Tutorial, Tips Item Build & Cara Main Karrie (Guide Mobile Legends)


Belakangan ini Karrie mulai jarang kita temukan pada ranked mode di season 7, padahal dulu hero ini merupakan marksman auto banned karena bisa memporak-porandakan tanker musuh dalam sekejap, khususnya pada meta sekarang dimana biasanya terdapat 2 hero tank dalam 1 tim, tentu Karrie masih menjadi pilihan hero yang sangat bagus untuk dimainkan, namun memang kepopuleran hero ini mulai tergeser semenjak munculnya mm baru yang lebih OP seperti Irithel, Lesley, dan buff pada Yi Sun-shin.

Nah pada tutorial hero kali ini kita akan membahas bagaimana cara main Karrie dengan baik dan tips item build yang tepat untuk digunakan dalam permainan, pertama kita mulai dari kelebihan dan kekurangan Karrie terlebih dahulu.

Kelebihan Karrie:

  • Burst true damage, skill pasif Karrie adalah memberikan true damage 7-13% dari HP musuh, membuat semua hero tank dan fighter semi tank menjadi lembek seperti mage/mm, skill inilah yang membuat Karrie menjadi spesial dan ditakuti, yaitu kemampuannya untuk memberikan burst true damage dan mengabaikan defense armor/pertahanan musuh.
  • Cepat farming, ia bisa dengan cepat ngutan pada awal permainan (early game) dibanding marksman lainnya berkat bonus damage dari skill pasifnya, selain itu ia juga bisa membunuh turtle/lord dengan cepat pada mid game.
  • Gerakan yang lincah, skill 2 nya walau memiliki range yang pendek, tapi cooldown skill ini cukup singkat, membuat Karrie dapat dengan mudah memposisikan diri sepanjang permainan, terlebih skill ini juga memberikan ekstra serangan basic attack yang bisa mempercepat trigger dari skill pasifnya. Saat menggunakan skill ultimate Karrie juga mendapat ekstra movement speed sehingga bisa lebih mudah mengejar/kabur dan menjaga jarak aman dari musuh.
  • Mudah digunakan, cara main hero ini cukup simpel dan gampang untuk kategori marksman, namun tetap butuh positioning yang tepat dalam game supaya tidak gampang terciduk oleh lawan.
  • Tank killer, karakteristik utama dari Karrie adalah marksman yang dapat membunuh hero-hero keras seperti tank dengan cepat, biasanya kalau kita main marksman akan mengincar fighter atau hero-hero lembek terlebih dulu untuk dibunuh, namun saat menggunakan Karrie kita bisa langsung saja menghajar tank lawan tanpa ampun dan menghabisi tanker/pertahanan tim musuh dengan cepat.
  • Skill slow area yang baik, skill 1 Karrie memberikan efek slow area yang sangat bagus untuk initiate/engage dalam tim war maupun saat push/def tower, selain itu skill ini juga bisa digunakan untuk membantu kita mengejar/meloloskan diri dari serangan musuh karena efek slownya cukup besar (80%).

Kekurangan Karrie:

  • Sangat bergantung pada tim, Karrie membutuhkan serangan bertubi-tubi untuk bisa menghabisi lawan (perlu waktu) terutama saat ia sedang tidak menggunakan mode ulti, karena itu selama menyerang ia harus dilindungi atau ada yang backup supaya tidak mati terciduk atau kena CC lawan.
  • Range serangan yang pendek, radius basic attack Karrie tergolong pendek jika dibandingkan marksman lain seperti Bruno dan Miya, maklum saja karena ia memiliki kelebihan pada true damage nya jadi wajar-wajar saja kalau range serangannya dibuat lebih pendek sama seperti Moskov yang range nya pendek karena memiliki efek penetration.
  • Cukup bergantung pada item attack speed, karena kita perlu 5 basic attack untuk mentrigger efek true damage dari skill pasif, maka dari itu kita harus melancarkan serangan secepat-cepatnya dengan bantuan item attack speed, skill ultimate Karrie juga akan menurunkan attack speed 20%, jadi betul-betul kita harus build item penambah kecepatan serangan untuk memaksimalkan hero ini dalam permainan.

Karrie tips item build:

tips item build hero karrie

  • Prioritaskan untuk build item attack speed (Scarlet Phantom) terlebih dahulu, tujuannya supaya skill pasif bisa dimaksimalkan sepanjang permainan baik saat ngutan maupun teamfight.
  • Build item baris 1 (Deadly Blade) jika pada lawan terdapat healer support seperti Estes dan Rafaela, atau terdapat banyak lawan dengan lifesteal tinggi seperti Alucard, Fanny, dan Zilong.
  • Build item baris kedua jika pada lawan terdapat banyak hero keras seperti tank/fighter semi tank.
  • Pada awal permainan belilah item jungle (level 1 atau 2) supaya kita bisa ngutan dan naik level lebih cepat.
  • Kamu bisa mencoba berbagai build item lain karena hero ini cukup fleksibel, tapi saran ane sebaiknya tetap fokus pada build attack speed setinggi-tingginya untuk memanfaatkan true damage dari skill pasifnya.

Battle spell yang paling cocok untuk Karrie adalah Retribution dan Inspire.

  • Gunakan Inspire untuk membuat attack speed nya semakin cepat, spell ini adalah yang paling ideal untuk dikombinasikan dengan skill 3 sehingga bisa menghabisi tim lawan dengan cepat pada momen-momen yang penting.
  • Gunakan Retribution untuk cepat farming dan naik level. Spell ini berguna untuk ngutan pada early game dan mempercepat build item attack speed, tapi pada phase mid-late game spell ini sudah tidak terlalu efektif, battle spell Inspire akan lebih bermanfaat pada semua phase terutama pada late game, jadi kalau kamu ingin menyelesaikan game dan push tower secepat mungkin maka gunakan Retribution untuk cepat mendominasi permainan.

Untuk emblem kita bisa gunakan Physical atau Marksman emblem.

Karrie sangat bagus untuk melawan hero-hero berikut:

  • Semua hero tank.
  • Semua hero fighter keras (semi tank) seperti Balmond dan Hilda.

Karrie sangat lemah melawan hero-hero berikut:

  • Semua hero assassin.
  • Layla, Clint, & Lesley (kalah range).
  • Kagura
  • Harley

Karrie bisa kuat melawan siapa saja karena burst damagenya tidak pandang bulu, mau keras/lembek ia bisa menghabisi siapa saja dengan cepat asalkan ia tidak diserang/terciduk, namun ia juga bisa menjadi lemah melawan siapapun karena ia termasuk hero yang sangat lembek/rentan terutama melawan assassin yang gerakannya lincah, karena itu positioning dan tim yang suportif sangat diperlukan dalam memainkan hero ini.

Tips & trik hero guide Karrie:

  • Fokuslah pada farming sedini mungkin, ingat hero ini sangat bergantung pada item attack speed, jadi cepatlah ngutan untuk membeli item Scarlet Phantom secepat mungkin.
  • Beberapa player biasanya memaksimalkan skill 1 terlebih dahulu, tapi ane biasanya maksimalin skill 2 dulu karena skill ini jauh lebih penting untuk positioning dan serba guna baik untuk kabur/mengejar lawan.
  • Jika sedang 1 lawan 1 dengan marksman musuh ditengah/mid lane (phase early game) dan skill 3 sudah available (lv 4++), kita bisa main agresif menciduk mm lawan dengan bersembunyi dirumput dan serang tiba-tiba dengan mode ultimate, karena 100% kemenangan menjadi milik kita jika kita adu jotos dengan marksman apapun saat masuk mode ultimate (kecuali lawannya Karrie juga).
  • Belajar mengambil posisi yang baik dalam permainan, karena range attacknya tergolong pendek, selalu usahakan jaga jarak berada pada range terjauh dari radius basic attacknya. Gunakan “Hero Lock Mode” on supaya tidak menyerang target yang salah.
  • Spam skill 1 untuk membersihkan wave minion dengan cepat, termasuk saat farming dan menyerang hero lawan. Skill 1 juga memiliki efek slow yang sangat mengganggu terutama saat sedang push dan defence turret, lalu saat tim war arahkan skill 1 ditengah supaya gerakan tim lawan menjadi terhambat.
  • Saat tim war kita bebas mengincar siapa saja tanpa pandang bulu, jadi jangan ragu mencicil darah tank musuh jika kita tidak bisa engage/menyerang mage dan marksman lawan, namun tetap prioritaskan untuk membunuh hero yang krusial seperti assassin/mage/marksman (main carry/damage dealer).
  • Ingat skill 2 juga memberikan tambahan bonus basic attack, jadi spam juga skill 2 saat sedang menyerang untuk mempercepat trigger dari skill pasif.
  • Tetaplah bermain dengan aman dan selalu jaga jarak dalam battle, selalu berlindung dibalik tank/fighter tim kita dan manfaatkan skill 2 sebaik-baiknya untuk mengambil posisi yang aman sepanjang permainan.
  • Cobalah tonton video gameplay para pro Karrie user atau live streaming top global Karrie player.

Sebagai penutup semoga video gameplay ini bisa memberi sedikit gambaran cara menggunakan Karrie dengan baik dan benar. Akhir kata semoga tips ini bermanfaat. Selamat mencoba.

Baca juga tutorial marksman lainnya:


Related Post: