Tutorial, Guide, Tips, & Cara Belajar Main Gossen (Mobile Legends)


Sebentar lagi kita akan kedatangan hero assassin baru yaitu Gossen (Gussion), walau heronya saat ini (Januari 2018) masih belum rilis di original server, ane ingin memberikan tips dan tutorial bagaimana cara memainkan hero gesit yang satu ini, menariknya kemampuan hero ini mirip seperti hokage ke 4 Minato pada serial Naruto, ia bisa menteleport dirinya ketempat pisaunya berada, mungkin memang karakteristik hero ini terinspirasi dari ayah Naruto tersebut.

Menurut ane Gossen adalah hero yang tipenya seperti Fanny yaitu high risk high reward. Jika dimainkan oleh player yang pro maka akan sangat OP dan kuat, sebaliknya jika yang main biasa-biasa saja maka hero inipun juga tidak akan sehebat yang kita inginkan, tanpa banyak basa-basi ayo kita bahas hero yang satu ini dimulai dari kelebihan dan kekurangannya dulu.

Kelebihan Gossen:

  • Burst damage yang cepat dan massal, skill 2 Gossen adalah melempar 5 pisau dan bisa menariknya kembali, jika digunakan pada momen yang pas maka damage dari pisau-pisau ini sangatlah tinggi, bahkan diawal permainan kita bisa dengan cepat sekali membunuh monster buff dan jungle menggunakan skill ini.
  • Mobilitas yang tinggi, skill 1 nya sangat bagus digunakan untuk mengejar musuh atau engage hero-hero lembek dibelakang, selain itu ia juga memiliki skill 3 yang punya efek seperti Flicker sehingga bisa juga digunakan untuk mengejar lawan atau kabur (escape) dari situasi yang genting.
  • Sangat kuat diawal permainan, pada phase early game damage skill 2 nya mungkin adalah yang tertinggi dibanding hero-hero lainnya, saat ane coba gunakan skill 2 diawal game (masih level 2, menit 1) musuh yang terkena damage full dari skill 2 nya (10 pisau) langsung berkurang hingga setengah HP nya.

Kekurangan Gossen:

  • Cukup sulit dikuasai, hero ini adalah salah satu assassin yang lumayan sulit untuk dimainkan karena semua skillnya tidak ada yang auto lock/aim sehingga harus diarahkan dengan tepat, selain itu semua serangannya jarak pendek membuatnya sangat rentan karena hero ini lembek sekali jadi kalau salah-salah lompat/engage sedikit saja bisa mati terciduk dengan konyol.
  • Sangat bergantung pada skill pemainnya, kemampuan hero ini hanya akan efektif kalau playernya bisa memanfaatkan potensi skill-skillnya dengan baik, terutama kita harus memahami kombinasi skill, positioning, dan kapan waktu yang tepat untuk menyerang.
  • Sangat rentan CC, karena saat menyerang kita harus berada dalam jarak dekat dengan lawan (close combat), maka akan sangat bahaya kalau sampai terkena skill crowd control hero musuh.
  • Mudah dihindari, untuk menghindari kombinasi skill Gossen sebenarnya cukup mudah yaitu dengan menjaga jarak darinya saat ia melempar pisau (skill 2), damage skill 2 hanya akan sakit kalau kita terkena damage dari kelima pisaunya dan ini hanya akan terjadi kalau posisi kita sangat dekat (hampir nempel) dengan Gossen. Karena itu saat menggunakan skill 2 ini kita juga harus cekatan melempar dan menarik pisau kembali dengan cepat supaya musuh terkena full damage dan tidak sempat menghindar. Ingat saat menyerang kita juga perlu mengikuti arah gerakan musuh (membayang-bayangi posisi lawan) supaya jarak yang ada bisa diminimalisir dan damage dari skill 2 bisa lebih maksimal.

Gossen tips item build:

tips item build hero gossen

  • Build item Gossen/Gussion adalah fokus pada cooldown reduction dan magic damage. Pada update terbaru hero assassin ini berganti atribut dari yang awalnya physical damage menjadi magical damage, jadi sekarang kita harus build hero ini sebagai magic assassin seperti Karina.
  • Usahakan build CDR maksimal 30% saja (sisa cooldown 10% bisa kita dapat dari monster buff), karena hero ini sangat bergantung pada skill ketimbang basic attack, maka cooldown reduction sangatlah penting dan merupakan core item hero ini.
  • Build item Concentrated Energy untuk mendapatkan lifesteal skill (spell vamp) sebesar 30%, sangat bagus untuk membantunya survive saat teamfight dan close combat 1 vs 1 dengan lawan.
  • Build diatas adalah yang menurut ane paling ideal (CDR + lifesteal + magic damage), namun kembali lagi pada preferensi masing-masing player, jika kamu merasa ada build yang lebih baik maka cobalah bereksperimen dengan caramu sendiri.

Battle spell yang paling cocok untuk Gossen adalah Retribution.

fanny battle spell retributionGunakan Retribution untuk mempercepat farming diawal permainan dan membeli core item sedini mungkin, kamu bisa juga gunakan spell Flicker untuk main aman atau Petrify untuk ekstra crowd control, tapi menurut ane Retribution adalah spell yang paling pas untuk semua assassin.

Untuk emblem kita bisa gunakan Magic atau Assassin emblem.

Gossen sangat bagus/OP untuk melawan hero-hero berikut:

  • Semua hero mage dan support.
  • Semua hero marksman.
  • Karina
  • Natalia

Gossen cukup lemah melawan beberapa hero berikut:

  • Saber
  • Fanny
  • Akai
  • Franco
  • Alucard
  • Zilong
  • Chou
  • Ruby
  • Roger

Kombinasi skill 10 dagger:

Pertama gunakan skill 2 untuk menyerang dan melempar 5 pisau, lalu gunakan skill ultimate untuk merefresh skill 2, setelah itu langsung gunakan skill 2 lagi (skill ini akan melempar 5 pisau lagi, jadi total ada 10 pisau yang siap ditarik kembali), lalu finishing dengan skill 2 kembali untuk menarik 10 pisau yang ada (pastikan posisimu berada dekat/nempel dengan musuh supaya damage dari 10 pisau bisa maksimal).

Skill 2 –> Skill 3 –> Skill 2 –> Skill 2 (recover)

Contohnya seperti cuplikan berikut:

kombinasi skill gossen mobile legends

Note: Gunakan kombinasi skill 10 dagger/10 pisau kalau kita ingin cepat menghabisi musuh atau situasinya sedang darurat, skill ini berguna untuk quick finishing namun sebenarnya kalau dihitung damage total dari skill 2 nya hanya 15 pisau.

Jika kondisinya sedang tidak urgent dan lebih santai, misal seperti sedang 1 vs 1 maka jauh lebih baik tidak menggunakan kombinasi 10 pisau karena akan lebih maksimal jika kita gunakan kombinasi dibawah:

Skill 2 –> Skill 2 (recover) –> Skill 3 –> Skill 2 –> Skill 2 (recover)

Contoh seperti cuplikan berikut:

cara main menggunakan assassin gossen gussion

Dengan urutan skill diatas kita akan mendapatkan total damage 20 pisau dari skill 2.

Tips & trik hero guide Gossen:

  • Saat diawal permainan manfaatkanlah keunggulan damage dari skill 2 untuk ngutan dan menyerang musuh yang sedang membersihkan minion, hero ini termasuk sangat OP pada early game berkat full damage dari skill 2 nya, jadi cobalah untuk lebih berani main agresif pada early game.
  • Ambillah buff karena Gossen termasuk hero assassin yang bergantung pada buff, kita perlu spam skill 1 dan 2 sepanjang permainan sehingga ia akan boros mana dan memerlukan buff untuk efektif dalam pertarungan.
  • Waspada dengan hero CC lawan terutama saat engage/mendekat dan menyerang, sebisa mungkin pastikan hero lawan sudah mengeluarkan skill crowd controlnya.
  • Positioning adalah kunci yang sangat penting dalam memainkan hero ini, belajarlah mengambil posisi yang aman saat menyerang, belajar memposisikan diri untuk bisa memaksimalkan damage dari kelima pisau skill 2, kita harus melihat dimana posisi yang tepat antara musuh, kita, dan pisau berada, selain itu timing yang pas juga diperlukan mengingat durasi skill 2 saat menarik kembali pisau tidak terlalu panjang.
  • Spam skill 2 sepanjang permainan dari jarak aman, skill 2 ini selain bagus untuk poke/poking (mencicil darah musuh secara perlahan dari jauh) juga bisa memberikan efek slow pada musuh.
  • Rajin-rajinlah tonton video pro Gossen user atau live streaming top Gossen player supaya bisa belajar dan menguasai hero ini dengan lebih baik lagi.

Sebagai penutup dan pelengkap semoga video gameplay ini bisa memberi gambaran bagaimana cara menggunakan Gossen dengan baik dan benar.

Akhir kata semoga tips dan tutorial ini bermanfaat. Salam gamers.


Related Post: