Tutorial, Tips & Cara Belajar Main Hayabusa (Guide Mobile Legends)


Pada tutorial hero kali ini kita akan belajar cara menggunakan hero assassin terbaik untuk satu lawan satu (1 by 1) yaitu si ninja Hayabusa. Memainkan hero ini sebenarnya gampang-gampang susah, yang perlu diperhatikan adalah momen kapan harus engage dan menyerang, dan kapan harus menarik diri, karena kalau salah perhitungan sekian detik saja ia bisa gagal kabur/escape dan bakal terciduk dengan konyolnya.

Hayabusa adalah hero spesialis 1 vs 1 karena semua skillnya memiliki damage yang sangat sakit jika lawannya hanya single target, selain itu yang paling istimewa dari hero ini adalah saat mengeluarkan skill ultimate maka ia tidak bisa diserang sama sekali oleh siapapun termasuk turret, karena itu skill ulti hero ini bisa di spam sepanjang permainan untuk push tower dan juga poking enemy.

Kelebihan Hayabusa:

  • Hero 1 vs 1 terbaik, untuk urusan satu lawan satu maka Hayabusa adalah salah satu hero yang paling baik untuk digunakan di Mobile Legends, apalagi pada phase late game hero marksman dan mage lawan tidak akan berdaya jika 1 lawan 1 dengan Hayabusa.
  • Mobilitas yang tinggi, skill 2 nya bisa membuatnya berpindah-pindah ke 4 tempat yang berbeda, dengan skill ini ia bisa menggocek lawan, kabur dari kepungan musuh dan juga mengejar lawan yang berusaha kabur, terlebih skill ini memiliki efek slow down yang berguna untuk membantunya melarikan diri.
  • Survivabilitas yang tinggi, karena semua skillnya memiliki damage yang besar maka tidak heran jika kita build item Bloodlust Axe (lifesteal skill 20%) maka ia bisa mendapatkan efek lifesteal yang tinggi dari skill 1 dan skill 3 nya, terlebih ia memiliki skill pasif yang memberi efek healing jika telah mengenai musuh 4 kali dengan skillnya, dan uniknya adalah semakin rendah HP/darahnya maka HP yang dipulihkan dari skill pasifnya akan semakin besar.
  • Split pusher yang baik, karena ia bisa kabur dengan mudah menggunakan skill 2 dan dengan cepat menyapu minion dengan ultinya maka hero ini menjadi salah satu pilihan terbaik untuk split push menggunakan formasi 3-1-1 (Haya solo) atau saat late game ia juga bisa mencuri tower lawan dengan strategi 4-1 (Haya solo push tower).
  • Hero poke yang sangat bagus, berkat skill 2 nya ia bisa dengan aman maju mundur cantik mengurangi darah musuh sedikit demi sedikit.
  • Sangat bagus untuk push dan def tower, karena skill ultinya bisa langsung membersihkan minion sekali serang tentu sangat bagus digunakan saat push turret dan juga mempertahankan tower, selain itu pada mode ultimate ia tidak bisa diserang jadi skill ini bisa digunakan pada lawan walau mereka berada didalam range turret.
  • Burst damage one shot, pada phase late game ia bisa membunuh semua hero lembek seperti marksman, mage, dan assassin hanya dalam satu serangan (single target).

Kekurangan Hayabusa:

  • Sangat lembek, namanya assassin sudah pasti lembek, karena itu jangan sampai melakukan kesalahan dalam menyerang terutama pada phase late game karena hero ini bisa dibunuh dengan cepat oleh fighter/mm di akhir permainan.
  • Sangat rentan CC, saat menggunakan skill 2 untuk poke sebenarnya ada resiko bunuh diri jika lawannya memiliki skill crowd control yang baik seperti Franco dan Nana, yang sering terjadi adalah saat Hayabusa berusaha menyerang dengan bayangan skill 2, begitu engage ia langsung terkena stun/disable oleh hero CC lawan dan tidak bisa kembali ke bayangan yang lain (dan akhirnya mati).
  • Sangat bergantung pada skill, hero ini 11-12 seperti Saber, sangat bagus untuk poking dan mengandalkan skill untuk menyerang lawan (bukan tipe combat seperti Karina/Natalia), basic attacknya pasti kalah kalau diadu sama fighter/mm, karena itu jangan gunakan hero ini sebagai petarung jarak dekat/close combat. Jaga jarak aman terutama jika skill 2 masih cooldown.
  • Sangat bergantung pada buff, hero ini sangat boros pemakaian mana dan harus diprioritaskan untuk mendapatkan buff setelah Fanny.
  • Kurang efektif dalam tim war, walau ia adalah yang terbaik dalam urusan 1 vs 1, namun dalam teamfight 5 vs 5 kontribusi hero ini kurang begitu bagus karena damagenya sangat kecil jika digunakan pada beberapa lawan sekaligus, damage skill 1 nya hanya sakit jika mengenai 3 shuriken sekaligus (harus berada sangat dekat dengan hero lawan), damage ultinya juga akan terbagi-bagi jika ada banyak musuh termasuk minion/jungle disekitar, ia tidak memiliki burst damage massal yang baik karena memang hero ini lebih dikhususkan untuk burst damage single target.

Hayabusa tips item build:

tips item build hero saber

  • Build item Hayabusa sama persis dengan build item Saber, karena mereka berdua adalah tipe assassin yang sama-sama bergantung pada skill.
  • Build item Bloodlust Axe untuk lifesteal, karena ini adalah core itemnya Hayabusa (termasuk Saber dan Fanny) maka item ini wajib dibeli pertama kali.
  • Pada build item keempat tergantung pada komposisi hero tim lawan, gunakan Rose Gold Meteor/Magic Blade jika pada lawan terdapat 2-3 hero mage (untuk ekstra pertahanan dan survivability), gunakan Blade 7 Seas jika banyak hero lawan yang defensenya tinggi seperti Hilda, Chou, dan tanker lainnya, lalu build Deadly Blade jika hero lawan terdapat healer seperti Estes/Rafaela termasuk hero dengan lifesteal tinggi seperti Alucard, Zilong, dan Fanny.
  • Build diatas adalah yang paling ideal dan sering digunakan oleh para top player, tapi semua tergantung pada siapa yang memainkannya, jika kamu merasa ada build yang lebih baik/cocok maka cobalah bereksperimen dengan caramu sendiri.

Battle spell yang paling cocok untuk Hayabusa adalah Retribution.

fanny battle spell retribution

Gunakan Retribution untuk farming diawal dengan cepat dan terutama untuk mendapatkan monster buff supaya tidak dicuri oleh hero lawan maupun kawan.

Untuk emblem kita bisa gunakan Physical atau Physical Assassin emblem.

Hayabusa sangat bagus/OP untuk melawan hero-hero berikut:

  • Jika kondisinya 1 vs 1 Hayabusa sangatlah bagus (ideal) untuk melawan semua hero.
  • Semua hero marksman.
  • Fanny, Karina, dan Natalia.
  • Gord, Cyclops, Kagura, Vexana, dan Harley.

Hayabusa cukup lemah melawan beberapa hero berikut:

  • Saber
  • Lancelot (skill immune nya bisa mengcancel ulti Hayabusa)
  • Akai
  • Franco
  • Chou
  • Aurora
  • Nana
  • Digger (skill 2 nya bisa mengcounter skill 2 Hayabusa)

Kombinasi skill one shot:

Pertama gunakan skill 2 untuk engage, usahakan bayangan skill 2 mengenai hero musuh supaya saat kita meloncat kearah bayangan hero tersebut mereka terkena bonus damage, lalu keluarkan skill ultimate dan disusul dengan skill 1 (usahakan berada sedekat mungkin atau didalam hero tersebut supaya terkena damage 3 shuriken), lalu meloncatlah kembali kebayangan dibelakang untuk kabur.

Skill 2 –> Skill 3 –> Skill 1 –> Skill 2 (escape)

Contohnya seperti cuplikan berikut:

kombinasi skill hayabusa

Selain itu kita juga bisa mencicil darah musuh sedikit demi sedikit walau tanpa ultimate, yang terpenting adalah kita bisa memaksimalkan pengguaan skill 2 untuk poke musuh sepanjang permainan, gunakan skill 1 dan basic attack (jika perlu) untuk mengurangi HP lawan, selalu usahakan bayangan skill 2 mengenai lawan (arahkan dulu jangan asal sekedar keluar bayangan aja) sehingga saat kita melompat kebayangan tersebut kita berada didalam hero tersebut dan begitu kita keluarkan skill 1 maka mereka akan terkena damage maksimal (3 shuriken).

tips item build hero hayabusa

Tips & trik hero guide Hayabusa:

  • Jika ingin menyerang lawan dengan skill ultimate pastikan area disekitar kosong/clear dari minion dan monste hutan, perhatikan juga apakah ada hero lain yang membackup lawan, ingat damage ultinya akan terpecah belah jika terdapat lebih dari 1 target, jadi sebaiknya bersihkan dulu minion disekitar sebelum menyerang.
  • Waspada dengan hero CC lawan saat menggunakan skill 2 karena sangat berpotensi menjadi blunder, pastikan musuh sudah menggunakan skill CC yang ada atau setidaknya kamu tahu timing yang pas supaya tetap bisa kabur dengan aman.
  • Saat berusaha kabur dari lawan gunakan bantuan skill 1 karena selain memberi damage skill ini juga memberikan efek slow pada musuh, gunakan skill 2 untuk mengecoh lawan (melompat kesana kemari), selain itu arahkan bayangan skill 2 mengenai hero musuh karena itu juga dapat memberi efek slow down pada lawan.
  • Selalu pastikan untuk mendapatkan buff, hero ini sangat boros mana, terlebih kita harus sering-sering spam ketiga skillnya untuk poke musuh dan push turret, apalagi kalau tim menggunakan strategi split push 3-1-1 maka ia wajib mengambil buff supaya mananya bisa bertahan lebih lama dalam permainan.
  • Ingat ultinya bisa digunakan untuk dengan cepat menyapu minion, jika suasananya sedang kalem, gunakanlah skill ultimate pada minion yang ada (minimal ada 3 minion) dengan ini ia bisa mendapat gold dan exp lebih cepat dan maksimal.
  • Cicil darah musuh sedikit demi sedikit sepanjang game baik saat push maupun def tower, gunakan kombinasi ketiga skill yang ada, dan sebaiknya hanya lakukan engage jika skill 2 sudah available.
  • Rajin-rajinlah tonton video pro Hayabusa user di YouTube atau live streaming top Hayabusa player.

Sebagai penutup mungkin video gameplay ini bisa memberi sedikit gambaran cara menggunakan Hayabusa dengan baik dan benar. Note: Perhatikanlah bagaimana ane engage dan menarik diri dalam permainan, akhir kata semoga tips dan tutorial ini bermanfaat. Salam gamers.


Related Post: