Tutorial, Tips & Cara Belajar Main Fanny (Hero Guide Mobile Legends)


Pada tutorial hero kali ini kita akan belajar cara menggunakan hero dengan tingkat kesulitan tertinggi yaitu Fanny. Banyak player yang ingin belajar cara main Fanny namun malah sering jadi feeder karena belum tahu cara menguasai hero yang satu ini, saran ane jangan langsung gunakan hero ini di classic mode apalagi ranked, mulailah dari custom mode atau setidaknya versus AI. Ane sendiri dulu menyesal karena langsung main Fanny di match up (classic) sampai akhirnya jadi feeder berkali-kali sampe dihina-hina sepanjang permainan. Apalagi kalau salah lempar tali ke turret sering banget mati kaya orang bodoh dan bikin kapok make hero ini lagi.

Pada turnamen MSC Fanny adalah hero yang paling sering di ban (highest ban rate 63%), karena Fanny merupakan hero yang paling kuat (OP) jika dipakai oleh player yang pro. Dari data MSC Fanny juga adalah hero yang paling cepat farming jelas karena bisa berpindah-pindah lane dalam hitungan detik, hero ini memang merupakan hero tercepat dalam urusan pushing lane dan mapping. Sayang hero ini sering sekali di nerf, padahal udah sulit dikuasai malah dibuat semakin lemah oleh developer ML, namun tetap hero ini masih sangat kuat ditangan user yang handal. Intinya tetap balik lagi pada siapa yang pakai dan bagaimana cara mereka menggunakan hero tersebut.

Kelebihan Fanny:

  • Cepat farming, Fanny bisa berpindah-pindah lane dalam sekejap, membuatnya menjadi hero yang paling cepat untuk ngutan sehingga bisa sangat cepat mengumpulkan gold dan exp (cepat naik level), bisa dibilang hero ini sangat-sangat kuat pada phase early-mid game.
  • Mobilitas tertinggi, skill 2 Fanny (Steel Cable) membuatnya menjadi hero dengan tingkat mobilitas terbaik di game ini, dia bisa menyerang dan kabur kapan saja sesuka hati, hero yang sangat ideal untuk dive turet dan menyerang marksman/mage dibelakang tanker saat war.
  • Sulit dibunuh, jelas karena Fanny bisa kabur dalam sekejap dan tidak ada satupun hero yang bisa mengalahkannya dalam urusan kabur, Fanny juga merupakan salah satu hero terbaik untuk melawan Argus, karena dia tinggal kabur saja saat Argus ulti dan balik lagi menyerang ketika ultinya selesai.
  • Burst damage one shot, pada phase mid game, Fanny biasanya sudah berada 2-3 level lebih tinggi dari lawan-lawannya, sehingga tidak heran dengan kombo-kombo skillnya Fanny bisa langsung membunuh hero lawan dengan satu serangan (kombinasi Tornado Strike + Ulti), ga percaya? Lihat aja sekilas cuplikannya dibawah.
  • Fun to play, ane sendiri paling suka main hero Fanny karena gameplaynya sangat menyenangkan apalagi kalau dapet pentakill/savage dengan hero ini.

Kekurangan Fanny:

  • Sangat susah dimainkan/dikuasai, bagi player-player newbie hero ini lumayan sulit dikuasai karena tidak mudah menggunakan skill kabelnya, ditambah lagi setiap kali map diubah/update, para user Fanny harus kembali membiasakan diri untuk menggunakan map yang baru (belajar lagi).
  • Sangat bergantung pada buff, kelemahan terbesar Fanny adalah energinya yang sangat terbatas, sistem regenerasi energy memang lebih cepat daripada mana, tapi konsumsi energi juga lebih cepat habis ketimbang mana, yang lebih parah tidak ada item apapun yang bisa membantu regenerasi/konsumsi energi Fanny, sehingga hero ini harus selalu diprioritaskan untuk mengambil buff.
  • Sangat lembek, memang pada dasarnya semua hero assassin itu lembek apalagi Fanny, kalau hero ini kena CC stun/disable saat tim war sudah dipastikan dia bakal tewas seketika, intinya Fanny harus terus bergerak/terbang untuk kabur menghindari serangan musuh, termasuk saat menyerang.
  • Lemah di late game, saran ane selesaikan game secepat mungkin dibawah 15 menit jika menggunakan Fanny, karena pada phase late game (>15 menit) hero lawan sudah mencapai full item build dan level 15, sehingga semakin sulit dibunuh oleh Fanny, sedangkan energi Fanny tetap segitu-segitu aja.

Fanny tips item build:

fanny item build guide

  • Fanny ga perlu beli sepatu karena tinggal gunakan skill 2 untuk pergi kemana saja dengan cepat.
  • Fanny juga ga perlu beli item attack speed karena bergantung pada skill khususnya Tornado Strike untuk menghabisi lawan (bukan tipe assassin gebuk-gebuk kaya Karina dan Natalia).
  • Build item Bloodlust Axe supaya darah kita bertambah setiap kali skill menghasilkan damage.
  • Magic Blade berguna untuk bertahan hidup (survive) disaat kritis, item ini memberikan darah cadangan sesaat ketika HP drop dibawah 30%, begitu juga dengan item Immortality.
  • Terkadang ada juga player yang build dengan Blade Armor supaya physical defense lebih tinggi (semi tank) dan bisa memberikan sedikit damage saat diserang basic attack (biar ga sekedar jadi sansak tinju kalau kena stun).

Battle spell yang paling cocok untuk Fanny adalah Retribution.

fanny battle spell retributionTujuannya supaya ngutan lebih cepat dan yang terpenting memastikan kita selalu mendapat boost kalau main sama orang asing (gunakan retribution untuk last hit monster buff).

Untuk emblem kita bisa gunakan Physical atau Physical Assassin emblem.

Fanny sangat kuat melawan semua hero marksman dan mage karena bisa begitu mudah mendekatkan diri (engage) menggunakan kabel, termasuk saat tim war, Fanny sangat bagus untuk melawan hero-hero berikut:

  • Semua hero marksman.
  • Rafaela, Estes, Gord, Vexana.
  • Natalia, Bane, Argus (salah satu best counter ultinya Argus).

Fanny cukup lemah melawan beberapa hero berikut:

  • Nana –> skill 2 Nana bisa membuat Fanny tak berdaya selama 3 detik dan sudah pasti bakalan mati kalau kena kutukan ini saat terbang ditengah-tengah team fight/war.
  • Aurora –> efek freeze Aurora dengan skill 2 membuat Fanny pasti terkena beku walau terbang dengan kecepatan tinggi (selama berada dalam range aurora).
  • Eudora –> efek stun skill 2 Eudora sering membuat Fanny mati tak berdaya saat war/dive turret.
  • Saber –> ulti Saber akan mengejar kemanapun Fanny terbang.
  • Franco –> ulti Franco juga bisa digunakan saat Fanny menyerang (begitu terbang melewati Franco langsung tekan ulti).
  • Chou –> ulti Chou juga bisa digunakan sama seperti Franco.
  • Ruby –> skill 2 dan ulti Ruby bisa mengontrol pergerakan Fanny disaat yang tepat.

Kombinasi skill one shot:

Pertama gunakan skill 2 untuk menyerang, lalu gunakan ultimate, lalu skill 1, dan gunakan skill 2 kembali untuk kabur.

Skill 2 –> Skill 3 –> Skill 1 –> Skill 2 (escape)

Lebih jelasnya silahkan lihat cuplikan berikut:

kombinasi combo skill fanny

Trik multiple cable:

Teknik ini biasanya digunakan oleh pro user Fanny yang memang sudah terbiasa dengan skill kabel dan ahli menguasai map, Fanny bisa mengeluarkan kabel berkali-kali dengan skill 2 nya (sampai energinya habis), biasanya player yang pro hanya menggunakan sampai 2 kabel saja untuk terbang/menyerang, tapi top player Fanny bisa menggunakan sampai 3-4 kabel untuk pushing lane termasuk menyerang lawan.

kelebihan keunggulan fanny

Ada juga yang menggunakan sampai 6-8 kabel namun lebih dari 4 kabel biasanya sudah tidak efektif (hanya untuk cepat berpindah tempat). Trik ini memiliki tingkat kesulitan yang tinggi, jadi sebaiknya kuasai dulu map yang ada dan asah keakuratan kamu dalam melempar kabel.

Tips & trik hero guide Fanny:

  • Gunakan bantuan minimap dikiri atas untuk melempar kabel kearah tembok dalam jarak jauh (kalau kita tidak bisa melihat dindingnya).

cara main fanny mobile legends

  • Saat open war, tunggu hero musuh ngeluarin stun/disable yang ada.
  • Saat dive turet/war selalu perhatikan bar energi yang kita miliki, apakah akan cukup untuk menyerang dan kabur (escape), kalau tidak cukup, maka tunggulah beberapa saat (energi Fanny regen full kurang lebih 10-15 detik).
  • Sebelum mengelurkan ultimate, usahakan musuh sudah terkena 2x skill 2 (ingat skill pasif Fanny memberikan tanda/prey marker pada musuh saat terbang, dan bisa di stack 2x), damage ultimate akan meningkat 20%/layer jika terkena musuh yang memiliki prey marker.
  • Saat musuh ada didekat dinding (nempel tembok), kita bisa serang cepat dengan spam skill 2 terus-menerus ketembok tersebut sampai musuh tewas/energi habis.
  • Cara terbaik untuk menguasai Fanny adalah dengan terus rajin berlatih karena butuh percobaan berkali-kali untuk menguasai timing kabelnya terutama saat menyerang musuh, team war, dan dive turret.
  • Rajin-rajinlah tonton video pro Fanny user di YouTube atau live streaming top Fanny player.

Sebagai penutup mungkin video gameplay ini bisa memberi sedikit gambaran cara menggunakan Fanny dengan baik dan benar. Note: ane baru pertama kali main di map yang baru jadi masih agak kagok ngarahin kabelnya. Salam gamers.


Related Posts: