5 Tanda Blog Anda Disukai oleh Pembaca

Apa tanda bahwa blog Anda disukai oleh visitor/pembaca? Apakah kalau trafik blog kita ramai artinya blog kita disukai? Tentunya kita ingin blog kita disukai oleh orang-orang, namun apa saja yang bisa kita jadikan patokan untuk mengetahui seberapa banyak orang yang menyukai blog kita?

Berikut ini adalah beberapa tanda jika blog Anda disukai oleh pembaca atau tidak:

1. Return visitor

Apa itu return visitor? Return visitor adalah banyaknya pengunjung blog yang kembali lagi untuk melihat blog Anda. Anda bisa melihat banyaknya return visitor dengan menginstall Google Analytics pada blog Anda dan lihat indikasi tersebut di bagian audience overview.


return-visitorGambar diatas adalah statistik perbandingan jumlah visitor baru dengan visitor yang kembali lagi pada blog ini (sebulan yang lalu). Seperti yang Anda lihat, hampir 38% visitor blog ini adalah returning visitor, artinya cukup banyak audience yang kembali lagi untuk melihat artikel-artikel kami yang lain. Karena itu pula sumber trafik terbesar kedua kami adalah kunjungan langsung/direct (return visitor).

2. Bounce rate & Avg. session duration

Masih berhubungan dengan google analytics, ada 2 indikasi lagi yang berhubungan dengan engagement audience blog Anda yaitu bounce rate & avg session duration.

  • analyticsBounce rate adalah persentase banyaknya visitor yang hanya mengunjungi 1 halaman/pages dari situs Anda dan setelah itu pergi meninggalkan blog Anda.
  • Avg. session duration adalah lamanya waktu yang dihabiskan oleh visitor dalam 1 sesi kunjungan (biasanya 1 sesi dihitung per 30 menit).

Semakin rendah bounce rate blog Anda maka semakin baik, dan semakin lama waktu dari avg. session duration blog Anda maka tandanya blog Anda cukup menarik sehingga pembaca mau menghabiskan waktu untuk terus mengeksplor isi blog Anda.

3. Komentar

Semakin banyak orang yang berkomentar di blog Anda, maka semakin banyak pula orang yang menyukai tulisan Anda, karena mereka cukup peduli untuk meninggalkan komentar di blog Anda. Namun perlu diperhatikan bahwa terkadang ada pembaca yang berkomentar hanya karena ingin promosi/spam dan sekedar melakukan blogwalking atau meninggalkan backlink untuk blognya sendiri.

4. Share/backlink/rekomendasi

Anda pasti sadar bahwa blog Anda mulai disukai jika orang lain (yang tidak Anda kenal) mereferensikan blog Anda, men-share artikel-artikel Anda, dan memberikan backlink menuju blog Anda secara cuma-cuma. Saya sendiri juga suka mereferensikan situs-situs lain yang memang menurut saya sangat bermanfaat untuk pembacanya. Sharing is good.

5. Followers

Terakhir dan yang paling penting adalah blog Anda harus mengubah pembaca/visitor menjadi followers. Jika apa yang Anda tulis tidak membuat orang lain follow/mengikuti Anda, maka artinya Anda menulis hal yang salah. Lupakan soal like/komen/backlink dan sejenisnya, followers-lah yang harus Anda kejar.

Lebih baik memiliki audience yang sedikit tapi setia/loyal (followers) daripada memiliki banyak visitor yang tidak akan pernah kembali lagi. Itulah sebabnya sifat blog itu jangka panjang, untuk menang dalam jangka panjang, followers-lah yang membuat blog Anda terus hidup. Ingat bahwa kualitas selalu lebih baik dari kuantitas.

Teruslah menulis dan menulis untuk followers Anda, dan juga jangan lupa untuk follow fanspage kami di https://www.facebook.com/solusikcom/ 🙂