3 Jenis Sulap/Trik yang Perlu Anda Ketahui

magic

Kita semua tahu bahwa sulap/magic yang kita lihat baik dari televisi sampai jalanan itu adalah “Trik”, ya semuanya adalah trik dan tentunya pesulap/performer sangat mengerti bagaimana untuk menjalankan trik tersebut dengan baik (Entertainer).

Banyak sekali jenis trik sulap didunia ini, dan semua itu akan terus berkembang (seiring dengan canggihnya teknologi), dan yang ingin saya bahas disini adalah 3 trik dasar & sederhana yang paling sering kita jumpai baik di televisi maupun dalam acara off-air.

Berikut 3 jenis trik sulap yang perlu Anda ketahui:


1. Trik kamera/alat (termasuk trik sulap terburuk karena menggunakan bantuan teknologi/alat)

camera-ilusiIni adalah trik dimana pesulap akan memperlihatkan trik yang jelas2 diluar logika, seperti menembus tembok, berjalan di udara, menghilangkan rumah/mobil, dan aksi-aksi lain yang sangat jelas bahwa itu semua adalah tipuan kamera/alat belaka.

Dan untuk aksi seperti itu, sangat disayangkan jika dikatakan sebagai sebuah “Magic” dimana yang mereka lakukan hanya tipuan kamera atau bantuan alat semata (no-skill).

2. Trik yang melibatkan penonton/orang lain dalam pertunjukan tersebut (lebih terlihat nyata/real)

audience magic

Pesulap biasanya akan mengajak penonton atau orang lain untuk diajak bermain misalnya seperti membaca pikiran, melakukan trik bersama penonton, melakukan beberapa sugesti kepada penonton seperti hipnotis, dan sebagainya.

Dari sudut pandang “Magic” memang tetap mengecewakan tetapi akan terlihat lebih efektif dan nyata daripada trik yang pertama (trik kamera/alat), dan tentunya penonton atau orang lain tersebut adalah bagian dari trik tersebut. (Apakah Anda masih percaya ada orang yang bisa membaca pikiran?), kita hanya dapat menerka secara psikologis pikiran seseorang namun untuk membaca isi pikiran tersebut adalah hal yang tidak mungkin.

3. Trik sulap yang benar-benar menggunakan skill dari performernya (real magic)

Card Magic

Ini adalah jenis trik yang paling cantik karena dapat dimainkan dimana saja baik didepan kamera atau orang yang sungguh-sungguh tidak Anda kenal. Disini biasanya pesulap melakukan aksi seperti close-up magic, menghilangkan kartu/disc/koin, melempar pisau, juggling, menembak anak panah, dan berbagai permainan kecepatan tangan atau classic magic lainnya.

Disini mereka akan mempertunjukan “Skill” mereka dan tidak ada settingan/tipuan berupa kamera/penonton karena semuanya adalah murni kemampuan sang pesulap dalam memainkan triknya. (Sejauh ini, trik ini adalah yang paling mengagumkan dari semua jenis trik sulap yang ada).



Sulap adalah seni yang sangat entertaining karena mampu membuat penontonnya bertanya-tanya dan berpikir mencari tahu bagaimana cara sang pesulap melakukan triknya, disini kita mendapatkan hiburan sekaligus edukasi bahwa segala sesuatu itu ada cara/prosesnya.

Tentunya 3 trik diatas tidak mewakili semua jenis sulap yang ada didunia, tapi setidaknya Anda mendapat sedikit gambaran dan basicnya, so enjoy the magic and learn, it’s fun anyway.