Tutorial, Tips & Cara Belajar Main Harley (Guide Mobile Legends)


Pada tutorial hero kali ini kita akan belajar cara menggunakan hero mage terlincah yang sangat berbahaya yaitu si Mage Genius – Harley. Hero ini memiliki kemampuan DPS yang sangat baik walaupun rolenya adalah mage, berkat skill pasifnya ia bisa memberi damage basic attack seperti hero marksman, Harley juga merupakan hero mage paling gesit dan sulit ditangkap oleh lawan karena kemampuan dari skill 2 nya, ditambah lagi ia bisa memberi burst damage one shot dan membunuh hero lawan dengan cepat dalam sekali serang.

Menurut ane Harley dan Kagura adalah 2 hero mage yang paling kuat (dan mobilitas paling tinggi) di Mobile Legends, selain itu Harley juga memiliki skill dan damage untuk membersihkan minion dengan cepat, tidak seperti mage lain yang biasanya lama saat ngutan, ia bisa dengan cepat farming bahkan pada early game ia termasuk salah satu hero tercepat yang bisa membunuh monster jungle/buff diawal permainan.

Kelebihan Harley:

  • Hero mage terlincah, Harley adalah hero mage yang mobilitasnya paling tinggi, berkat skill 2 nya ia bisa bergerak dengan cepat mengejar/kabur dari berbagai keadaan dan situasi, ditambah lagi ia bisa main tarik ulur/hit & run dengan sangat aman menggunakan skill 2 nya ini.
  • Mage semi marksman, skill pasifnya membuat basic attack Harley memberikan magic damage sehingga ia bisa menghasilkan output damage yang cukup besar hanya dengan basic attacknya saja, jadi selain punya skill mobilitas yang bagus, ia juga memiliki auto damage yang cukup besar untuk membantunya farming, push tower, dan menyerang hero lawan.
  • Mage yang cepat farming, dengan skill 1 dan basic attacknya saja ia bisa membunuh monster hutan dan minion dengan sangat cepat, bahkan ia merupakan salah satu hero tercepat untuk membunuh monster buff pada awal permainan, ini membuatnya menjadi mage yang sangat berbahaya pada early game dan bisa dengan cepat build item + naik level.
  • Sangat sulit ditangkap/diciduk, ia bisa kabur dengan cepat menggunakan skill 2, kalaupun musuh bisa mengejar kecepatannya, maka Harley bisa menggoceknya dengan kembali ketopi tempat semula ia mengeluarkan skill 2, ditambah lagi cooldown skill 2 ini sangat singkat membuatnya menjadi sangat gesit dan hampir mustahil ditangkap tanpa bantuan skill CC/crowd control.
  • Burst damage yang tinggi, pada tengah-akhir permainan (mid-late game) ia bisa menghabisi hero-hero lawan dengan sekali serang menggunakan kombinasi skill ultimate dan skill 1 nya, bahkan tank juga bisa dibunuh dalam sekejap kalau tidak build item defense magic melawan hero ini.

Kekurangan Harley:

  • Serangannya mudah diantisipasi, Harley adalah spesialis dalam membunuh lawan satu per satu, skill ulti dan skill 1 nya bisa dihindari jika kita berlindung dibelakang tank, minion, dan monster jungle, karena itu yang terpenting saat melawan hero ini adalah jangan berada diarea yang kosong melompong karena akan jadi sasaran empuk bagi serangan one shot nya.
  • Tidak memiliki skill CC, hampir semua hero mage memiliki skill crowd control yang baik untuk digunakan saat tim war, namun Harley hanya bergantung pada burst magic damage saja sehingga kurang begitu suportif saat bertarung 5 vs 5 (teamfight).

Kabar baik/buruk nya adalah Harley merupakan hero mage yang tidak memiliki banyak kelemahan (seperti Kagura) terutama jika digunakan oleh player yang pro, sulit sekali mengcounter hero ini selain menggunakan kerja sama tim atau menggunakan hero yang juga OP seperti Kagura dan Fanny.

Harley tips item build:

tips item build hero harley

  • Build item baris pertama sangat cocok untuk segala situasi (burst damage + magic lifesteal/spell vamp), build item Harley lebih fokus pada penambah magic damage supaya bisa membunuh dalam sekali serang menggunakan kombinasi skill ultimate dan skill 1.
  • Build item Necklace of Durance (baris kedua) jika pada lawan terdapat healer (seperti Estes/Rafaela) dan hero dengan lifesteal tinggi seperti Alucard/Zilong.
  • Build diatas adalah yang paling ideal menurut ane dan sering digunakan oleh para top Harley player, namun jika kamu merasa ada build lain yang lebih baik maka cobalah bereksperimen dengan caramu sendiri.

Battle spell yang paling cocok untuk Harley adalah Retribution dan Flicker.

  • Gunakan Retribution untuk cepat farming, spell ini adalah yang paling ideal karena akan membantunya ngutan dengan sangat cepat dan juga mencuri monster jungle/buff lawan.
  • Gunakan Flicker untuk ekstra mobilitas, terkadang ada momen dimana kita menggunakan skill 2 lalu terkena stun/CC dari hero lawan dan skill 2 masuk cooldown (tidak bisa escape), kita bisa gunakan Flicker untuk lebih berjaga-jaga. Terkadang spell ini juga berguna saat menyerang karena saat kita mengeluarkan skill 3 begitu musuh terkena lingkaran api dan kita serang dengan skill 1 mereka akan kabur atau menjauh menggunakan Flicker, kita juga bisa mengejarnya dengan menggunakan Flicker.

Untuk emblem kita bisa gunakan Magic atau Magic Assassin emblem.

Harley sangat bagus & OP untuk melawan hero-hero berikut:

  • Semua hero marksman.
  • Semua hero mage & support.
  • Karina, Balmond, Bane, Ruby, Alpha & Hilda.

Harley cukup lemah melawan beberapa hero berikut:

  • Fanny
  • Hayabusa
  • Lolita
  • Zilong (late game)
  • Roger (late game)
  • Layla (late game)

Burst damage one shot:

Pertama gunakan skill 3 lalu susul dengan full damage dari skill 1 dan jika keadaannya memungkinkan cicil lagi dengan basic attack untuk mengakumulasi damage ultimate. Biasanya urutannya seperti ini:

  • Skill 3 –> Skill 2 (engage) –> Skill 1 –> Skill 2 (kembali ketopi)
  • Skill 3 –> Skill 2 (engage) –> Skill 1 –> 3-5x basic attack –> Skill 2 (kembali ketopi)
  • Skill 2 (engage) –> Skill 3 –> Skill 1 –> Skill 2 (kembali ketopi)
  • Skill 2 (engage) –> Skill 3 –> Skill 1 –> 3-5x basic attack –> Skill 2 (kembali ketopi)

Contohnya seperti cuplikan berikut:

kombinasi skill harley mobile legendsUrutan diatas bisa fleksibel menyesuaikan keadaan yang ada (tergantung jarak dengan target), usahakan saat mengeluarkan skill 3 area disekitar sedang kosong tidak ada minion/monster dan hero lainnya, yang terpenting adalah maksimalkan damage ultimate dengan terus menyerang hero target menggunakan apapun selama lingkaran api masih menyala, namun lihat juga kondisinya kalau berbahaya segeralah mundur balik ketopi.

Tips & trik hero guide Harley:

  • Fokuslah farming diawal permainan, segera cepat-cepat naik ke level 4 karena pada early game Harley termasuk hero mage yang paling kuat, pada level 4 kita bisa langsung menghabisi hero lawan (termasuk tanker) yang darahnya dibawah setengah (40-50%) dengan burst damage one shot (ulti + skill 1 + basic attack).
  • Waspada dengan hero CC lawan saat engage karena yang sering terjadi adalah saat kita mendekat musuh langsung mengeluarkan skill crowd control (stun/disable) dan kita tidak bisa kembali ketopi, dan akhirnya mati terciduk dengan konyol.
  • Saat ngutan atau hit minion menggunakan skill 1 dekatkanlah posisi dengan sasaran (kalau perlu nempel) supaya semua kartunya mengenai musuh, dengan begitu kita bisa lebih cepat membersihkan wave minion dan farming.
  • Sebaiknya nyalakan hero lock mode supaya saat mengeluarkan skill ulti kita tidak menyerang target yang salah.
  • Selalu spam skill 1 nya untuk poke musuh, defense turret dan push tower, termasuk saat tim war kita bisa menyicil darah tank dengan hit sedikit demi sedikit menggunakan skill 1 dan basic attacknya.
  • Rajin-rajinlah tonton video pro Harley user di YouTube atau live streaming top playernya.

Sebagai penutup semoga video gameplay ini bisa memberi sedikit gambaran cara memainkan Harley dengan baik dan benar. Akhir kata semoga tips dan tutorial ini bermanfaat. Salam gamers.


Related Post: