Tips Item Build & Cara Main Yi Sun-shin (Hero Guide Mobile Legends)


Pada tutorial hero kali ini kita akan belajar cara menggunakan salah satu hero yang paling kuat yaitu Yi Sun-shin. Awalnya hero ini kurang begitu populer bahkan termasuk salah satu yang paling lemah dibanding hero marksman lainnya, namun semenjak update pada beberapa Patch terakhir, yang awalnya ia hanya bisa memberikan efek bleeding diganti menjadi damage yang lebih besar, Yi Sun-shin pun mulai kembali menjadi meta di season 6 ini dan bahkan cenderung OP pada permainan.

Hero ini termasuk mm favorit ane, penampilannya cukup badass (diambil dari panglima perang Korea), ia juga memiliki gameplay yang unik karena bisa menyerang dengan pedang (jarak dekat) dan panah (jarak jauh), selain itu skill ultimate nya bisa menyerang/mengganggu musuh dimana saja dalam 1 map, membuatnya sangat mudah untuk mendapatkan kill/assist dari mana saja. Yang paling ane suka dari hero ini adalah kecepatannya saat farming diawal permainan (phase early game) membuatnya menjadi cepat naik level dan menguasai pertandingan, bisa dikatakan hero ini termasuk salah satu hero terkuat & terbaik di Mobile Legends setidaknya sampai saat ini (akhir season 6).

Kelebihan Yi Sun-shin:

  • Marksman paling OP pada early game, berkat skill pasif dan skill 2 nya ia bisa farming dengan sangat cepat baik saat membersihkan minion atau membunuh monster hutan, pada level 4 dia bisa menggunakan skill ulti untuk membantu tim yang sedang push lane dan membunuh lawan/mendapat assist. Bisa dibilang hero ini adalah marksman yang paling kuat pada awal permainan, membuatnya cepat ngumpulin gold dan naik level sehingga bisa mendominasi game dengan mengungguli level dan item dari tim lawannya.
  • Burst damage yang sangat besar, skill 2 nya memiliki damage yang sangat sakit (tidak heran sedikit di nerf pada Patch 1.2.38), belum lagi serangan jarak dekatnya menggunakan pedang membuatnya jadi seperti marksman rasa fighter.
  • Skill escape yang baik, dengan skill 1 nya Yi Sun-shin bisa meloncat mundur sekaligus memberi efek slow pada musuh, skill ini sangat bagus untuk kabur maupun mengejar musuh, dan setiap beberapa menit sekali ia bisa mendapat buff dari base (berupa kapal yang bisa dinaiki) dan skill 1 nya bisa memberi efek stun pada lawan.
  • Hero finishing yang bagus, skill ultinya bisa menyerang musuh dalam 1 area map, sehingga sangat bagus untuk menghabisi hero lawan yang sedang sekarat. Dengan skill ini ia juga bisa dengan mudah mendapatkan kill/assist yang banyak, membuatnya semakin sering menjadi MVP dalam game.

Kekurangan Yi Sun-shin:

  • Skill-skillnya gampang di counter, skill ultinya sebenarnya tidak begitu efektif pada mid-late game (terutama saat musuh sudah beli item sepatu) karena mudah sekali dihindari dengan terus berjalan, sementara skill 2 nya juga bisa diatasi dengan mundur atau bergerak kiri-kanan sehingga Yi Sun-shin akan kesulitan mengarahkan tembakannya, belum lagi saat menggunakan skill 2 gerakannya menjadi lamban.
  • Boros mana, skill 2 dan ultinya memakan cukup banyak mana dalam sekali pakai, apalagi saat awal permainan ia sangat boros pemakaian mana, sehingga harus disimpan untuk momen-momen yang tepat.
  • Cooldown yang lama, cooldown skill 3 nya bisa dikatakan cukup lama (1 menit), belum lagi skill ini sudah tidak terlalu berguna pada phase mid-late game selain hanya untuk map hacking (melihat posisi tim musuh) dan teamfight.

Yi Sun-shin tips item build:

tips item build hero yi sun shin

  • Item build pada baris pertama adalah yang paling ideal/standar, build ini adalah yang paling cocok untuk digunakan dalam segala situasi.
  • Gunakan build item baris kedua (cooldown reduction) kalau kamu lebih memprioritaskan cooldown skill/CDR sehingga bisa lebih sering spam skill 2 dan ultimate sepanjang permainan.
  • Gunakan build baris ketiga (sepatu Wizard Boots) untuk mendapatkan 50 gold setiap kali kita melakukan assist, karena dengan skill ultimate kemungkinan besar kita akan mendapat banyak assist sepanjang permainan, jadi item sepatu ini cukup recommended untuk melipatgandakan gold kita dalam pertandingan, nantinya pada phase late game sepatu ini bisa kita jual lagi diganti dengan sepatu yang biasa (Swift Boots).
  • Pada item terakhir (Scarlet Phantom) kita bisa ganti jadi Deadly Blade jika pada lawan terdapat healer atau hero dengan kemampuan lifesteal yang tinggi.

Battle spell yang paling cocok untuk Yi Sun-shin adalah Retribution dan Inspire.

  • Gunakan Retribution supaya bisa ngutan lebih cepat, Yi Sun-shin akan menjadi sangat cepat farming dan naik level dengan spell ini karena memang sudah OP pada early game.
  • Gunakan Inspire untuk meningkatkan kecepatan serangan, sangat OP jika digunakan dengan serangan jarak dekatnya (menggunakan pedang), dengan spell ini bahkan ia bisa mengalahkan fighter dalam pertarungan jarak dekat 1 vs 1.

Untuk emblem kita bisa gunakan Physical atau Physical Assassin emblem.

Yi Sun-shin sangat bagus untuk melawan hero-hero berikut:

  • Semua hero tank.
  • Semua hero marksman (early game).
  • Karina, Bane, dan Alpha.

Yi Sun-shin cukup lemah melawan beberapa hero berikut:

  • Fanny, Hayabusa, Natalia, dan Lancelot.
  • Kagura & Harley.
  • Clint & Layla (late game kalah range).

Tips & trik hero guide Yi Sun-shin:

  • Usahakan pada awal game untuk cepat-cepat farming dan naik ke level 4 supaya bisa mengeluarkan skill ulti dan membantu tim yang sedang push di lane lainnya (sekaligus menghabisi lawan yang sedang sekarat).
  • Saat berusaha kabur menggunakan skill 1 arahkan serangannya mengenai musuh supaya mereka terkena efek slow down dari skill 1 nya.
  • Sebaiknya build item Rose Gold Meteor/Magic Blade jika pada tim lawan terdapat 2 mage atau lebih.
  • Selalu gunakan “Hero Lock Mode” on (sudah jadi keharusan semua hero marksman).
  • Saat masuk phase mid-late game jangan gunakan ulti sembarangan, ingat skill ultimate sangat gampang dihindari jika musuh sudah membeli sepatu dan heronya sudah diatas level 8, jadi sebaiknya simpan skill 3 untuk map hacking (melihat posisi tim lawan dalam map) dan tim war. Selain itu skill ulti juga bisa kita gunakan untuk mencuri Lord/Turtle/buff dan mengganggu lawan saat sedang defense/push tower.
  • Saat menyerang/push turret, selalu manfaatkan range skill 2 yang jauh untuk poke musuh, mencicil darahnya sedikit demi sedikit karena damage sekali serang dari skill 2 ini sangat berasa.
  • Selalu gunakan pedang (serangan jarak dekat) saat farming supaya bisa memberikan damage yang lebih besar dengan cepat, gunakan juga pedang kalau situasinya sedang aman saat hit tower, begitu pula saat menyerang hero musuh, jangan segan-segan bertarung jarak dekat dengan fighter/assassin kalau kita lebih unggul (baik secara level/item dan darah/HP), karena hero ini sama kuatnya seperti fighter dalam close combat, kita juga bisa mengungguli hero mm lawan dengan menggunakan pedang karena damage basic attacknya pasti akan lebih sakit Yi Sun-shin (kalau item dan levelnya sama).
  • Rajin-rajinlah tonton video pro Yi Sun-shin user di YouTube atau live streaming top playernya.

Sebagai penutup semoga video gameplay ini bisa memberi gambaran bagaimana cara menggunakan Yi Sun-shin dengan baik dan benar. Akhir kata semoga tutorial ini bermanfaat. Salam gamers.


Related Post: