8 Aplikasi Android Paling Berguna Untuk Kebutuhan Sehari-hari

Sebagai suatu ponsel pintar, smartphone Android mestinya memiliki kemampuan yang berarti untuk pemiliknya, bukan hanya dijadikan sebagai media guna bermain game atau media sosial saja. Untuk membuat perangkat Android menjadi lebih berguna, Anda membutuhkan peranan dari suatu aplikasi sehingga smartphone Android yang Anda punya menjadi lebih multifungsi nantinya.

Nah, inilah 7 aplikasi paling berguna yang wajib kamu coba di smartphone Android Anda.

1. 1Password

aplikasi 1 sandi password 1password1Password adalahsebuah software yang memudahkan Anda dalam menilik ataupun menyimpan sekian banyak password. Hadirnya software sejenis ini pasti sangat menolong sekali untuk mereka yang sering lupa dengan password media sosial karena saking banyaknya.


Selain bermanfaat sebagai media penyimpanan password, Anda juga dapat memanfaatkannya guna menyimpan sekian banyak data penting, contohnya seperti informasi keuangan, dokumen pribadi, dan berbagai informasi lainnya. Segala sesuatu yang disimpan di dalam 1Password nantinya akan dibentengi oleh Master Password sehingga siapapun kecuali pemilik yang mengetahui Master Password tidak dapat mengakses data-data personal yang telah Anda simpan didalamnya.

2. SoundHound

aplikasi pencari lagu dengan suara soundhoundPernahkan Anda mendengar sebuah lagu yang bagus tanpa tahu judulnya? Daripada merasa geregetan, cobalah aplikasi SoundHound. Dengan mendekatkan ponsel Anda ke sumber lagu, maka SoundHound akan mendeteksinya.
Selain bermanfaat untuk mengidentifikasi judul lagu melalui media audio, software dengan jumlah pemakai lebih dari 500 juta ini pun mempunyai fitur yang mampu memperlihatkan lirik lagu yang sedang diputar, keren banget kan.

3. Gravity Screen

aplikasi multifungsi gravity screenMungkin Anda belum begitu mengenal software yang satu ini ataupun software lain yang sejenis. Perlu Anda ketahui, Gravity Screen adalah sebuah software canggih di dunia yang dapat menggantikan fungsi tombol power di ponsel pintar Anda.

Lalu apa manfaatnya? Melalui software ini, Anda dapat menghidupkan dan mematikan layar ponsel secara otomatis tanpa perlu Anda sentuh sendiri. Keberadaan software ini tentu paling berguna untuk mereka yang mengalami kerusakan atau malfungsi pada tombol power, atau mereka yang selalu lupa mengunci layar bila hendak dimasukkan saku.

Software ini bekerja dengan membaca kemiringan ponsel. Bila berada di dalam saku, maka ponsel akan bergoyang-goyang setiap beberapa detik sekali, kecuali bila penggunanya juga tidak bergerak. Karena software terdeteksi sedang bergoyang-goyang, maka layar pun akan mengunci dengan sendirinya.

4. Titanium Backup

aplikasi software titanium backup androidBuat pemakai android yang sudah berhasil memasuki akses root, barangkali Titnaium Backup menjadi salah satu software tercanggih yang mesti dimiliki. Seusai dengan namanya, dimana Anda dapat melakukan backup pada software yang sudah terinstall di android.

Bukan cuma software saja, sekian banyak data urgen lainnya dapat Anda backup disini, mulai dari SMS, CWM, dan sekian banyak data urgen lainnya. Segala sesuatunya jadi lebih gampang dengan menggunakan software canggih besutan Titanium Track ini.

Jadi, mulai sekarang Anda tidak perlu khawatir dengan proses backup file yang terkadang rumit. Dengan software ini, semuanya menjadi mudah.

5. Android Device Manager

aplikasi pelacak hilang android device managerAplikasi canggih produksi Google yang satu ini barangkali belum begitu dikenal oleh para user Android. Tapi tahukah Anda? ternyata Android Device Manager mempunyai peranan yang paling penting untuk ponsel android.

Fungsi utamanya ialah membantu mengejar perangkat android yang hilang atau dicuri. Bagaimana teknik kerjanya? Aplikasi ini nantinya bakal melacak tempat ponsel yang hilang tersebut. Dengan kata lain, Anda dapat mengetahui dimana ponsel itu berada.

6. AirDroid

copy data android desktop komputer airdroidIngin copy file yang terdapat di android ke komputer? Ternyata Anda dapat melakukannya dengan gampang tanpa memakai kabel data. Aplikasi besutan Sand Studio ini bakal membantu Anda dalam mentransfer file ke jaringan komputer.

Adapun fitur unik lainnya yang dapat Anda manfaatkan yaitu fitur AirMirror. Fitur itu memungkinkan Anda untuk dapat menampilkan layar android supaya tampil dalam layar monitor PC.

7. Universal TV Remote Control

universal tv remote controlSesuai dengan namanya, dimana software ini mempunyai peranan sebagai remot TV yang memungkinkanmu untuk dapat mengubah chanel dengan mudah. Perlu Anda ketahui, Universal TV Remote Control hanya dapat bekerja untuk perangkat android yang dibekali fitur InfraRed (IR).

Seiring berjalannya waktu, software ini pun dapat bekerja melewati jaringan WiFi. Aplikasi ini dapat dipakai untuk sekian banyak merek Smart TV ternama di Indonesia, semisal Sony, Sanyo, LG, Samsung dan lainnya.

8. SHAREit

aplikasi sharing transfer file shareitSHAREit menjadi salah satu software yang mesti dimiliki para user android yang ingin segala sesuatunya lebih cepat, terutama saat mentransfer file ke perangkat android lain. Bayangkan saja, software ini mempunyai kecepatan 200x lebih cepat daripada Bluetooth, dengan begitu maka proses transfer file dengan ukuran super besar akan lebih cepat dari biasanya. Selain dapat dipakai untuk sesama android, software ini pun kompatible dengan iOS, Windows Phone & Windows XP/7/8.

Baca juga: Perlukah RAM besar pada smartphone?

Nah, bagaimana? Tertarik untuk mencobanya? Dengan 8 Software di atas, maka Android Anda pun tidak lagi berfungsi sebagai alat untuk bersosial media saja, namun bisa beroperasi lebih banyak dalam aplikasi kehidupan sehari-hari.


Related Post: