Usia Bukan Batasan


Seorang kakek tua mengenang kembali (flash-back) masa lalunya, mengingat umurnya tidak akan lama lagi, dia menatap langit malam dan membayangkan apa yang akan terjadi seandainya dia mengejar mimpi-mimpinya. “Saya sudah tua, tidak banyak yang bisa saya lakukan”, dia berkata dan kakek tersebut hanya bisa pasrah menerima keadaannya dan istirahat dengan tenang.

Ironisnya adalah bagi sebagian orang usia menjadi batasan “linier”, semakin Anda tua maka semakin Anda tidak kompeten, atau semakin Anda muda, semakin Anda tidak berpengalaman.

– “Saya mau bisnis, tapi saya masih 17 tahun, masih terlalu muda buat saya untuk berbisnis.”

Ya, masih terlalu muda kalau Anda tidak mencoba dan terus menunggu waktu.


– “Saya mau belajar desain grafis, tapi saya udah umur 28 tahun, kayanya udah telat deh buat belajar.”

Ya, sudah telat kalau Anda berencana mati diumur 35 tahun.

– “Saya udah tua (50 tahun), lebih baik istirahat dan nikmati hidup saja, udah ga banyak yang bisa saya lakukan”

Ya, Anda benar sekali, ga banyak yang bisa Anda lakukan karena Anda memilih untuk istirahat dan tidak mengejar achievement apapun.

Atau contoh seseorang yang bermimpi memulai bisnisnya sendiri:

  • Umur 18 –> “Hidup hanya sekali, nikmati aja dulu masa muda, toh ga akan kembali lagi masa-masa ini. Main-main dahulu, nakal dulu baru sukses.”
  • Umur 20 –> “Ah, gw masih terlalu muda buat bisnis, lebih baik fokus kuliah/kerja dulu, cari pengalaman.”
  • Umur 25 –> “Mau usaha apa ya? Bisnis beresiko banget, apalagi udah umur segini, mending kerja yang jelas dan stabil aja.”
  • Umur 35 –> “Bisnis ga ya, engga-lah udah tua, bisnis tuh buat anak muda masih ga ada resiko, kalo udah kaya gue punya keluarga dan tanggungan itu ga cocok bisnis.”
  • Umur 50 –> “Udah ga banyak yang bisa gw lakuin sekarang, apalagi bisnis.”
  • Umur 70 –> “Kenapa ya dulu gw ga coba berbisnis, kira-kira jadi apa gw sekarang seandainya gw dulu buka usaha sendiri.”

Menyalahkan/membanding-bandingkan usia adalah salah satu hal terbodoh yang pernah dilakukan manusia. Semua anak muda pasti menua, dan semua orang tua pasti pernah muda. Usia hanyalah angka, dan tidak perlu diperdebatkan karena usia berapapun tidak ada artinya jika kita tidak melakukan apapun yang penting.

Apakah “value” anak muda yang sukses di usia 20 tahun berbeda dengan kakek yang baru sukses diusia 70 tahun?

Tidak ada yang peduli dengan umur Anda, orang hanya peduli pada “value” yang dapat Anda berikan pada dunia/orang lain, terlepas dari berapapun umur Anda. Achievement tidak ada hubungannya dengan usia, hidup bukanlah maraton, bukan untuk cepat-cepatan, bukan untuk dulu-duluan, atau siapa yang pertama sampai. Tentu jika Anda sukses diusia muda adalah hal yang bagus, tetapi hidup ini bukanlah perlombaan.

“Ok saya sukses/kaya duluan, jadi apakah saya pemenangnya?”, no, tidak ada yang menang/kalah dalam hidup, Anda yang menentukan sendiri apakah Anda memang sudah merasa sukses atau belum. Pertanyaan yang lebih penting adalah apa yang mau Anda lakukan selanjutnya? What’s next?

– Tentu Anda ingat kasus seorang MK dengan prestasi luar biasa sepanjang hidupnya tapi berakhir teragis karena beliau ternyata melakukan korupsi. (contoh yang akhirnya gagal)

– Atau kolonel Sanders yang baru memulai KFC pada usia 65 tahun dan sukses besar mendirikan waralabanya. (contoh yang akhirnya sukses)

– Atau Mark Zuckerberg yang menciptakan Facebook saat usia 19 tahun di kamar asramanya saat kuliah. (contoh yang sukses sedini mungkin)

Entah Anda sukses atau gagal, usia tidak ada hubungannya dengan semua itu, Andalah yang menentukan, apa yang Anda lakukan dan apa yang ingin Anda raih berapapun usia Anda. Hidup bukanlah untuk menunggu, berapapun usia Anda lakukanlah sesuatu yang berguna.

Anda menjadi orang sukses saat Anda melakukan sesuatu yang berharga. Bukan karena umur Anda sekian atau semacamnya, value is value, yang paling penting adalah besarnya manfaat yang Anda berikan untuk orang lain, seberapa besar manfaat kita untuk sesama.

kesempatan-quotesJika Anda masih muda (<20 tahun) maka buatlah achievement tanpa perlu menunggu dunia/siapapun mengijinkannya. Acomplish something, seperti:

  • Jadilah youtuber, ciptakan sesuatu yang kreatif, buat video-video lucu yang menghibur atau video tutorial yang berguna dan informatif.
  • Buatlah blog, sajikan konten original yang berkualitas dan bermanfaat, atau konten-konten humoris yang menghibur.
  • Mulai mencari penghasilan dengan toko online, juallah barang yang bisa Anda jual, atau ciptakan brand Anda sendiri dan kembangkan bisnis Anda.
  • Pelajarilah tentang bisnis atau apapun yang menjadi passion Anda, dan ciptakan sesuatu dari passion tersebut. Katakan Anda hobi menggambar, Anda bisa mulai dengan membuat komik strip simpel dan share ke teman-teman Anda di facebook/twitter/instagram.

Banyak kesempatan yang datang pada Anda yang masih muda, tetapi terlewatkan begitu saja karena kesempatan itu sendiri kelihatannya biasa saja, tidak terlihat seperti peluang dan cenderung seperti pekerjaan normal. Seperti membuat blog/toko online, mengikuti kelas dance/menyanyi, dan sebagainya.

Jika Anda merasa sedikit lebih tua (>25 tahun) maka lakukanlah hal yang sama seperti diatas (acomplish something), tidak ada kata terlambat (kecuali Anda berencana mati pada usia 35 tahun) untuk memulai sesuatu. Mulailah sesuatu yang menarik minat Anda, segera cari tahu apa yang ingin Anda lakukan dan ingat bahwa tidak ada kata terlambat berapapun usia Anda (setidaknya sebelum Anda berumur 75-80 tahun, relatif tergantung kapan Anda meninggal, asumsi setiap orang meninggal umur 85), jika Anda belajar programming pada usia 30 tahun, dan jika memang Anda sungguh-sungguh belajar, maka pada usia 35-40 tahun Anda bisa menjadi founder startup yang sukses (well, startup tidak selalu berhubungan dengan programming tetapi ini hanya contoh). Jika Anda meninggal pada umur 100 tahun, maka masih banyak yang bisa Anda lakukan pada umur 80-90 tahun, semua tergantung bagaimana Anda memanfaatkan waktu yang ada, apakah Anda masih ingin melakukan sesuatu atau hanya pasrah dan istirahat dengan tenang.

Anda akan menjadi hebat jika memang Anda hebat, bukan karena Anda masih muda atau sudah tua dan sebagainya. Usia bukanlah batasan, dan hidup bukanlah lomba maraton. Dan yang paling penting adalah jalani kehidupan seperti yang Anda inginkan, you define your own success (Anda menentukan sendiri kesuksesan Anda).

steve-jobs-quotes


Related Post: