Tutorial, Tips Item Build & Cara Main Alpha (Guide Mobile Legends)


Pada tips hero kali ini kita akan belajar cara menggunakan salah satu hero fighter yang terlupakan tapi sekarang mulai sedikit berjaya kembali yaitu Alpha. Hero ini memang cenderung underrated semenjak di nerf habis-habisan sampai 5x berturut-turut (karena dulunya terlalu OP), tidak heran Alpha sempat menjadi salah satu hero terlemah di Mobile Legends, namun semenjak awal season 7 ini Alpha mulai mendapatkan perhatian kembali dari developer ML, mulai dari skin season 6 Alpha – Sea Gladiator dan buff sedikit demi sedikit mulai membuat Alpha layak kembali menjadi meta yang ada sekarang.

Yang paling bikin dilema dalam memainkan Alpha adalah build itemnya karena walaupun rolenya fighter, hero ini termasuk sangat lembek dan mudah sekali mati kalau sudah kena crowd control lawan, selain itu hero ini lebih bergantung pada skill bukan basic attack seperti fighter pada umumnya, karenanya kita harus menggunakan komposisi gear yang tepat dan cara mainnya pun tidak bisa sembarangan asal maju menyerang, kita harus pintar-pintar melihat keadaan dan tahu momen yang tepat untuk engage dan menarik diri dalam pertarungan.

Kelebihan Alpha:

  • Lifesteal yang tinggi, skill 2 Alpha memiliki efek lifesteal yang sangat bagus untuk membantunya survive saat teamfight, jika skill ini ditambah item Bloodlust Axe maka akan membuatnya semakin kuat dalam bertahan hidup bahkan saat kena gank melawan banyak musuh sekaligus ia bisa saja membalikan keadaan seperti Alucard.
  • Fighter crowd control yang baik, skill ultimate Alpha memiliki efek stun area, ditambah lagi skill 1 nya juga bisa memberi efek slow, bisa dibilang Alpha memiliki skill CC yang sangat bagus untuk seorang fighter burst damage.
  • Burst true damage, yang membuat Alpha ditakuti adalah spam damage dari skill pasifnya yang berupa true damage sehingga membuat tanker-tanker lawan menjadi sangat lembek, memang Alpha dan Karrie adalah musuh terbesar dari para hero tank.
  • Burst damage yang tinggi, kombinasi ketiga skill Alpha dan bonus true damage dari skill pasifnya memiliki burst damage yang sangat cepat dan besar, namun damage basic attack nya tidak sekuat fighter-fighter auto damage seperti Zilong dan Roger.

Kekurangan Alpha:

  • Sangat lembek, kesalahan yang sering ane lihat saat memainkan hero ini adalah banyak yang main asal maju dan spam semua skill lalu gebuk-gebuk sampai mati pakai basic attack. Padahal hero ini hampir sama lembeknya seperti marksman/mage, karena itu cara main hero ini lebih seperti assassin ketimbang fighter adu jotos jarak dekat, selain itu cukup sulit untuk tim war (5 vs 5) kalau ga ada tanker karena Alpha adalah hero jarak dekat (close combat) dan biasanya akan sering jadi target duluan dalam teamfight.
  • Sangat rentan CC, tidak peduli sebesar apapun lifesteal skill 2 nya, semua tidak ada artinya kalau ia terkena stun/disable dan tidak bisa mengeluarkan skill-skillnya, karena yang sering terjadi pada newbie adalah mereka langsung engage dan main hantam saja pakai ulti (skill 3) tanpa memperhatikan skill CC musuh masih ada atau tidak.
  • Sangat bergantung pada skill, kelemahan terbesar Alpha sebagai fighter adalah tanpa ketiga skillnya ia tidak memiliki serangan yang efektif, basic attack nya jelas akan kalah kalau diadu dengan fighter seperti Zilong dan Alucard, karena itu begitu skill sedang cooldown sebaiknya mundur sesaat dan main dengan taktik tarik ulur.
  • Boros mana, karena kita akan selalu spam skill-skillnya sepanjang game, sudah pasti akan sangat boros mana, jadi tidak ada salahnya kita build item penambah mana untuk membuatnya efektif dalam permainan.

Alpha tips item build:

tips item build hero alpha

  • Build item pada baris pertama adalah build favorit ane dan yang menurut ane paling ideal untuk Alpha. Build ini fokus pada burst physical damage dan cooldown reduction supaya bisa memaksimalkan ketiga skill Alpha dengan baik.
  • Boots of Tranquility berguna untuk regenerasi mana sepanjang permainan, lalu Bloodlust Axe jelas untuk lifesteal skill dan CDR, lalu gunakan Blade 7 Seas untuk memberikan ekstra damage saat menggunakan skill (mengurangi defence armor).
  • Item build pada baris kedua adalah build semi tank, jadi gunakan build ini kalau kita mau main lebih kearah tank/support, dengan build ini kita akan memiliki defence physic dan magic yang lumayan tinggi, sehingga akan lebih kuat saat bertahan dan bisa menjadi inisiator saat teamfight.
  • Alpha adalah hero yang cukup fleksibel build itemnya, karena itu cobalah bereksperimen dengan berbagai kombinasi build supaya kamu bisa memaksimalkan potensi hero ini sesuai dengan gaya dan cara bermainanmu.

Battle spell yang paling cocok untuk Alpha adalah Retribution, Petrify dan Flicker

  • Gunakan Retribution untuk cepat farming dan naik level, spell ini sangat cocok kalau kita ingin main sebagai fighter full burst damage.
  • Gunakan Petrify untuk ekstra crowd control, spell ini sangat cocok dikombinasikan dengan skill ulti Alpha, jadi begitu musuh terkena stun dari ultimate kita bisa tambahkan stun dari Petrify sehingga tim kita memiliki banyak celah dan kesempatan untuk menghabisi hero tim lawan seketika.
  • Pakai Flicker kalau kamu mau main aman, selain untuk kabur dan menyelamatkan diri disaat kritis, Flicker juga berguna untuk mengejar lawan yang berusaha kabur.

Untuk emblem kita bisa gunakan Physical emblem.

Alpha sangat bagus untuk melawan hero-hero berikut:

  • Semua hero tank
  • Karina
  • Natalia
  • Balmond
  • Hilda
  • Odette

Alpha cukup lemah melawan beberapa hero berikut:

  • Helcurt
  • Zilong
  • Roger
  • Freya
  • Alucard
  • Argus

Tips & trik hero guide Alpha:

  • Skill mana yang harus dimaksimalkan terlebih dahulu, skill 1 apa skill 2? Banyak player yang cukup bingung untuk memilih antara skill 1 dan 2, tapi sebenarnya tergantung dari keadaan, skill 1 memiliki range yang panjang dan efek slow, skill 2 memiliki efek lifesteal dan menambah attack speed, kalau kita analisis sebenarnya skill 1 lebih cocok untuk poking (mencicil darah musuh dari jauh) dan skill 2 lebih bagus digunakan untuk war dan close combat, jadi perhatikan bagaimana komposisi hero tim kita dan musuh, apakah kita akan lebih sering main poke jarak jauh (skill 1) atau engage bertarung jarak dekat (skill 2), ada juga yang menaikkan skill 1 dan 2 berbarengan, kalau ane pribadi lebih suka maksimalin skill 2 dulu karena lifestealnya sangat berguna untuk berbagai situasi.
  • Sebelum masuk dalam teamfight pastikan musuh telah mengeluarkan skill CC yang ada, sebaiknya tunggu sampai tanker initiate/engage baru kita datang membantu, selain itu perhatikan pula cooldown skill, kalau semua skill sudah terpakai habis sebaiknya jangan menyerang dengan agresif apalagi kalau lawannya fighter seperti Zilong dan Roger pasti bakal kalah kalau adu basic attack, kita boleh menyerang dari dekat dengan basic attack kalau lawannya seperti tank, assassin, marksman (early game), dan mage, tapi kalau melawan fighter burst damage dan assassin close combat seperti Natalia/Karina maka mainlah dengan pintar menggunakan strategi tarik ulur dengan ketiga skillnya.
  • Gunakan skill 1 untuk mentrigger efek skill pasif secara perlahan, kita bisa poke mencicil darah musuh sedikit demi sedikit menggunakan skill ini dari jarak jauh, jika momennya tepat kisa bisa langsung maju menciduk lawan menggunakan skill ultimate dan skill 2 lalu disusul basic attack.
  • Sebaiknya build item Magic Blade/Rose Gold Meteor jika pada tim lawan terdapat 2 mage/magic damager atau lebih.
  • Selalu prioritaskan mengincar hero-hero lembek terlebih dahulu seperti marksman dan mage, Alpha adalah fighter burst damage yang cepat karena ia fighter yang lebih bergantung pada skill ketimbang basic attack (seperti Lapu-lapu), jadi rolenya lebih seperti assassin yang harus cepat membunuh dan menarik diri.
  • Skill ultimate juga bisa kita gunakan untuk escape/melarikan diri, jadi tidak ada salahnya gunakan skill ulti untuk kabur, gunakan skill 1 untuk memperlambat gerakan musuh (jika mereka terus mengejar kita), kita juga bisa gunakan skill 2 saat sedang berusaha kabur karena kita tetap dapat bergerak saat mengeluarkan skill 2, jadi ketiga skill Alpha tetap bisa kita gunakan walau kondisinya kita sedang menarik diri/retreat.
  • Rajin-rajinlah tonton video pro Alpha user atau live streaming para top Alpha player.

Sebagai penutup video gameplay ini mungkin bisa memberi sedikit gambaran cara menggunakan Alpha dengan baik dan benar. Akhir kata semoga tutorial ini bermanfaat. Salam gamers.


Related Post: