Alasan Kenapa Kita Tidak Akan Pernah Merasa Sukses Dalam Hidup

Kenapa sebagian besar orang tidak pernah merasa sukses dalam hidupnya? Cobalah definisikan arti sukses menurut Anda, apakah itu:

  • Menjadi orang yang kaya raya punya banyak uang dan kebebasan finansial.
  • Memiliki popularitas, terkenal dan diakui oleh banyak orang.
  • Bisa memiliki bisnis/usaha sendiri yang berkembang dan berdampak bagi orang lain.
  • Menjadi orang yang dikenang seperti seorang pahlawan jika mati nanti.
  • Menjadi pemimpin dan kepala keluarga yang baik.
  • Punya harta melimpah yang tidak akan habis 7 turunan.

Tahukah Anda mengapa kebanyakan orang tidak akan pernah merasa sukses? Karena ada yang salah/cacat pada definisi kesuksesan mereka sejak awal, mereka selalu merasa kesuksesan adalah sesuatu yang “eksternal” dan berada diluar dirinya. Sebagian besar dari kita merasa sukses adalah suatu pencapaian di masa depan (yang artinya tidak kita miliki sekarang) dan hal itu berada jauh dari jangkauan kita. Setelah kita berhasil menjangkau goal tersebut, kita akan merasa perlu melakukan lebih lagi untuk mencapai atau mempertahankan kesuksesan yang ada, yang tadinya kita merasa punya gaji 10 juta/bulan sudah sukses, sekarang kita menentukan set target 100 juta/bulan sebagai target kesuksesan yang baru, dan begitu seterusnya.

Sukses yang tadinya sudah ada didalam diri Anda kembali menjadi faktor eksternal diluar jangakauan Anda karena kita merasa kurang, kita merasa belum puas, kita merasa bisa melakukan lebih, kita merasa orang lain lebih sukses dari kita, dan sampai kapanpun kita tidak akan pernah merasa sukses karena terus membandingkan diri dengan orang lain dan faktor-faktor eksternal yang ada.

Memang hal ini ada baiknya karena membuat kita jadi orang yang ambisius dan memaksa diri kita untuk semakin berkembang, namun sisi negatifnya adalah kita selalu melihat kesuksesan untuk menentukan siapa kita dan seberapa berharga diri kita, kita menganggap orang yang gajinya cuma 10 jt/bulan tidak lebih berharga daripada orang yang gajinya 200 jt/bulan, kita menganggap orang yang followersnya 100 ribu tidak lebih berharga dari orang yang followers nya jutaan, akhirnya kita melihat angka dan target sebagai penentu nilai dan kualitas hidup. Hitung-hitungan dan mengejar angka sampai kapanpun tidak akan pernah ada habisnya, pada akhirnya akan selalu ada orang yang diatas dan memiliki lebih banyak daripada Anda.


Simpelnya alasan utama seseorang tidak pernah bisa merasa sukses dalam hidupnya adalah karena mereka tidak bisa menikmati kesuksesan yang sudah mereka capai dan sudah ada dalam dirinya, mereka selalu berpikir kesuksesan ada diluar dirinya (eksternal), kesuksesan ada di masa depan (tidak melihat sekarang), dan berharap suatu saat sukses tersebut akan tercapai. Orang yang betul-betul sukses sudah berhasil dalam kesehariannya, mereka menjalani sepenuh hati apa yang sudah ada sekarang, mereka lebih menikmati proses daripada hasil akhir, bagi mereka menjalani proses sudah merupakan bagian dari kesuksesan karena memang pada akhirnya tujuan dan proses adalah satu-kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

Mana yang lebih Anda nikmati? Mendapatkan uang 10 milyar atau proses kerja keras mendapatkan uang 10 milyar? Faktanya kalau Anda tidak bisa menikmati proses kerja untuk mendapatkan hasil (10 M) maka sampai kapanpun tujuan tersebut tidak akan pernah tercapai karena bisa dipastikan Anda akan berhenti di tengah jalan. Jadi bukan masalah hasil akhir atau apa yang ingin dicapai tapi apa yang Anda kerjakan sehari-hari, apakah Anda bisa menikmatinya, apakah Anda suka melakukannya, apakah Anda bisa bertahan dan terus berjuang?

Apapun yang telah Anda capai, apapun yang telah Anda miliki, semua akan percuma kalau Anda tidak bisa mengendalikan kunci sukses yang paling penting yaitu “pikiran Anda”. Pikiran Andalah yang menentukan dan mendefinisikan apa itu sukses dalam hidup ini, Anda bisa saja memiliki harta milyaran tapi kalau pikiran Anda tidak merasa itu cukup maka Anda akan tetap merasa gagal dan tidak terpenuhi, kemanapun Anda pergi, dimanapun Anda berada, pikiran akan selalu bersama Anda selamanya.

Cara terbaik untuk mengendalikan pikiran ini bukanlah dengan mencari sesuatu diluar sana seperti menghasilkan lebih banyak uang, travelling keliling dunia, menikmati hal-hal duniawi, dll, tapi lebih kepada faktor internal dalam diri Anda, menikmati apa yang telah ada dan terjadi, dengan kata lain bersyukur. Biasanya kita merasa sukses adalah ketika kita memiliki banyak pengalaman, banyak teman, banyak uang, dan sebagainya, tapi sebenarnya sukses telah ada didalam pikiran Anda, bagaimana cara Anda memandang hidup ini, apa yang menurut Anda berharga untuk diperjuangkan dan memilih mana yang tidak penting untuk diabaikan, pada akhirnya keadaan diri Anda didalam (internal) jauh lebih penting dari keadaan diluar sana (eksternal).

Daripada terus mencari sesuatu diluar sana yang tidak akan pernah membuat kita merasa terpenuhi, kita harus mengapresiasi apa yang sudah ada sekarang, apa yang bisa kita lakukan hari ini adalah hal terpenting yang bisa kita kerjakan sekarang, apa yang sudah benar-benar ada (real) detik ini juga secara nyata, rutinitas yang terjadi, itulah yang paling berdampak bagi hidup kita, daripada melihat keadaan sekarang sebagai sesuatu yang harus dihindari, kita harus melihatnya sebagai satu-satunya peluang dan kesempatan terbaik yang pernah ada karena hanya dari situlah Anda bisa memulai dan berjalan menuju tempat yang lebih baik. Jangan salah paham, bukan berarti Anda tidak perlu memiliki mimpi yang besar, tetaplah bermimpi, tapi akan lebih bagus kalau Anda fokus pada prosesnya bukan hasil akhirnya.

Bersyukurlah karena telah banyak nikmat dan berkat yang telah diberikan dalam hidup kita, Anda bisa membaca tulisan ini saja sudah membuktikan bahwa hidup Anda sudah diberi banyak kemudahan (akses internet), jadi kesuksesan yang sebenarnya bukanlah berpatokan pada hasil akhir, tetapi menikmati proses yang sudah ada dengan segala kekurangannya menuju tempat yang lebih baik, menikmati kegagalan Anda, nikmati kerja keras yang terjadi sehari-hari, dan dari situlah kita bertumbuh dan menjadi orang yang lebih sukses lagi (semakin bersyukur).

If you can’t find success within yourself, then you can’t find it anywhere.


Related Post: