Tutorial, Tips & Cara Belajar Main Chou (Hero Guide Mobile Legends)


Kali ini kita akan membahas tutorial hero kembaran Bruce Lee yaitu Chou, the Kung Fu Boy. Menurut ane hero ini adalah salah satu tanker terbaik dan cukup sering di ban saat draft pick tier legend/GL, karena defense, crowd control, dan skill-skillnya betul-betul rese, apalagi ditangan player yang pro, sudah pasti marksman/mage musuh bakal kena culik berkali-kali. Pertanyaan yang sering ditanyakan player awam yaitu kenapa harus build tank, Chou itukan rolenya fighter? Penyebab utamanya karena damage Chou telah di nerf berkali-kali hingga akhirnya ini hero menjadi tanggung kalau dijadikan fighter (kurang burst damage), lagipula kalau dilihat dari semua skill-skillnya lebih banyak crowd controlnya ketimbang output damage yang dihasilkan, maka dari itu build yang paling cocok untuk hero ini adalah sebagai tanker atau setidaknya semi-tank.

Kelebihan Chou:

  • Crowd control yang sangat gila, skill pasifnya punya efek slow, skill 1 punya 2x efek slow + 1 knock airborne, ultinya punya knock back terjauh + damage. Terlebih cooldown skill 1 nya sangat cepat, sehingga bisa di spam berkali-kali.
  • Mobilitas yang cukup tinggi, walau jarak dash skill 2 nya pendek, tapi cooldown skill ini cukup singkat, dan bisa di refresh dengan skill 1.
  • Sulit dibunuh, rolenya memang fighter tapi Chou punya defense dan pertahanan yang sama tebalnya dengan hero-hero role tank, terlebih skill 2 nya bisa membuat dia immune (kebal) dari semua serangan (ya SEMUA jenis serangan).
  • Kuat disegala phase, Chou adalah salah satu hero yang ideal disemua phase baik diawal (early game), tengah (mid game), maupun akhir pertandingan (late game).
  • Tanker yang punya damage menyakitkan, walau kita build sebagai tank, Chou tetap bisa menghasilkan damage yang lumayan sakit berkat skill pasif, skill 1, dan ulti-nya yang bisa dispam berkali-kali. Belum lagi kalau ditambah build item “Molten Essence” atau “Cursed Helmet”.

Kekurangan Chou:

  • Susah dimainkan, bagi player-player newbie hero ini cukup sulit dikuasai karena semua jenis serangannya jarak dekat, dash skill 2 nya juga sangat pendek, dan cukup sulit mengarahkan skill ultimate nya kearah yang kita inginkan.
  • Combo yang sulit dikuasai namun mudah dipatahkan oleh musuh, salah satu yang menyebabkan hero ini sulit dimainkan adalah cara menggunakan kombo skillnya untuk mendekati (engage) dan menculik hero lawan, terlebih kombinasi ini mudah sekali diganggu oleh hero lawan (terutama Nana).
  • Butuh kerjasama team, namanya juga tanker pasti butuh partner untuk menghabisi lawan yang sudah berhasil kita culik, karena itu pastikan teman kita siap menyerang saat kita ingin melakukan engage/gank dan team fight.

Chou tips item build:


chou tank item build tipsAne masih sering melihat beberapa tanker melakukan kesalahan awam, seperti tim musuh tidak memiliki mage sama sekali (no magic attack) tapi malah beli 2-3 item defence magic, atau sebaliknya musuh ada 3 magic damager tapi malah build full item physical defence. Contoh build diatas adalah beberapa rekomendasi item yang dikondisikan dengan porsi mage pada tim musuh (1 mage, 2 mage, atau tidak ada mage sama sekali), perlu diperhatikan juga tidak semua yang menghasilkan magic damage itu selalu mage, ada juga assassin magic seperti Karina, dan tanker magic seperti Gatotkaca, terkadang ane tidak memperhitungkan mage-mage support seperti Nana, Rafaela, Estes, karena mereka bukan burst damager (tergantung situasi juga).

Intinya coba analisa seberapa kuat output antara magic damage dan physical damage yang akan dihasilkan tim musuh, dan seimbangkan dengan item yang akan kita build sepanjang permainan. Lalu belilah item “Molten Essence” atau “Cursed Helmet” (setelah membeli sepatu) jika kamu ingin menghasilkan damage lebih.

molten essence item mobile legendsMolten Essence berfungsi untuk memberikan magic damage pada musuh disekitar dari 1% max HP setiap detiknya, dan Cursed Helmet memberikan magic damage 1,5% max HP dan defence magic. Ane sendiri biasanya langsung beli Molten Essence setelah beli sepatu (Warrior Boots) dan kalau sudah late game dijual untuk beli item Immortal (build 1 mage).

Battle spell yang paling cocok untuk Chou jelas adalah Flicker.

chou battle spell flicker guide

Karena spell ini sangat fleksibel bisa digunakan untuk kabur/mengejar musuh, dan yang paling penting untuk kombinasi skill-skill engage dan menculik hero lawan. Kalau kurang paham, coba lihat sekilas cuplikan berikut:

 

Untuk emblem kita bisa gunakan Physical atau Tank emblem.

Chou adalah salah satu hero yang kuat melawan semua jenis musuh/hero lawan, namun tetap ada kelemahannya, Chou cukup lemah melawan beberapa hero berikut:

  • Nana –> skill 2 Nana sulit dihindari dan sangat mudah mematahkan kombinasi Chou.
  • Karrie –> emang semua tanker pasti lemah sama hero yang satu ini.
  • Aurora –> efek freeze-nya bikin kombo chou gagal dan sering mati saat nge-dive tower.
  • Harley –> hero yang sangat lincah, sehingga sangat sulit diciduk/diculik oleh Chou.

Kombinasi skill untuk menculik hero lawan:

  • Skill 1 (2x) –> skill 2 (mendekati hero sasaran) –> skill 1 (stun target) –> bergerak kebelakang lawan, lalu skill 3.
  • Skill 1 (2x) –> skill 2 (mendekati hero sasaran) –> skill 1 (stun target)–> skill 2 (bergerak kebelakang lawan) –> skill 3.

Kombinasi skill dengan flicker:

  • Skill 1 (2x) –> flicker (mendekati hero sasaran) –> skill 1 (stun target) –> bergerak kebelakang lawan, lalu skill 3.
  • Skill 1 (2x) –> skill 2 (mendekati hero sasaran) –> flicker (mendekati hero sasaran) –> skill 1 (stun target) –> bergerak kebelakang lawan, lalu skill 3.
  • Skill 1 (2x) –> flicker (mendekati hero sasaran) –> skill 1 (stun target) –> skill 2 (bergerak kebelakang lawan) –> skill 3.
  • Skill 1 (2x) –> skill 2 (mendekati hero sasaran) –> flicker (mendekati hero sasaran) –> skill 1 (stun target) –> skill 2 (bergerak kebelakang lawan) –> skill 3.

Tips & trik hero guide Chou:

  • Selalu pastikan “Hero Lock Mode” on. Tujuannya supaya kita ga ulti tank atau hero yang salah.
  • Saat farming/ngutan jangan mukul monster diam ditempat, selalu bergerak kiri-kanan atau muter-muter (inget skill pasif muncul setiap jalan 8 langkah). Berlaku juga saat gebuk tower, minion dan hero.
  • Saat mengejar hero musuh yang kabur, jangan langsung spam skill 1 3x, tapi coba gunakan skill 1 lalu diselingi 2 basic attack, jadi skill 1 (slow) –> 2x basic attack –> skill 1 (slow) –> 2x basic attack –> skill 1 (knock airborne).
  • Pastiin partner kita tahu kalau kita sedang mau engage (meluncurkan kombinasi untuk menculik hero lawan), gunakan komunikasi instant voice seperti “launch attack” atau “request gather”.
  • Ingat skill 2 bisa membuat kita immune (kebal) dari semua serangan termasuk turret, belajar memposisikan timing yang tepat untuk menghindari serangan-serangan musuh.
  • Rajin-rajinlah tonton video pro Chou user di YouTube atau live streaming top Chou player.

Sebagai penutup mungkin video gameplay ini bisa sedikit memberi gambaran cara menggunakan Chou sebagai tanker yang baik dan benar. Note: ane bukan Chou user jadi maklum ya mainnya biasa-biasa aja. Salam gamers.


Related Post: