Tips Item Build & Cara Main Hero Support Angela (Mobile Legends)


Pada tutorial hero kali ini kita akan belajar bagaimana cara main menggunakan hero role support pada umumnya, hero support yang ane bahas disini adalah hero pure full support seperti Rafaela, Estes, Diggie, dan disini ane akan bahas salah satu contohnya yaitu Angela. Hero-hero support memang kurang begitu populer jika dibandingkan dengan hero role lain seperti assassin/mage, wajar saja karena hero support akan jauh lebih bergantung pada tim seperti cara main hero role tank, selain itu hero support yang ada sekarang masih kurang begitu OP, contoh seperti Rafaela dan Estes yang sangat mudah dicounter menggunakan item Deadly Blade/Necklace of Durance (reduce healing 50%), beberapa hero support yang masih cukup oke digunakan untuk ranked mode menurut ane pribadi adalah Diggie dan Angela, namun tetap kerja sama tim adalah yang paling penting terlepas dari apa hero support yang kita gunakan.

Panduan gameplay hero support hampir sama seperti tank tapi bedanya kita berada di belakang (bukan di depan), jadi tugas utama kita adalah membackup tim dari belakang, membantu mengendalikan keadaan terutama saat teamfight menggunakan skill efek yang ada (crowd control), kita juga harus mengalah untuk tidak mengambil buff/jungle karena jauh lebih penting diambil oleh hero lain, selain itu kita juga tidak boleh mukil karena hero support lebih didesain untuk mendapatkan assist (membantu teman mendapatkan kill), jadi kalau kamu tipe yang nafsuan untuk membunuh lawan sebaiknya gunakan assassin jangan main support. Untuk memaksimalkan peran support dalam permainan, kita perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan hero support tersebut, kita ambil contohnya Angela berikut.

Kelebihan Angela:

  • Hero support serba bisa, kelebihan utama dari Angela dibanding hero support lainnya adalah ia memiliki banyak kemampuan suportif yang serba guna, seperti memulihkan HP teman (heal), memberikan magic damage, memberi efek slow, meningkatkan movement speed, memberikan shield, menghentikan gerakan musuh (immobilized) dan yang paling berguna bisa langsung datang membantu teman dimanapun ia berada dalam 1 map.
  • Magic damage yang cukup tinggi, biasanya hero support tidak memiliki serangan magic setinggi hero mage, tapi jika kita bisa melancarkan kombinasi skill 1 dan 2 dengan tepat (stack skill 1 sebanyak 5x + skill 2), maka damage akhir yang dihasilkan bisa sama besarnya seperti skill hero mage pada umumnya.
  • Hero ganking yang sangat baik, berkat skill ultimate Angela kita bisa langsung datang membantu teman pada area map manapun dan memberi keunggulan jumlah pada lane tersebut, terlebih kita bisa masuk kedalam tubuh teman dan tidak bisa diserang sehingga tim kita tidak perlu repot-repot untuk melindungi/mengcover kita dari serangan musuh.
  • Full map support skill, skill 3 Angela memiliki banyak fungsi selain untuk membantu teman yang sedang kesulitan, kita juga bisa gunakan skill ini untuk kabur/escape dan cepat berpindah lane saat teman sedang push/def tower di area lain, jadi alternatif lain skill ulti ini bisa kita gunakan seperti battle spell Teleport/Arrival.

Kekurangan Angela:

  • Sangat bergantung pada tim, hero support sebagus apapun tidak ada gunanya kalau tim tidak bisa memanfaatkan keadaan dengan baik, karena itu jarang sekali ada orang mau main role support karena kalau dapat tim yang cacat akan bikin kita jadi tidak efektif dan tidak berguna sepanjang permainan.
  • Crowd control yang terbatas, skill 1 hanya memberi efek slow yang tinggi kalau musuhnya kena bertubi-tubi dari serangan skill 1 nya, lalu skill 2 memberikan efek immobilized kalau musuhnya tidak berada terlalu jauh saat skill ini aktif, bisa dikatakan ia tidak memiliki skill CC yang baik untuk digunakan terutama saat tim war 5 vs 5.
  • Tidak memiliki skill escape/mobilitas yang baik, walau ia mendapat efek movement speed saat menggunakan skill tapi kecepatan gerakan sesaat saja tidak cukup untuk membantunya terhindar saat kena serangan mendadak, jadi hero ini akan sangat gampang terciduk dan ia tidak memiliki mekanisme gerakan apapun untuk membantunya kabur, satu-satunya harapan saat kena ciduk adalah menggunakan skill 3 pada hero teman di tempat lain dan berharap selama proses casting skill ia tidak terbunuh.
  • Potensi blunder skill ultimate, skill 3 sangat berpotensi menjadi blunder saat kita masuk kedalam tubuh teman dan ia mati kena gank (kita akan otomatis keluar dari hero tersebut), ini sama saja seperti menjemput maut karena Angela tidak memiliki skill escape apapun selain menggunakan skill ultimatenya.
  • Efek skill yang setengah-setengah, walau ia serba bisa tapi kekurangannya adalah semua kemampuan tersebut tidak memiliki pengaruh yang besar, efek healing dari skill 1 nya sangat kecil, damage skill 1 dan 2 nya juga kecil, damage skillnya hanya akan besar jika musuh terkena serangan bertubi-tubi dari skill 1 dan 2, namun musuh yang waras pasti akan menghindar supaya tidak terkena stack dari skillnya berkali-kali, pada prakteknya sulit sekali untuk bisa mengenai 4-5 stack dari skill 1 nya, dan karena skill 1 ini berupa skillshot yang harus diarahkan (tidak auto lock) maka akan menjadi sia-sia jika tidak mengenai (miss) target yang diinginkan.

Kita perlu perhatikan seperti apa karakteristik hero support yang kita pakai, apakah hero tersebut cenderung spesialis pada skill healnya seperti Estes, atau lebih kepada kemampuan crowd control yang baik seperti Diggie, dengan memahami keunggulan dan batasan pada skill-skill yang ada kita bisa menentukan strategi yang tepat dalam permainan, namun ingat semua hero support pada dasarnya harus main aman seperti saat kita menggunakan mage, jadi jangan pernah push turret/lane sendirian menggunakan support apalagi 1 vs 1 dengan hero lain, kita harus lebih bergantung pada kerja sama tim dan mensupport teman sepanjang permainan.

Angela tips item build:

tips item build hero support angela

  • Tips item buld ini berlaku untuk semua hero support (pure support) pada umumnya karena kita perlu build cooldown reduction semaksimal mungkin untuk bisa spam skill sepanjang game (CDR 40%). Biasanya dengan build diatas ane mendapatkan full 40% cooldown reduction (item 35% + emblem 5%).
  • Item Necklace of Durance (item ketiga) sangat berguna untuk memberikan efek reduce healing 50%, jadi walau kita tidak bisa memberikan damage yang signifikan, setidaknya kita bisa mengurangi efek lifesteal/heal dari tim musuh sampai setengahnya, tentu efek ini akan sangat berpengaruh dan menentukan kemenangan teamfight terutama saat late game.
  • Item Ice Queen Wand (item keempat) berguna untuk memberi efek slow saat skill mengenai musuh, jadi cukup berguna untuk membantu teman/diri kita saat berusaha kabur atau mengejar musuh.
  • Item terakhir (Immortality) berguna untuk ekstra pertahanan dan nyawa kedua kalau kita terbunuh, item ini bisa kita ganti dengan item magic lain kalau kita tidak mau menggunakan item defence sama sekali.
  • Berdasarkan pengalaman ane, item-item defense tidak terlalu berpengaruh pada hero support karena tetap saja lembek dan gampang terbunuh (kecuali ada efek spesial dari item defense yang bisa memberi kontribusi lain seperti Immortality), selain itu build burst magic damage juga tidak cocok untuk hero support karena tetap kalah jauh jika dibandingkan dengan mage, karena itu fokuslah pada cooldown reduction dan item-item yang memiliki efek skill pasif seperti slow down, reduce healing/defense, dll.
  • Item build diatas tidak menjadi patokan 100% untuk hero support/Angela, karena build item tersebut hanya standar yang biasa ane gunakan saat memainkan role support, masih banyak item magic/defence lain yang mungkin lebih cocok digunakan pada situasi tertentu, namun tetap yang terpenting kita harus selalu memprioritaskan cooldown reduction karena semua hero support sangat bergantung pada skill.

Battle spell yang paling cocok untuk Angela dan hero support pada umumnya adalah Healing dan Flicker.

  • Gunakan Healing untuk memulihkan HP dan mana tim kita disaat genting, spell ini biasanya cocok digunakan pada hero-hero healer seperti Rafaela dan Estes supaya bisa memberikan banyak bantuan heal sebisa mungkin.
  • Gunakan Flicker untuk kabur disaat kritis, karena Angela tidak memiliki mekanisme gerakan/skill escape yang baik, maka spell ini akan jauh lebih berguna dan recommended untuk digunakan.

Untuk emblem kita bisa gunakan Magic atau Support emblem.

Angela dan semua hero support pada umumnya adalah hero yang netral (tidak kuat/lemah melawan hero tertentu), karena kunci terpenting dalam memainkan support adalah kerja sama tim, jadi kita akan cukup bergantung pada teman kita untuk bisa memaksimalkan peran/role support dengan baik.

Tips & trik hero guide role support/Angela:

  • Berikan buff/jungle pada teman kita yang lain karena exp dan gold nya jauh lebih penting untuk diberikan pada mereka, jangan nafsu mengincar kill karena support bukan didesain untuk membunuh melainkan membantu tim untuk mendapatkan kill (assist), kecuali kalau memang ada kesempatan yang bisa dimanfaatkan seperti lawan yang sedang kritis.
  • Tugas utama kita adalah mensupport dan membackup teman dari belakang, spam skill-skill yang ada dengan baik, maksimalkan skill 1 Angela dengan mengenai hero tim kita dan tim lawan (cari posisi yang pas dimana teman dan musuh sejajar) sehingga kita bisa memberikan heal pada tim dan damage pada tim lawan sekaligus.
  • Sebaiknya kita menggunakan hero lock mode supaya saat menggunakan skill 2 kita tidak menyerang target yang salah. Kalau kita ingin mengincar maksimal damage dari skill 2 (stack skill 1 5x), maka gunakanlah skill 2 saat musuh sudah terkena skill 1 minimal sebanyak 3x berturut-turut, lebih bagus lagi jika mereka sudah terkena 4/5 stack skill 1 jadi tinggal gunakan skill 2 dan jaga jarak supaya musuh tidak terlepas dari benang skill 2 nya sampai damage dihasilkan.
  • Sering-seringlah memperhatikan map dan cek kondisi tim kita di lane yang lain, jika mereka sedang kesulitan/kritis kita bisa langsung datang membantu dengan menggunakan skill ultimate (inilah kelebihan utama Angela dibanding support lainnya). Selain itu skill 3 ini juga berguna untuk meloloskan diri saat terkena gang lawan, jadi manfaatkanlah sebisa mungkin efek teleportasi ini disaat-saat yang penting.
  • Rajin-rajinlah tonton video dan live streaming top Angela player supaya bisa belajar dan menguasai hero ini dengan lebih baik lagi.

Sebagai penutup semoga video gameplay ini bisa memberi gambaran bagaimana cara menggunakan Angela dan hero support pada umumnya dengan baik dan benar. Akhir kata semoga tips dan tutorial ini bermanfaat.

Selamat mencoba.


Related Post: