Tutorial, Tips Item Build & Cara Main Tank Johnson (Mobile Legends)


Pada tutorial hero kali ini kita akan belajar bagaimana cara main hero role tank secara umum dan disini ane akan bahas salah satu contohnya yaitu Johnson. Sebenarnya panduan gameplay hero tanker hampir sama, yaitu sering-sering pasang badan saat teamfight dan backup tim, harus berani didepan dan pintar-pintar menggunakan skill crowd control yang ada untuk membantu teman mendapatkan kill saat tim war, dan yang paling penting adalah mau mengalah dan mengorbankan diri demi kemenangan tim.

Tugas utama seorang tanker adalah mensupport tim, bukan mengincar kill atau bahkan farming, jangan mengambil buff atau last hit monster jungle karena exp dan gold nya jauh lebih penting diambil oleh role hero lain seperti marksman/assassin, lalu jangan segan untuk mengorbankan diri saat teman sedang kesulitan/terciduk karena jauh lebih baik tank yang mati daripada marksman/mage/assassin karena mereka harus tetap fokus farming dan naik level untuk bisa efektif dalam permainan. Untuk memaksimalkan peran tank dalam permainan, kita juga perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan tanker tersebut, kita ambil contohnya Johnson (yang sudah rework) berikut.

Kelebihan Johnson:

  • Ideal di semua phase, kelebihan utama dari role tank adalah biasanya mereka ideal di semua phase, namun ada juga beberapa tank yang sangat kuat pada early game seperti Grock, Minotaur, Hylos, dan Hilda.
  • Hero laning yang sangat bagus, karakteristik spesial dari Johnson adalah ia bisa berubah menjadi mobil dan membawa 1 temannya untuk berpindah lane dengan cepat dalam 1 area map, skill ini tentu sangat bagus untuk ganking, defense/push lane, menciduk tim lawan, termasuk saat berusaha kabur dari kejaran musuh.
  • Crowd control yang sangat baik, skill 1 Johnson memiliki efek stun dan skil 2 nya memiliki efek slow yang sangat efektif dalam jarak dekat, kombinasi kedua skill ini tentu akan memberikan efek CC yang sangat membantu dalam teamfight. Memang pada umumnya semua hero tank dibekali dengan skill CC yang berguna untuk mensupport dan mengendalikan keadaan saat sedang tim war.
  • Hero tank damage yang cukup baik, tidak banyak hero tank yang bisa memberikan burst damage pada lawan, namun semenjak Johnson di rework pada skill 1 dan 2 nya, ia sekarang bisa memberikan magic damage yang signifikan dalam permainan. Contoh beberapa tank lain yang bisa memberikan damage yang baik (pure tank) adalah Akai, Minotaur, dan Hylos.

Kekurangan Johnson:

  • Sangat bergantung pada tim, pada dasarnya tank sebagus apapun tidak ada gunanya kalau tim tidak bisa memanfaatkan situasi dengan baik, karena itu jarang sekali orang mau main role tank karena kalau dapat tim yang cacat cuma akan bikin kita jadi sansak tinju berjalan bagi tim musuh.
  • Crowd control yang terbatas, skill 1 nya hanya bisa stun pada 1 area kecil yang ditentukan, lalu skill 2 nya juga hanya memberikan damage dan efek slow pada area dekat didepannya (range cenderung sangat pendek sehingga perlu sangat dekat/menempel dengan hero lawan), selain itu skill 3 hanya akan memberi stun kalau musuh tertabrak mobil dan berada didekat lokasi tabrakan tersebut.

Kita perlu perhatikan apakah tank yang kita pakai itu memiliki kemampuan crowd control single target atau massal, contoh hero tank dengan kemampuan CC massal adalah Tigreal, Akai, Minotaur, Gatotkaca, dan Hylos, contoh hero tank dengan kemampuan CC single/limited target adalah Franco dan Johnson. Dengan memahami batasan pada skill crowd control yang ada kita bisa menentukan strategi yang tepat dalam permainan, biasanya hero tank yang memiliki skill CC limited target akan lebih fokus pada main ciduk/menculik hero-hero penting pada tim lawan, sedangkan hero dengan CC massal akan lebih fokus pada tim war 5 vs 5 dan mendisable semua tim musuh sekaligus.

Johnson tips item build:

tips item build hero role tank johnson

  • Tips item buld ini berlaku untuk semua hero tank (pure tank) karena pada dasarnya kita perlu menyeimbangkan komposisi defense/armor antara physic dan magic.
  • Build item pada baris pertama adalah yang paling ideal, biasa digunakan kalau komposisi tim lawan seimbang (terdapat 1 atau 2 mage).
  • Build item baris kedua bisa digunakan kalau pada tim lawan terdapat 2 burst magic damager atau lebih (2-3 mage).
  • Item build baris ketiga digunakan kalau semua tim lawan memiliki atribut magic damage (full magic resistance).
  • Build item baris keempat digunakan kalau semua tim lawan hanya memiliki burst physical damage (full defense armor).
  • Intinya kita harus pintar menganalisa output dari physic dan magic damage dari tim lawan, perhatikan juga ada beberapa assassin yang memberikan serangan magic seperti Karina dan Gossen, lalu ada juga tank yang memberikan magic damage seperti Gatotkaca, Johnson dan Hylos, jadi bukan hanya mage saja yang perlu dipertimbangkan saat memilih item defence magic.
  • Item build diatas tidak menjadi patokan untuk semua tank karena build item tersebut hanya standar yang biasa ane gunakan saat memainkan tank, masih banyak item defence lain yang mungkin lebih cocok digunakan pada situasi tertentu, namun tetap yang terpenting kita harus selalu memperhitungkan defence physic/magic karena masih banyak player yang suka salah build, disaat musuh memiliki 2 burst magic damage, mereka malah tidak build item magic resistance sama sekali, atau sebaliknya tim musuh memiliki banyak burst physical damage dan mereka malah tidak build item defence armor.

Battle spell yang paling cocok untuk Johnson dan hero tank pada umumnya adalah Petrify dan Flicker.

Gunakan Petrify untuk ekstra crowd control, spell ini adalah yang paling ideal untuk semua jenis role tank karena sangat berguna untuk memberik efek CC saat sedang teamfight/tim war.

Gunakan Flicker untuk kabur disaat kritis atau engage menyerang musuh secara tiba-tiba, spell ini akan lebih berguna untuk dikombinasikan dengan skill-skill CC yang ada, contoh kombinasi skill tank yang cocok digunakan dengan Flicker:

  • Flicker + Skill 2/3 Tigreal
  • Flicker + Skill 3 Minotaur (rage mode)
  • Skill 1 Franco + Flicker (Flicker hook)
  • Skill 3 Lolita + Flicker
  • Skill 2 Gatotkaca + Flicker

Untuk emblem tentu kita gunakan Tank emblem.

Johnson dan semua tank pada umumnya adalah hero yang netral (tidak kuat/lemah melawan hero tertentu), karena kunci terpenting dalam memainkan tanker adalah kerja sama tim, jadi memang kita akan cukup bergantung pada teman kita untuk bisa memaksimalkan peran/role tank dengan baik.

Tips & trik hero guide role tank/Johnson:

  • Jangan pernah mengambil last hit monster jungle apalagi buff, karena jauh lebih penting diberikan pada teman kita yang lain, jangan mukil (nafsu mengincar kill) karena tank bukan didesain untuk membunuh melainkan membantu tim untuk mendapatkan kill (assist), kecuali kalau memang ada kesempatan yang bisa dimanfaatkan seperti lawan yang sedang kritis.
  • Selalu siap untuk berkorban demi tim, tanker yang baik akan membiarkan dirinya yang mati/terciduk daripada carry yang kena ganking lawan, tentu lebih bagus kalau kita juga bisa escape/kabur saat terkena ciduk, tapi jika harus berkorban salah satu, maka jauh lebih baik kita (sebagai tank) yang mengorbankan diri.
  • Tugas utama kita adalah tahan badan, usahakan untuk membackup mage dan marksman dibelakang kita, jangan biarkan hero lembek tidak terjaga, selalu halangi musuh supaya tidak bisa menjangkau mm/hero lain yang sedang kita lindungi, terutama saat teamfight/war kita suka lupa diri karena sibuk dengan combat, kita malah melupakan teman dibelakang dan mereka akan terciduk oleh assassin/fighter tim lawan.
  • Saat menggunakan skill 2 kita tetap bisa menggunakan skill 1 dan basic attack, karena skill 2 ini harus diarahkan maka gunakanlah bantuan basic attack supaya serangan ini bisa mengenai target sepenuhnya. Maksimalkanlah skill 2 terlebih dahulu karena skill ini akan lebih sering kita spam baik untuk farming, membersihkan minion, dan close combat dengan hero lawan.
  • Cobalah latihan menguasai map saat menggunakan skill ulti (mobil), jangan malah nabrak dinding atau salah jalan saat menelusuri lane, saran ane coba belajar mengendarai skill 3 ini pada custom mode terlebih dahulu, sehingga kita terbiasa dan tahu kemana arah yang tepat untuk mencapai lane yang diinginkan.
  • Perhatikan map dan lihat kondisi tim kita di lane yang lain, jika mereka sedang kesulitan kita bisa dengan segera datang membantu/backup dengan menggunakan skill ultimate (inilah kelebihan utama Johnson dibanding tank lainnya). Selain itu skill 3 ini juga berguna untuk mencuri tower musuh pada lane yang kosong terutama pada phase late game dimana kita bisa langsung menghancurkan base musuh jika keadaannya memungkinkan.
  • Rajin-rajinlah tonton video dan live streaming top Johnson player supaya bisa belajar dan menguasai hero ini dengan lebih baik lagi.

Sebagai pelengkap semoga video gameplay ini bisa memberi gambaran bagaimana cara menggunakan Johnson dan hero tank pada umumnya dengan baik dan benar. Akhir kata semoga tips dan tutorial ini bermanfaat. Selamat mencoba.

Baca juga:

Tips supaya menang terus pada ranked mode


Related Post: