahan pada Android. Sebenarnya, Copy mampu memberikan layanan dengan berbagai fitur menarik. Salah satunya adalah kemampuannya untuk menampilkan foto, video, serta musik ke TV Anda melalui media penyimpanan online-nya.

3. OneDrive

onedriveOnedrive ialah solusi penyimpanan online yang disediakan oleh Microsoft. Cukup besar, Microsoft menyediakan ruang sebesar 15 GB secara gratis. Selain itu, Onedrive dapat dikatakan sebagai cloud storage yang terbaik karena ia terintegrasi dengan pelbagai layanan Microsoft yang sering kita gunakan untuk keperluan pekerjaan, yakni Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint.

Onedrive mempunyai fitur backup otomatis untuk gambar dan video, Anda pun dapat berbagi berbagai file dengan mudah. Terlebih, Onedrive juga terintegrasi dengan Android Wear sehingga Anda dapat melihat koleksi foto Anda melalui Smart Watch berbasis Android.

4. Dropbox

apa itu cloud storage dropboxSelama bertahun-tahun Dropbox telah menjadi pilihan utama bagi para pengguna smartphone dengan berbagai sistem operasi, termasuk Android. Layanan ini menawarkan penyimpanan yang memang hanya sebesar 2GB. Meski begitu, fitur yang ditawarkan terbilang sangat praktis untuk para penggunanya.

Bekerja dengan cepat dan cerdas, Dropbox dilengkapi dengan fitur backup secara otomatis dan dapat dipakai pada sekian banyak perangkat sekaligus, termasuk di antaranya komputer atau smartphone. Menariknya, Dropbox pun sudah terhubung langsung dengan layanan BlackBerry Messenger (BBM) untuk mempermudah berkirim file langsung dari Dropbox ke kontak BBM.

5. Amazon Cloud Drive

amazon cloud serviceLayanan Amazon Cloud Drive menawarkan penyimpanan yang diutamakan untuk gambar hasil pemotretan dengan kapasitas unlimited. Oleh karena itu, Anda dapat meng-upload koleksi foto-foto Anda sepuasnya tanpa dibatasi. Nah, guna melakukan penyimpanan video dan dokumen lainnya Amazon dapat meluangkan memori cloud storage sebesar 5GB. Sayangnya layanan ini sendiri merupakan sebuah layanan yang berbayar dan dapat Anda nikmati secara trial sekitar 3 bulan. Selebihnya, Anda harus berlangganan dengan biaya USD 11.99 yang dapat diperkirakan mencapai Rp 150.000 per tahun.

Sebenarnya, biaya yang ditawarkan oleh Amazon Cloud Drive memang terbilang cukup murah, terlebih Anda dapat menyimpan gambar dalam jumlah yang tidak terbatas. Layanan ini memang sesuai buat Anda yang gemar sekali berfoto ria, tetapi jumlah penyimpanan guna file video dan file lainnya yang cuma 5GB terbilang sangatlah kecil. Amazon pun menyadari itu dan menawarkan solusi mereka. Untuk mengatasi kecilnya penyimpanan file tersebut, Amazon pun menyediakan penyimpanan guna file apapun tanpa batas dengan biaya tambahan sebesar USD 60 atau Rp 700.000 per tahun, layanan ini sendiri sebenarnya lebih sesuai untuk bisnis. Sayangnya, penawaran ini pun masih terbatas pada ukuran file yang dapat diunggah, yakni hanya sebesar 2 GB untuk satu file.



Nah, itulah berbagai layanan Cloud Storage yang bisa Anda gunakan. Dari semua itu, DropBox merupakan layanan yang paling sering digunakan. Selain gratis, DropBox juga memiliki fitur yang lengkap dan sistem yang cukup mudah digunakan. Terlebih lagi, DropBox cocok untuk digunakan oleh berbagai Sistem Operasi tanpa harus memusingkan soal kompatibilitas.

Baca juga: 8 Aplikasi Android yang Sangat Berguna Untuk Kebutuhan Sehari-hari


Related Post: