Tips Mencari Paket / Jasa SEO Murah Bergaransi dan Terpercaya


Apakah bisnis Anda sedang memerlukan jasa SEO untuk bisa masuk ke halaman pertama Google? Apakah Anda sedang ingin mencari paket SEO yang murah? Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan jasa ahli/pakar SEO cobalah untuk pertimbangkan hal-hal yang akan saya bagikan pada artikel ini.

Saya sendiri adalah seorang penjual jasa SEO yang sudah melayani berbagai jenis permintaan klien mulai dari on page SEO, off page SEO, sponsored post, serta bermacam-macam link building. Saya juga pernah bekerja diperusahaan digital marketing (digital agency) sebagai SEO specialist dan mengerjakan beberapa projek SEO termasuk SEM (search engine marketing / AdWords).

Dari pengalaman saya selama bekerja, ternyata masih banyak orang yang tidak begitu paham mengenai SEO, ironisnya mereka-mereka yang mengaku “pakar SEO” atau “growth hacker” masih sering melakukan teknik-teknik yang kadaluarsa dan salah, bahkan tidak jarang marketer tersebut melakukan teknik-teknik black hat SEO dan spam link building (mencari backlink dengan cara yang salah).

Saya tidak akan panjang lebar menjelaskan kepada Anda apa itu SEO, disini saya akan memberikan tips bagaimana cara mencari/menemukan penyedia jasa SEO yang sesuai dengan kebutuhan Anda.


Pertama jangan terlalu percaya dengan kata-kata SEO bergaransi.

Sebenarnya pihak penyedia jasa SEO yang baik tidak akan pernah memberikan garansi website Anda pasti masuk ke halaman pertama (toh mereka bukan Google, bagaimana mereka bisa menjamin ranking?), kebanyakan garansi yang dimaksud disini adalah garansi uang kembali (jadi kalau situs Anda tidak masuk halaman pertama mereka akan mengembalikan uang Anda), masalahnya dari apa yang saya temukan rata-rata mereka yang berani memberi garansi ini cenderung melakukan teknik link building yang salah dan beresiko penalti dimasa depan.

Beberapa teknik link building yang salah dan harus Anda hindari:

  • Membeli link (paid link), menggunakan jasa/software backlink, dan bertukar link dengan orang lain.
  • Melakukan spam link seperti komentar diblog (blogwalking massal), forum, Facebook group, sosial bookmark dan guest blogging massal.
  • Membangun private blog network (PBN).

Tidak jarang saya menemukan beberapa digital agensi yang menggunakan private blog network untuk mendongkrak peringkat SEO kliennya, PBN disini artinya mereka membuat dan mengelola beberapa blog/microsite (bisa 10 atau lebih) yang memiliki niche beragam namun hanya difungsikan sebagai ladang backlink ke website utama mereka (situs klien).

Bisa dikatakan digital agensipun masih sering menggunakan cara-cara hitam untuk memajukan bisnis SEOnya, walaupun PBN ini lebih sulit terdeteksi (karena dibuat seolah seperti blog biasa yang diurus dengan baik), namun Google secara aktif menghukum jaringan blog seperti ini. Google semakin hari semakin pintar, bagi saya hanya ada 2 jenis teknik black hat SEO yaitu teknik black hat yang sudah ketahuan dan teknik black hat yang masih belum (akan) ketahuan. Untuk jangka panjang tentu lebih baik kita bermain dengan teknik white hat SEO yang aman dan benar.

Kenali ciri-ciri SEO yang baik.

Pakar SEO yang baik akan lebih menekankan pada SEO on page (membangun struktur website yang baik) dan content marketing (distribusi konten) ketimbang hanya sekedar mencari backlink. Kenyataannya banyak bisnis/agensi yang mengaku sebagai penyedia SEO yang kerjaannya hanya menjual backlink. Lebih buruk lagi backlink ini kualitasnya sangat rendah dan cenderung spam.

Lucunya adalah semua penjual backlink ini sebenarnya sadar bahwa link mereka berpotensi membawa resiko (black hat) tapi jelas mereka tidak akan memberitahu resikonya kepada anda karena bisa menurunkan penjualan mereka. Jadi berhati-hatilah dengan penyedia jasa SEO yang hanya bisa memberikan banyak backlink secara tidak natural.

Penjual jasa SEO yang baik tidak akan fokus pada mencari backlink, melainkan pada optimasi keseluruhan website Anda, mulai dari navigasi website, tampilan dan engagement visitor, kualitas/struktur halaman, pembuatan konten, serta teknik-teknik marketing yang natural (konten marketing). Jadi yang mereka lakukan adalah membangun value untuk website Anda sehingga orang lain bersedia memberikan backlink secara murni dan tentunya jauh lebih berkualitas. Maka dari itu jangan mencari penyedia SEO yang hanya bisa menjual link, melainkan mereka yang menyediakan jasa konten marketing atau biasa lebih dikenal sebagai inbound marketing.

Content is king.

Terkadang cara terbaik untuk mendapatkan backlink justru bukan dengan fokus mencari link, melainkan fokus pada konten yang Anda ciptakan untuk pengguna (the best link building is no link building). Mungkin kita semua sudah muak mendengar kata “content is king”, kita semua tahu konten adalah raja namun tetap saja tanpa adanya backlink akan sulit untuk mendapatkan ranking. “Terkadang kita ujung-ujungnya harus melakukan spam untuk bisa mendapat ranking, sebab kompetitor kita melakukannya dan mereka akan menang kalau kita tidak ikut melakukan spamming bukan?” Biasanya ada 2 hal yang membuat Anda memiliki mindset seperti itu:

  1. Anda malas atau tidak bisa membuat konten yang berkualitas
  2. Anda tidak mau membangun/mendapatkan backlink secara natural dan ingin cepat menang

Daripada pusing cepat-cepatan mendapatkan ranking, bingung antara teknik SEO black or white, jauh lebih penting Anda fokus pada:

  • Perencanaan keyword yang strategis, gunakan keyword planner dan tools-tools Google sebaik mungkin.
  • Membuat konten seoriginal mungkin (Google sangat menyukai konten yang berupa share opini dan pengalaman karena isinya unik dan kaya akan informasi).
  • Fokus pada on page situs Anda seperti kecepatan website, navigasi yang simpel/intuitif, dan internal link yang baik.
  • Fokus membangun value pada website Anda sehingga bisa mendapatkan backlink berkualitas, jadilah senatural mungkin dengan pembuatan konten dan marketing yang Anda lakukan.

Ironisnya terkadang para pakar/guru SEO dan inbound marketer pun (yang biasa sering mengajarkan kita mencari backlink secara natural) masih saja berusaha mencari celah dengan teknik-teknik link building yang bisa dikatakan ada diranah abu-abu (grey hat SEO), contohnya seperti private blog network yang dikontrol secara hati-hati, mereka akan membangun blog yang nichenya relevan dengan topik klien mereka lalu memberikan backlink didalam sebuah konten/artikel yang disiapkan dengan matang (jadi seperti konten marketing biasa).

Yang saya sayangkan dari dunia SEO khususnya di Indonesia adalah banyak praktisi yang tidak peduli dengan value yang mereka berikan kepada user, seolah mereka tidak punya perasaan/feeling lagi untuk benar-benar membantu visitor (memberikan konten yang bermanfaat), yang mereka pedulikan hanyalah ranking, backlink, bagaimana bisa masuk halaman pertama, dan mengalahkan kompetitor yang ada.

Akhir kata yang ingin saya sampaikan adalah SEO bukanlah segala-galanya, masuk halaman pertama bukanlah hal yang paling penting, apa yang jauh lebih penting adalah user, apa yang bisnis/konten Anda bisa berikan kepada user. Pada akhirnya good product & content will speak for itself, fokuslah pada kualitas, jika Anda ingin mencari penyedia jasa SEO yang terpercaya maka carilah mereka yang memahami dengan baik konsep dan nilai-nilai ini, carilah mereka yang bisa menghargai pentingnya isi sebuah konten dan teknik-teknik marketing secara alami (white hat).


Related Posts: