Tutorial, Guide, Tips, & Cara Belajar Main Kagura (Mobile Legends)


Kagura adalah salah satu hero mage terbaik di Mobile Legends, namun hero ini juga merupakan hero mage yang paling sulit untuk dikuasai karena memiliki 5 (atau 6) skill, walau tidak sesulit dulu saat ultinya belum di rework tetap saja Kagura yang sekarang masih cukup susah untuk dimainkan oleh newbie, karena itu kita akan coba bahas bagaimana cara belajar dan memainkan hero cantik yang satu ini.

Menurut ane Kagura adalah hero yang easily OP, artinya hero ini bisa sangat kuat dan mendominasi permainan asal playernya sudah menguasai trik dan kombinasi skill yang ada, berbeda dengan Fanny yang jauh lebih sulit untuk bisa menjadi OP/kuat walau playernya sudah bisa memainkannya dengan baik, terlebih Kagura memiliki range serangan yang sangat jauh dan aman bahkan dari jangkauan hero marksman sekalipun sehingga resikonya tidak seperti saat kita memainkan Fanny atau hero-hero sulit yang lain.

Kelebihan Kagura:

  • Hero mage terkuat & terbaik, Kagura adalah salah satu hero yang paling sering di ban pada draft pick (ranked mode), karena memang hero ini sangat OP dan LENGKAP dengan kelima skillnya ia bisa memberikan burst damage yang tinggi, crowd control yang baik, serta mobilitas yang tinggi.
  • Mobilitas yang tinggi, skill 2 nya (saat memegang payung) memiliki efek yang sama dengan Purify dan dengan mudah membuatnya berpindah tempat walau sedang terkena CC, lalu skill 2 nya saat tidak memegang payung akan langsung menteleport dirinya keposisi payung sehingga dengan skill-skill ini ia menjadi salah satu hero mage dengan mobilitas tertinggi seperti Harley.
  • Burst damage yang tinggi, karena memiliki 5 skill jika semua skillnya dikombinasikan maka ia bisa menghasilkan burst damage one shot yang sangat menyakitkan.
  • Mid laner yang baik, menurut ane Kagura adalah hero yang paling cocok untuk berada di tengah (mid lane) karena memiliki skill jarak jauh yang baik, kemampuan membersihkan minion dengan cepat dan mobilitas yang tinggi supaya tidak terciduk oleh lawan.
  • Hero poke yang sangat bagus, range skill 1 nya sangat jauh bahkan melebihi sebagian besar range hero marksman, sehingga kita bisa spam skill 1 nya dengan aman sepanjang permainan.
  • Crown control yang baik, ia memiliki skill untuk slow, stun, knock back, dan pull, ditambah lagi ia bisa menggunakan skill yang punya efek Purify, membuatnya menjadi hero CC dan anti CC yang sangat bagus, dengan skill-skill ini Kagura juga menjadi hero yang sangat baik untuk push dan defense tower.
  • Sulit di counter, jujur menurut ane Kagura adalah salah satu hero mage yang paling sulit di counter di ML, apalagi kalau ditangan player yang pro, hero ini hampir tidak memiliki kelemahan/kekurangan dalam permainan.

Kekurangan Kagura:

  • Cukup sulit dikuasai, hero ini adalah salah satu mage tersulit untuk dimainkan karena memiliki 5 skill, kita harus pintar-pintar menguasai dan mengkombinasikan berbagai skill dan kemungkinan yang ada.
  • Sangat bergantung pada skill pemainnya, kemampuan hero ini memang tergantung dari kemampuan/skill playernya, ada user yang bisa memainkannya tapi hanya sekedar bisa saja, mereka malah sering kena gank dan mati sia-sia karena tidak tahu timing yang pas untuk engage dan kabur.

Kabar baik/buruk nya adalah Kagura memang merupakan hero yang hampir tidak memiliki kelemahan/kekurangan jika digunakan oleh player yang jago, sulit sekali mengcounter hero ini selain menggunakan kerja sama tim atau menggunakan hero yang juga high risk seperti Fanny.

Kagura tips item build:

tips item build hero kagura

  • Build item Kagura sebenarnya fleksibel tergantung dari siapa yang memakainya, biasanya ada 2 tipe build yang digunakan yaitu build magic attack (burst damage) atau build cooldown/CDR (continuity damage), karena Kagura memiliki 5 skill saran ane minimal build item CDR 20% supaya kita bisa mengeluarkan kombinasi skill dengan baik.
  • Build pada baris pertama adalah yang paling ideal, dengan build ini kita memiliki burst damage yang baik, CDR 25%, efek lifesteal 30% (spell vamp), dan juga mengurangi efek healing/lifesteal musuh jadi setengahnya dengan Necklace of Durance.
  • Pada build item baris kedua berguna jika kita ingin main aman, build CDR 30% sehingga bisa lebih sering mengeluarkan dan spam kelima skill yang ada.
  • Build diatas adalah yang menurut ane paling pas dan standar, namun kembali lagi pada preferensi masing-masing player, jika kamu merasa ada build yang lebih baik/cocok maka cobalah bereksperimen dengan caramu sendiri.

Battle spell yang paling cocok untuk Kagura adalah Retribution.

fanny battle spell retributionGunakan Retribution untuk membantu farming supaya cepat naik level. Sebenarnya Kagura cukup fleksibel menggunakan spell-spell lain seperti Purify, Petrify dan Flicker, namun mengingat ia sudah memiliki skill yang punya efek sama dengan Purify, CC yang baik dan mobilitasnya juga sangat tinggi maka lebih baik kita gunakan Retribution sebagai opsi default, kecuali kalau kamu punya kombinasi lain maka silahkan gunakan spell lain yang menurutmu akan lebih berguna.

Untuk emblem kita bisa gunakan Magic atau Magic Assassin emblem.

Kagura sangat bagus/OP untuk melawan hero-hero berikut:

  • Semua hero tank.
  • Semua hero fighter.
  • Semua hero marksman (kecuali late game Layla dan Clint).
  • Semua hero mage.

Kagura cukup lemah melawan beberapa hero berikut:

  • Saber
  • Fanny
  • Hayabusa (1 vs 1)
  • Alucard (skill pasif Alucard bisa mengcounter pergerakan Kagura)
  • Layla (late game)
  • Clint (mid-late game)

Kombinasi skill one shot:

Pertama gunakan skill 1 untuk menyerang dan melempar payung kedekat musuh, lalu gunakan skill ultimate, setelah itu langsung gunakan skill 1 lagi (skill ini langsung refresh setelah kita gunakan ulti), lalu skill 2 disusul skill 3, setelah itu skill 2 untuk mengambil jarak aman (menjauhi lawan), lalu finishing lagi dengan skill 1.

Note: supaya tidak bingung perhatikan warnanya, warna biru berarti skill saat Kagura sedang memegang payung, sedangkan warna ungu berarti skill saat Kagura tidak memegang payung.

Skill 1 –> Skill 3 –> Skill 1 –> Skill 2 –> Skill 3 –> Skill 2 (escape) –> Skill 1

Contohnya seperti cuplikan berikut:

kombinasi skill kagura mobile legends

Kombinasi skill ini juga bisa digunakan pada lawan yang sedang berada didalam tower, namun kita juga perlu hati-hati apakah mereka memiliki skill CC yang berbahaya atau tidak, apalagi kalau ada 2 hero/lebih jangan asal nekat maju menyerang dengan kombo skill ini.

cara main menggunakan mage kaguraMungkin ada yang bertanya kok main maju aja lawannya kan Franco yang punya CC (ulti) cukup lama?

Pertama kondisi diatas Franco sedang sendirian, lalu skill CC franco adalah jarak dekat (kalau CC nya range jarak jauh tentu kita tidak boleh sembarangan engage), coba lihat cuplikan diatas dengan skill 2 kita bisa stun lawan sesaat (efek skill pasif) sehingga ia tidak akan bisa mengeluarkan skill, lalu dengan skill 3 kita bisa knock back lawan sehingga Franco tidak bisa menyerang dengan skill CC/skill 3 nya yang jarak dekat, kalaupun terkena CC/stun dari skill ulti Franco itu juga tidak akan mempengaruhi kombinasi yang ada karena dengan skill 2 kita bisa melepaskan diri dari CC tersebut (Purify).

Tips & trik hero guide Kagura:

  • Saat farming manfaatkanlah efek shield dari skill pasif supaya darah kita tetap utuh walau terus-terusan ngutan, lempar payung dan ambil lagi dengan skill 2 atau berjalan kearah payung tersebut, dengan begini kita bisa dapat shield terus-menerus tanpa harus kehilangan darah/HP.
  • Waspada dengan hero CC lawan terutama yang jarak jauh seperti Saber, ingat skill Purify Kagura hanya bisa digunakan saat ia memegang payung, jadi saat kita tidak memegang payung kita berada pada situasi yang sangat rentan dengan CC.
  • Saat push/menyerang tower (hit turret dengan basic attack) sebaiknya lempar payung cukup jauh kearah belakang supaya kalau tiba-tiba hero musuh datang atau muncul tiba-tiba kita bisa langsung mundur dan menjaga jarak aman dengan skill 2.
  • Ambillah buff jika pada tim tidak terdapat hero lain yang harus diprioritaskan untuk mendapat buff, efek CDR dari buff sangat berguna untuk membantu kelancaran kombinasi skill-skill Kagura.
  • Spam skill 1 sepanjang permainan dari jarak aman, skill 1 ini juga memiliki efek slow jadi kalau kamu atau tim sedang kabur kita tetap bisa menyerang sambil berjalan menggunakan skill ini.
  • Rajin-rajinlah tonton video pro Kagura user atau live streaming top Kagura player supaya bisa belajar dan menguasai hero ini dengan lebih baik lagi.

Seperti biasa sebagai pelengkap semoga video gameplay ini bisa memberi gambaran bagaimana cara menggunakan Kagura dengan baik dan benar.

Akhir kata semoga tips dan tutorial ini bermanfaat. Selamat mencoba.


Related Post: