Tips Item Build & Cara Main Miya (Hero Guide Mobile Legends)


Pada tutorial hero kali ini kita akan belajar cara menggunakan salah satu hero marksman tercepat dalam menyerang yaitu Miya. Miya adalah hero yang attack speed nya paling cepat dibanding hero marksman lainnya, sehingga pada phase late game kecepatan serangannya bisa dalam sekejap menyapu bersih minion dan tower lawan sampai habis. Hero ini juga termasuk marksman yang cukup populer dan sangat digemari dikalangan para user mm, tidak heran Moonton sampai ngeluarin banyak skin untuk hero yang satu ini, mulai dari skin elite, spesial, starlight, epic sampai legendary skin semuanya ada, bisa dibilang Miya adalah hero yang skinnya paling banyak dan lengkap di game ini.

Tanpa banyak basa-basi, mari kita bahas info dasar, tutorial, cara bermain, dan tips-tips item build + skill untuk hero yang satu ini.

Kelebihan Miya:

  • Attack speed yang sangat cepat, skill pasifnya akan memberikan bonus attack speed 5% untuk setiap hit basic attack dan bisa di stack 8x sehingga kecepatan serangannya sangat tinggi, belum lagi skill ultimatenya juga memberikan bonus attack speed sehingga membuatnya menjadi hero dengan attack speed tertinggi dalam game ini.
  • Burst damage yang tinggi dan massal, berkat kecepatan serangannya yang tinggi maka tidak heran dalam sekejap ia bisa memberikan damage yang besar, ditambah dengan skill 1 nya bisa membuatnya menyerang hingga 3 musuh sekaligus sehingga sangat bagus untuk menyerang banyak minion dan hero lawan sekaligus.
  • Mudah digunakan, cara main hero ini cukup simpel dan termasuk gampang untuk dikuasai, namun tetap butuh positioning yang tepat dalam permainan supaya tidak gampang terciduk oleh lawan.
  • Hero pusher terbaik, pada phase late game ia dapat menghancurkan tower dengan sangat cepat, tidak heran pada akhir permainan ia sering membawa kemenangan epic comeback pada tim.
  • Skill poke yang bagus, dengan skill 2 nya Miya bisa mengeluarkan hujan panah pada suatu area, selain memberi damage dan efek slow, skill ini juga bisa membuat freeze/beku selama 1 detik pada musuh yang terkena hit 4x dari hujan panah tersebut. Skill ini sangat bagus digunakan untuk engage tim war termasuk kabur dari kejaran lawan, selain itu juga sangat berguna untuk def tower dan poke saat dive turret.
  • Skill immune dari CC, skill ultinya selain memberi bonus attack speed dan movement speed selama beberapa detik, skill ini juga memberikan efek purify dan invicible selama 1 detik, skill ini sangat bagus mengingat marksman adalah hero yang lembek dan sangat rentan terhadap crowd control. Miya adalah salah satu hero marksman yang sulit diciduk berkat skill 3 nya ini.

Kekurangan Miya:

  • Tidak memiliki burst damage singkat, Miya hanya bisa mengandalkan basic attack untuk menghabisi lawan, semua skill nya hanyalah sekedar buff untuk basic attack nya, skill 2 nya tidak memiliki damage yang sakit dan cenderung mudah dihindari, sehingga ia tidak bisa menghabisi lawan dengan instan, biasanya musuh sudah keburu kabur (balik ke base) dan Miya juga tidak memiliki skill kejar/chase yang cukup baik selain efek movement speed dari skill ultimate nya.
  • Sangat bergantung pada item, karena serangan andalannya hanya basic attack dan attack speed maka build item tentu sangat mempengaruhi performa hero ini dalam permainan, usahakan untuk fokus pada item attack speed untuk mengakumulasi dan memperkuat efek skill pasif dan skill ultinya.
  • Cukup bergantung pada kerja sama tim, wajar saja karena range serangannya tidak begitu jauh, tentu ia perlu di backup oleh tank/fighter supaya aman selama menyerang. Ane juga kurang merekomendasikan untuk solo rank menggunakan hero ini.

Miya tips item build:

tips item build hero miya

  • Prioritaskan untuk build item attack speed (Scarlet Phantom) terlebih dahulu, tujuannya supaya efek bonus attack speed dari skill pasif semakin maksimal, sehingga kita bisa farming dengan lebih cepat.
  • Jika pada lawan terdapat 2-3 hero mage, lebih baik build item Rose Gold Meteor (Magic Blade) untuk ekstra pertahanan dan berjaga-jaga.
  • Build item Deadly Blade jika pada lawan terdapat healer seperti Estes dan Rafaela, atau juga terdapat banyak lawan dengan lifesteal tinggi seperti Alucard, Fanny, dan Zilong.
  • Pada awal permainan belilah item jungle (level 1 atau 2) supaya kita bisa ngutan dan naik level lebih cepat. Ingat hero ini sangat bergantung pada item sehingga perlu waktu untuk konsisten farming sampai 3-4 item core mulai jadi.

Battle spell yang paling cocok untuk Miya adalah Retribution, Inspire, dan Flicker.

  • Gunakan Flicker untuk bermain aman, tapi biasanya user Miya (termasuk ane) menggunakan Flicker untuk menghabisi lawan yang mencoba kabur dari kejarannya.
  • Gunakan Inspire untuk membuat attack speed nya semakin gila, ini adalah spell yang paling ideal karena bisa memaksimalkan semua skill-skill Miya, gunakan kombinasi skill 1, skill 3, dan Inspire sekaligus untuk memberikan burst damage yang sangat cepat dan massive.
  • Gunakan Retribution untuk cepat farming dan naik level.

Untuk emblem kita bisa gunakan Physical atau Physical Assassin emblem.

Miya sangat bagus untuk melawan hero-hero berikut:

  • Semua hero tank
  • Nana

Miya sangat lemah melawan hero-hero berikut:

  • Fanny
  • Hayabusa
  • Lancelot

Bisa dibilang Miya adalah hero yang netral, lemah/kuatnya hero ini bergantung pada komposisi tim kita dan tim lawan, bagaimana cara main dan memposisikan diri adalah kunci kemenangan dalam memainkan hero ini.

Tips & trik hero guide Miya:

  • Fokuslah pada farming sedini mungkin, ingat hero ini sangat bergantung pada item, jadi usahakan cepat-cepat naikin gold dan build 3-4 item core secepat mungkin.
  • Pada awal game (level 1) naikin skill 2 lebih dulu karena skill ini akan mempermudah kita saat farming dan membersihkan minion diawal, setelah itu barulah kita maksimalkan skill 1 terlebih dahulu.
  • Jika merasa tidak yakin saat menyerang/push sendirian (takut kena gank), sebaiknya simpan skill ultimate untuk berjaga-jaga supaya bisa kabur saat diciduk massal oleh lawan.
  • Belajar mengambil posisi yang baik dalam permainan, jangan terlalu didepan, usahakan berada pada posisi yang gampang kabur (ingat Miya tidak punya skill dash apapun untuk menembus tembok), ia hanya bisa jalan kaki dan menyerang dengan basic attack saja sehingga positioning sangatlah penting terutama saat menyerang tower.
  • Gunakan “Hero Lock Mode” on supaya tidak menyerang target yang tidak diharapkan.
  • Spam skill 1 untuk membersihkan wave minion dengan cepat, termasuk saat farming dan hit tower.
  • Gunakan skill 2 untuk poke musuh baik saat menyerang tower maupun defense tower, dengan skill 2 ini walau tidak menghasilkan damage yang signifikan tapi musuh jadi berpikir 2 kali untuk engage karena efek slow dan freeze nya. Gunakan juga skill ini saat tim war sehingga tank/fighter kesulitan bergerak.
  • Ingat skill 3 punya efek yang sama dengan battle spell Purify, jadi kalau kena CC, stun, disable, freeze, dll kita bisa melepaskan diri dengan skill ulti ini, jadi sebakinya simpan skill ini jika pada lawan terdapat banyak hero CC seperti Nana, Aurora, dan Saber.

Sebagai penutup mungkin video gameplay ini bisa memberi sedikit gambaran cara menggunakan Miya dengan baik dan benar. Akhir kata semoga tips ini bermanfaat. Salam gamers.

Baca juga tutorial marksman lainnya:


Related Post: