Tutorial, Tips & Cara Belajar Main Alice (Hero Guide Mobile Legends)


Kali ini kita akan belajar tutorial cara main hero mage yang cukup OP namun jarang kita temukan dalam permainan karena kurang begitu populer sejak kemunculan mage-mage baru seperti Odette, Zhask, dan Fasha, yaitu Queen of the Apocalypse – Alice. Memang Alice adalah hero yang underrated (sering dianggap remeh), padahal ia adalah salah satu hero mage tersulit dan akan sangat kuat jika digunakan oleh player yang handal.

Alice adalah mage favorit ane karena gameplaynya yang unik dan dibutuhkan skill yang baik untuk bisa menguasai hero yang satu ini, berbeda dengan hero-hero mage yang biasanya menyerang dari jarak jauh dan main aman (cenderung mudah dimainkan), Alice justru harus mendekatkan diri (engage) dengan tim lawan dan menyerang dari jarak dekat, jika salah perhitungan saat menyerang sudah pasti akan mati dalam sekejap dan jadi feeder. Maka dari itu mari kita pelajari kelebihan kekurangan Alice dan bagaimana cara memainkannya dengan baik & benar.

Kelebihan Alice:

  • Skill poke yang sangat bagus, skill 1 Alice memiliki range yang cukup jauh dan damagenya lumayan tinggi, skill ini adalah senjata utama Alice, sangat berguna untuk poking (mencicil darah) musuh sepanjang permainan, serta sangat bagus untuk push dan defense tower.
  • Kemampuan teleportasi serba guna, skill 1 nya selain berguna untuk menyerang juga bisa digunakan untuk teleport, membuatnya bisa berpindah tempat dalam sekejap. Skill teleport ini sangat berguna untuk engage (menyerang dengan tiba-tiba), mengecoh dan kabur dari kejaran musuh, serta positioning (mengambil posisi yang pas) dalam pertarungan.
  • Hero mage CC yang baik, skill 2 nya punya efek stun + slow (area) sehingga sangat cocok digunakan saat war/teamfight dan terlebih cooldown skill ini cukup singkat.
  • Burst damage massal yang tinggi, skill ultimate Alice memiliki burst damage area yang sangat tinggi, membuatnya menjadi hero war 5 vs 5 yang sangat baik, jika kita build item spell vamp (lifesteal magic) pada hero ini maka ia bisa menjadi immortal (sangat sulit dibunuh).
  • Hero mage semi tanker (darah tebal), untuk membantu survavibilitas saat menyerang dari jarak dekat, Alice memiliki skill pasif yang membuat darah/HP nya sangat tinggi, setiap kali ada minion yang mati didekatnya ia bisa mengambil gumpalan darah untuk menambah HP nya secara permanen, tidak heran pada phase late game Alice bisa memiliki darah/HP sampai 10.000 membuatnya menjadi mage dengan darah paling tebal dibanding hero-hero mage lainnya.

Kekurangan Alice:

  • Sangat bergantung pada skill, mage ini sangat penuh resiko dan cenderung rentan saat menyerang, karena itu skill/kemampuan playernya sangat diperlukan supaya tidak mati konyol saat menyerang.
  • Cukup bergantung pada tanker, kita tidak bisa sembarangan melancarkan serangan ultimate ditengah-tengah tim lawan, kita perlu mengambil posisi dan waktu yang tepat saat menyerang, pastikan kita memiliki tank/fighter yang bisa membackup dalam war 5 vs 5.
  • Sangat bergantun pada item, khususnya item spell vamp, karena tanpa item lifesteal Alice akan sangat gampang mati terciduk ditengah-tengah musuh saat mengeluarkan skill ultinya.

Alice tips item build:

tips item build hero alice

  • Item spell vamp (Concentrated Energy) adalah core item Alice dan wajib kamu beli pada early-mid game, sebaiknya tunggu item ini jadi baru kita bisa gunakan skill 3 (ulti) dengan aman ditengah-tengah musuh saat 4 vs 4 atau 5 vs 5.
  • Build item baris pertama adalah yang paling standar dan cukup recommended untuk kamu yang baru menggunakan hero ini, dengan build ini kita akan mendapat banyak HP dan magic damage yang tinggi. Nantinya kamu bisa kustomisasi build item sesuai dengan gameplay/cara mainmu sendiri.
  • Ane pribadi menggunakan item build baris kedua, ane hanya fokus pada high magic damage supaya efek lifesteal juga semakin tinggi dan kita bisa bertahan lebih baik saat teamfight.
  • Item terakhir bisa kita ganti Necklace of Durance jika pada musuh terdapat hero healer (Rafaela/Estes) dan hero dengan lifesteal tinggi seperti Zilong, Fanny, Roger, Alucard, dll.

Battle spell yang paling cocok untuk Alice adalah Flicker dan Petrify.

chou battle spell flicker guide

Gunakan Flicker untuk ekstra mobilitas, sangat berguna untuk kabur dari serangan musuh termasuk mengejar lawan yang berusaha kabur dari serangan ultimate Alice, ane sendiri lebih prefer menggunakan spell ini karena sangat fleksibel dan serba guna dalam segala keadaan.

battle spell petrify saberGunakan Petrify untuk kombinasi dengan skill ulti dan crowd control yang lebih baik dalam tim war, spell ini sangat berguna untuk memaksimalkan damage skill 3 dan sangat membantu tim saat 5 vs 5 (ekstra CC).

Untuk emblem kita bisa gunakan Magic atau Magic Assassin emblem.

Alice sangat bagus untuk melawan hero-hero berikut:

  • Karina
  • Natalia
  • Gord
  • Zhask
  • Layla

Alice cukup lemah melawan beberapa hero berikut:

  • Fanny
  • Kagura
  • Harley
  • Odette
  • Irithel
  • Diggie

Kombinasi skill:

Pertama gunakan skill 1 untuk menyerang musuh sambil mendekatkan diri (engage), lalu gunakan skill 2 dan ultimate, setelah itu gunakan skill 1 lagi untuk menyerang/kabur dari musuh (tergantung keadaan).

Skill 1 –> Skill 1 (engage) –> Skill 2 –> Skill 3 –> Skill 1 (escape/attack).

Contohnya seperti cuplikan berikut:

kombinasi skill alice mobile legends

Ane biasanya menggunakan skill 3 dulu baru skill 2 (tergantung situasinya), karena dengan menggunakan skill ulti telebih dahulu kemungkinan musuh kabur/lolos dari damage ultimate semakin kecil.

Skill 1 bisa kita gunakan untuk teleport melewati (bypass) turret musuh, jadi kalau kamu melihat ada lawan yang sekarat dan kabur dibelakang tower, kita bisa mengejarnya dengan teleport tanpa harus takut terkena hit tower, contohnya seperti berikut:

cara main menggunakan mage alice

Tips & trik hero guide Alice:

  • Selalu spam skill 1 sepanjang permainan baik untuk farming, poke musuh, push dan def tower, termasuk untuk jalan/berpindah lane.
  • Jangan bermain agresif sebelum item lifesteal/spell vamp jadi, karena tanpa item ini Alice mudah sekali mati saat dikeroyok tim lawan, usahakan hanya menyerang ditengah-tengah tim lawan saat situasinya aman atau musuhnya hanya sedikit (2-3 hero).
  • Belajar memposisikan diri dengan baik, positioning adalah kunci paling penting dalam memainkan Alice, selalu jaga jarak aman dengan hero lawan, cicil darah musuh perlahan-lahan dengan skill 1, gunakan skill 2 untuk membantu tim mengejar hero lawan yang berusaha kabur, dan jangan ragu gunakan ultimate ditengah musuh saat tank/fighter sedang engage.
  • Skill 1 (teleport) bisa kita gunakan untuk menembus tembok dan menggocek musuh yang berusaha mengejar kita, manfaatkan kemampuan ini baik untuk serangan mendadak (surprise attack) atau kabur dari gank lawan saat selesai melancarkan serangan ultimate.
  • Rajin-rajinlah tonton video pro Alice user di YouTube atau live streaming top Alice player.

Sebagai penutup semoga video gameplay ini bisa memberi sedikit gambaran cara menggunakan Alice dengan baik dan benar. Note: Perhatikanlah bagaimana cara ane memposisikan diri sepanjang permainan, kapan ane engage dan menyerang, akhir kata semoga tutorial ini bermanfaat. Salam gamers.


Related Post: