Tips Item Build Terbaik Fanny & Cara Menghemat Energi (Trik Kabel)


Kali ini kita akan menganalisa secara mendalam apa build item yang paling cocok untuk Fanny dan bagaimana cara untuk menghemat konsumsi mana/energi dengan trik dan cara main yang simpel. Terkadang ada juga beberapa player Fanny termasuk pro/top user yang menggunakan item lifesteal (Haas’s Claws atau Endless Battle) saat menggunakan Fanny, ada yang build full/semi tank, bahkan ada yang menggunakan sepatu (Fanny jalan kaki), semua tergantung dari cara main dan gameplay masing-masing player, namun disini ane akan bahas build Fanny dengan gameplay yang normal pada umumnya.

Pertama kita perlu pahami beberapa karakteristik gameplay Fanny berikut:

  • Fanny menggunakan sistem energi dan tidak ada item/build apapun yang bisa membantu regenerasi pemakaian energinya.
  • Fanny mengandalkan skill 2 (steel cable) untuk berpindah lane, jadi kita akan lebih sering menggunakan kabel untuk pindah tempat ketimbang jalan kaki, sehingga kita tidak perlu membeli item sepatu/boots.
  • Dalam menyerang kita akan lebih mengandalkan skill (Tornado Strike) ketimbang basic attack, jadi tidak perlu build attack speed, kritikal, dan movement speed. Kita hanya perlu fokus pada memaksimalkan physical damage setinggi-tingginya karena damage skill ini diambil dari status physical attack kita.
  • Fanny termasuk hero assassin yang sangat lembek, rentan sekali pada skill CC dan mudah dihabisi carry lawan dalam sekejap terutama saat late game.
  • Kalau melihat semua ciri diatas maka build item terbaik untuk Fanny adalah physical damage dan item defence (physic/magic).

Berikut ini tips item build terbaik untuk Fanny (versi ane):

build item fanny terbaik hemat energi kabel

  • Bloodlust Axe akan memberikan lifesteal skill sehingga sudah pasti wajib beli pertama kali.
  • Rose Gold Meteor akan memberikan ekstra HP disaat kritis, sangat berguna untuk membantu Fanny bertahan hidup disaat darahnya tinggal sedikit.
  • Blade of 7 Seas akan memberikan ekstra damage menggunakan skill (mengurangi defense armor lawan), sangat cocok untuk hero assassin melawan tank dan hero-hero tebal lainnya.
  • Malefic Roar berguna untuk physical penetration, sangat efektif untuk melawan tanker dan juga push turret secepat mungkin.
  • Immortality juga sangat berguna untuk memberikan second chance pada saat kita mati, mengingat Fanny sangat gampang kabur/escape maka ia bisa dengan cepat melarikan diri saat hidup kembali.
  • Bloodlust Axe, Rose Gold Meteor (Magic Blade) dan Immortality adalah 3 item yang wajib dibeli oleh user Fanny karena sangat-sangat berguna dan sesuai dengan karakteristik gameplaynya.
  • Build item baris pertama adalah yang paling ideal untuk berbagai situasi menurut ane, karena kita punya damage yang tinggi dan ekstra pertahanan yang cukup kuat.
  • Build baris kedua adalah full damage, cocok kalau tim lawan terdapat banyak tank dan kita ingin main burst damage dengan agresif.
  • Build baris ketiga adalah build semi tank, ini bisa kita gunakan kalau pada tim lawan terdapat banyak hero crowd control, kita perlu sedikit item defence supaya bisa survive saat terkena stun/disable sesaat, selain itu perhatikan juga apakah musuh memiliki burst damage physic atau magic, karena kita harus sesuaikan item defense yang kita pakai dengan atribut serangan musuh.

Berikutnya adalah tips dan cara menghemat energi Fanny dalam permainan, setelah beberapa nerf dan penyesuaian pada update terakhir, kita tidak bisa lagi menggunakan Fanny seperti dulu yang asal main spam kabel dan ngeluarin 4-10 kabel sembarangan, untuk menghemat konsumsi energy supaya tidak boros kita perlu main dengan lebih simpel, beberapa triknya yaitu:

  • Selalu pastikan untuk mendapatkan buff karena hanya inilah satu-satunya cara untuk menghemat konsumsi energi Fanny dalam game, Fanny adalah prioritas hero nomor 1 untuk mendapatkan buff, jadi cobalah untuk selalu mengambil buff sepanjang permainan.
  • Jangan gunakan trik multiple cable atau melancarkan lebih dari 2 kabel hanya untuk berpindah tempat, memang kelihatannya keren, tapi hal ini sama sekali tidak ada gunanya, gunakan saja 1 atau 2 kabel untuk laning (berpindah lane) karena penggunaan lebih dari 2 kabel akan cepat menghabisan energi. Jika energi sudah berada di 50-60% sebaiknya simpan saja energi tersebut dan jalan kaki daripada kita cepat sampai tujuan tapi malah ga punya energi untuk melawan musuh yang ada.
  • Kita tidak bisa melakukan wall spam (spam kabel berkali-kali dengan cepat ketembok) karena energinya tidak akan regen kalau kita mengeluarkan Tornado Strike terlalu cepat, berikan delay setidaknya setengah detik baru lancarkan serangan kembali, kecuali kondisinya musuh sudah mau mati barulah kita boleh spam secepat mungkin.
  • Untuk bisa mendapatkan regen energi saat menyerang kita perlu gunakan skill 2 dan mengenai target hero terlebih dahulu, jadi jangan langsung gunakan skill ultimate atau skill 1 untuk engage/menyerang, selalu pastikan musuh mendapatkan mark dari skill 2 (kalau bisa 2 mark) barulah kita bisa bantu dengan skill 3 dan skill 1.
  • Saat teamfight/tim war, cobalah untuk mengenai sebanyak-banyaknya hero lawan dengan sekali terbang, semakin banyak musuh yang terkena Tornado Strike kita, semakin banyak energi yang akan kita dapat, dan dengannya kita bisa lebih mendominasi permainan.
  • Ingat sekarang kita bisa mendapatkan ekstra regen energi di base, jadi kalau mana/energy sedang kosong habis total, tidak ada salahnya balik ke base dan isi energi, karena kita bisa cepat kembali lagi push lane hanya dengan beberapa kabel.

Semoga video dibawah ini bisa memberi sedikit gambaran bagaimana cara main menggunakan Fanny dengan build yang tepat, ini adalah gameplay Fanny terbaru menggunakan build item pada baris pertama (versi ane):

Buat kamu yang lagi mencari tutorial cara belajar Fanny bisa baca artikel berikut:

Baca juga: Tutorial Fanny

Lalu buat kamu yang ingin tahu bagaimana cara melawan/mengconter Fanny bisa baca tipsnya disini:

Baca juga: Cara menghadapi (counter) Fanny

Untuk menguasai Fanny dengan baik kita harus sering latihan dan bereksperimen menggunakan berbagai build item yang ada, karena pada akhirnya selera dan gameplay tiap orang berbeda-beda, bahkan ada top global Fanny yang main menggunakan build sepatu dan item lifesteal, jadi cobalah untuk bermain dengan caramu sendiri.

Selamat mencoba.


Related Post: