Tips & Cara Solo Ranked Dari Warrior – Glorious Legend (Mobile Legends)


Belakangan ini lagi hype banget game MOBA di Indonesia, kalau ngomongin game MOBA (multiplayer online battle arena) pasti game satu ini langsung muncul dipikiran kita yaitu Mobile Legends. Kita semua pasti seenggaknya pernah denger game ini mulai dari anak-anak sampe orang dewasa semuanya main game ini, nah ada 1 masalah nih yang paling sering kita denger dikomplain dan dikeluhkan sama para player/gamer di Indonesia, yaitu cara naikin tier (ranking) sendirian atau tepatnya gimana caranya kita bisa solo ranked dari bawah (Warrior – Elite – Master) sampai ke rank yang lebih tinggi (GM – Epic – Legend / Glorious Legend) tanpa bantuan teman/squad.

Ane sendiri suka banget main ML (Mobile Legends), sekedar info guys ane sudah 3x mencapai rank Legend sendirian (solo ranked), walaupun beberapa kali ada juga yang mabar (main bareng temen/squad), tapi seengganya 90% hasil ranked itu dari main sendiri (solo queue). Buat yang mau mabar atau sekedar berteman bisa add char Mobile Legends ane dibawah ini:

tips solo ranked mobacara naikin rank tier mobile legendsmobile legends indonesiaNote: ini char kedua ane, makanya win rate nya tinggi dan bisa rank 1 lokal walau tiernya masih Legend bintang 1, ane mencapai Glorious Legend ini (dari Warrior) dalam waktu seminggu sendirian (100% solo) murni tanpa bantuan teman/squad, makanya disini ane mau coba berbagi/sharing tips-tips yang mungkin akan berguna buat agan-agan menuju Legend.

Penyebab utama kita sering kalah main ranked sendirian itu bukan karena kitanya cupu/ga bisa main atau musuhnya terlalu jago, tapi alasan terbesar kita sering kalah di ranked kalo main sendiri itu karena sebagian besar pasti dapet team yang jelek alias bad teammate. Antara mereka suka afk, feeder, pick hero sesuka hati, atau yang paling parah banyak bacot/ngomel ga jelas dan bikin suasana tim tambah kacau. Makanya untuk memperkecil kemungkinan kalah, coba praktekkin beberapa tips berikut:


1. Seimbangkan komposisi hero

Main sama orang random pastinya bakal ketemu sama orang yang cenderung self-center atau mau jadi carry/MVP sendiri, mereka ini biasanya langsung pick hero ADC kaya marksman atau assassin kaya Karina, yang lebih parah masih ada aja yang pick hero marksman padahal udah ada MM yang di lock sebelumnya sama timnya, main solo ranked hampir 90% pasti kita bakal sering denger “we need a tank” di spam berkali-kali sama tim kita.

Kita sebagai tim harus mau ngalah, kalau agan udah liat timnya pake MM jangan maksain pake marksman sejago apapun ente, komposisi itu segalanya untuk game macam MOBA begini, komposisi yang bagus menentukan 90% kemenangan, contoh komposisi yang bagus itu:

  • 1 tank, 1 mm, 1 fighter, 1 assassin, 1 mage
  • 2 tank, 1 mm, 1 mage, 1 assassin/fighter
  • 1 tank, 1 mm, 2 mage (1 CC, 1 burst damage), 1 assassin/fighter

Makanya sebagai player setidaknya kuasai 1 hero tank, 1 hero marksman, dan 1 hero fighter/assassin/mage, terutama marksman, mm yang cacat bisa dipastikan bakal 80% membawa kekalahan di late game nanti, dari semua role hero yang ada, beban marksman biasanya yang paling berat, karena di akhir/late game, kualitas mm yang bakal jadi penentu kemenangan, tentu role tank dan lainnya juga berpengaruh, tapi berdasarkan pengalaman ane tim kita pasti bakal kalah kalo dapet mm yang cacat karena ketinggalan level/gold dengan mm musuh.

Tips untuk mm diawal game langsung beli item jungle (Hunter’s Knife – 250 gold), masih banyak player yang ga aware sama hal simpel kaya gini (padahal udah ada tutorial jungle), fungsi item ini untuk ngasih damage lebih ke monster (biar farming lebih cepet) dan dapet ekstra exp (naik level lebih cepet), untuk hero-hero hard carry macam MM, fighter, dan assassin item ini WAJIB dibeli pertama kali, dan coba lihat kondisinya kalau musuh cenderung kalem (kurang agresif push tower) maka ga ada salahnya beli item jungle level kedua bahkan ketiga. Kadang ane juga pake item ini untuk mage-mage yang ngutannya cepet seperti Gord dan Harley.

Tips tambahan, jangan lupa untuk beli item Deadly Blade (physical hero) atau Necklace of Durance (mage) kalau lawan agan terdapat healer seperti Estes/Rafaela, kadang ane juga build Deadly Blade kalau ketemu Alucard karena lifesteal Alucard itu gila banget, nah item ini juga bisa bikin efek healing termasuk lifesteal drop jadi 50%/setengahnya.

2. Selalu pick best hero yang agan kuasai

Jangan coba-coba di ranked (kecuali agan emang mau kehilangan bintang), karena semua player disini pasti main menggunakan hero terbaik yang mereka kuasai, jangan iseng/coba-coba build item baru ditengah permainan, atau lebih parah lagi make hero yang sebelumnya ga pernah dipake (apalagi kalau heronya sulit kaya Fanny/Kagura = calon feeder = auto lose), dan kalo bisa hindari beberapa hero yang kurang OP, walaupun game MOBA idealnya balance/seimbang, tapi kenyataannya ada beberapa hero yang cenderung lemah/weak dan jarang banget kita temukan di ranked mode, beberapa hero yang kurang balance seperti:

  • Sun (sejauh ini masih dianggap worst hero/hero terburuk karena skill clone nya hampir ga ada gunanya)
  • Alpha (sudah sering di nerf berkali-kali, pihak ML pun mengatakan ini hero jarang di pick, makanya sedikit di buff pada update terakhir)
  • Ruby (sangat-sangat bergantung pada kerja sama tim, Ruby tanpa teamwork = sampah)

Sebaliknya, coba kuasai/pilih hero yang memang OP/kuat, pasti kita juga sering lihat hero ini di pick/diperebutkan dalam draft mode seperti:

  • Karrie (hero “tank killer” paling sering di ban alias auto banned hero)
  • Hayabusa & Karina
  • Aurora & Cyclops
  • Chou, Zilong & Roger

3. Jangan sembarangan ambil boost

Di Mobile Legends ada 2 monster hutan yang spesial yaitu Spinner (blue boost) dan Reaper (red boost), sekilas info blue boost berguna untuk ngurangin cooldown skill 20% dan yang paling penting mengurangi konsumsi mana 50% dan konsumsi energi (Fanny) 20%. Sedangkan red boost berguna untuk nambahin movement speed dan physical/magic damage.

Idealnya hero yang harus diprioritaskan untuk ngambil blue boost adalah:

  1. Fanny, bagi Fanny blue boost is everything, energi Fanny ga bisa dibantu dengan item apapun, karena itu ini hero sangat amat bergantung sama blue boost.
  2. Hayabusa, untuk spam semua skill terutama skill 1.
  3. Saber, untuk spam skill 1.
  4. Karina, untuk spam skill 1 & 2.
  5. Semua jenis mage, terutama mage yang boros mana seperti Vexana, cuma untungnya mage masih bisa kebantu sama item-item magic yang ngurangin cooldown dan nambah regenerasi mana, karena itu kita harus prioritaskan assassin diatas terlebih dahulu.

Hero yang jangan pernah ngambil/nyolong blue boost dari tim:

  • Tank
  • Fighter dan marksman yang ga boros mana/kurang perlu spam skill
  • Hero yang ga pake sistem mana seperti Alucard, Lapu-lapu, Chou, dll

Selanjutnya hero yang idealnya harus diprioritaskan untuk ngambil red boost adalah:

  1. Semua hero marksman, karena mereka perlu ngutan/farming lebih cepet
  2. Assassin/fighter hard carry seperti Karina, Zilong, Roger (hero-hero burst damage)

Untuk tank jangan pernah ngambil red boost karena fungsi tank adalah untuk CC (crowd control) dan defense, bukan menghasilkan damage, sesekali mage boleh ngambil red boost kalau memang damage dealernya lagi pada mati/ga sempet ngambil red boost.

Note: sekarang monster red & blue buff memiliki efek yang sama, efek buff disesuaikan dengan masing-masing role dari hero yang mengambilnya, namun prioritas hero diatas kurang lebih tetaplah sama.

4. Jangan banyak bacot/ngomong kalau memang ga perlu

Namanya main game apalagi Mobile Legends pasti bakal suka emosi/labil dan akhirnya keluar kata-kata yang bikin suasana runyam, kalau tim kita cacat jangan pernah dibacotin separah apapun mainnya, berdasarkan pengalaman ane orang yang dibacotin begini bakal NGAMBEK dan akhirnya AFK (note: SENGAJA AFK).

Kita ga perlu jadi bocah yang emosional cuma karena game seperti ini, it’s just a game bro, kesel boleh tapi ga perlu dilampiaskan saat lagi main karena cuma akan merusak/memperburuk keadaan, yang sering ane lihat hanya karena keluar kata-kata “noobs”, “feeder”, “tolol bisa main ga”, malah akhirnya jadi saling bacot-bacotan sama tim sendiri dan malah fokus nge-chat bukannya main.

Emang ngeselin kalo kita main udah bener, tau-tau dapet tim/temen cacat apalagi AFK dan feeder, tapi kadang kita sendiri juga pasti pernah salah dan cacat mainnya, dalam kondisi seperti itu apa kita mau dibacotin sama tim sendiri? Kalau emang kita dapet tim yang cacat contoh kalau marksman tim kita masih terus ngutan padahal tower lagi diserang, kita bisa chat/komunikasi untuk defense tower, minta mereka baik-baik untuk jangan ngutan saat tower diserang, kalau kelakuannya ga berubah, ya terpaksa harus diterima dan move on, tetaplah main sebaik mungkin.

Selalu perhatikan juga mini map dikiri atas, kalau emang temen lagi kesusahan (kalah push) bantulah, banyak player yang masa bodo sama hal kaya begini, kalau mm lagi sekarat sebagai tank kita harus lindungin bahkan kalau perlu berkorban (lebih baik tank yang mati daripada mm karena marksman harus konsisten ngutan/farming sampai item core nya jadi), sialnya main sendiri tim kita kadang cuma mentingin kondisi dirinya sendiri, kurang aware sama map, ga liat kondisi tim yang lagi kalah, dan yang paling parah suka ada player “MVP wannabe” macam Zilong/Natalia yang push tower sendirian padahal tim lagi war atau turret lagi diserang, memang dalam kondisi tertentu bisa berhasil (tergantung situasi) namun yang sering ane lihat player macam gini bakal jadi feeder ujung-ujungnya (mati terciduk berkali-kali).

5. Never surrender

Ini adalah alasan kalah yang paling konyol di Mobile Legends, surrender di ranked mode cuma karena tim pake hero yang mau kita pake, atau komposisi hero berantakan, atau ada tim yang afk/feeding ditengah permainan. Ane sudah sering mengalami kondisi kaya gini, tim minta surrender cuma karena kalah level/gold (padahal masih bisa ditahan dan dikejar saat late game), atau komposisi tim berantakan (contoh mm ada 2), atau ada 1 player yang AFK, toh ane sudah sering epic comeback dari situasi tersebut, apapun alasannya jangan pernah menyerah/surrender di ranked mode seburuk apapun situasinya.

Ane pernah mengalami kondisi hampir kalah, semua tower ketiga (top, mid, bot) sudah hancur, deficit kill dengan tim musuh sampai 20 lebih, dan tim udah minta surrender, tapi ane tetap reject dan ada 1 temen tim yang juga reject, untungnya di menit-menit terakhir marksman musuh AFK, dan tim kita berhasil menang (epic comeback) dengan satu serangan balik (di late game respawn hero bisa sampai 60 detik, makanya jangan pernah surrender di late game karena apapun bisa terjadi).

Intinya adalah lebih baik tetap bermain sampai akhir walaupun kalah, kecuali kalau memang keadaannya sudah sangat sial seperti 2-3 temen AFK dari awal (auto lose situation), karena selama kita belum menyerah, kemungkinan menang masih ada.



Itulah cara-cara dan tips yang bisa saya bagikan berdasarkan pengalaman saya selama bermain solo ranked di Mobile Legends, memang belum tentu benar dan tidak 100% bisa dijadikan panutan, karena saya sendiri juga masih ada cacatnya dan tentu masih banyak banget player yang lebih jago lagi.

Karena itu cobalah belajar dari tutorial/video di YouTube tentang Mobile Legends, pahami dan kuasai hero yang ada sebaik mungkin, dan pada akhirnya memang main ranked di Mobile Legends itu lebih baik bareng sama teman/squad karena koordinasi tim yang lebih baik pastinya akan membawa kemenangan, ingat ini game MOBA (multiplayer), ini game tentang kerja sama dan keseimbangan antar role, bukan untuk jadi MVP atau banyak-banyakan kill, akhir kata semoga tips ini bermanfaat. Salam gamers.


Related Posts: