Tips Item Build & Cara Main Clint (Hero Guide Mobile Legends)


Pada tips Mobile Legends kali ini kita akan belajar cara menggunakan hero koboy yang cukup populer yaitu Clint. Hero ini adalah salah satu marksman favorit ane karena sangat ideal dalam semua phase dan serangannya sangat sulit dicounter oleh lawan. Yang paling ane suka dari hero ini adalah damage kritikalnya terutama pada skill pasifnya yang bisa menembus (penetration) beberapa musuh sekaligus, menghasilkan damage yang sangat besar dari jarak yang sangat jauh.

Tanpa banyak basa-basi, mari kita pelajari tutorial dan cara memainkannya, pertama kita bahas dulu kelebihan dan kekurangan Clint.

Kelebihan Clint:

  • Range yang cukup jauh, pada beberapa patch update terakhir Clint mendapat buff pada range serangan dan skill-skillnya, membuatnya semakin OP, terutama pada skill pasifnya yang range serangannya sangat jauh bahkan bisa menyerang tower dari luar jangkauannya.
  • Burst damage yang tinggi dan massal, yang paling mengerikan dari Clint bukanlah damage dari ketiga skillnya, melainkan damage dari efek skill pasifnya yaitu tembakan (setelah mengeluarkan skill) yang bisa menembus dalam satu garis lurus (penetrate) memberikan damage 120% dari basic attack, sehingga sangat cocok untuk membunuh banyak lawan sekaligus, ditambah lagi semua skillnya memiliki cooldown yang singkat dan ultinya bisa di spam sampai 5x.
  • Hero marksman yang gesit, berkat skill 2 nya ia bisa meloncat dengan cepat kearah yang ditentukan, membuatnya menjadi cukup lincah dalam pertarungan, selain itu skill 2 nya selain berguna untuk kabur/menghindar bisa juga digunakan untuk mengejar musuh dan mengambil posisi yang pas (positioning) dalam tim war.
  • Skill poke yang sangat bagus, range dari skill pasifnya punya jarak yang sangat jauh bahkan diluar jangkauan turret, terlebih damagenya sangat menyakitkan dan bisa menembus beberapa musuh sekaligus, sehingga hero ini menjadi marksman yang paling bagus untuk main poke dan tarik ulur.
  • Skill slowing yang suportif, skill 1 nya bisa menjadi semi crowd control yang baik, karena saat kita mengeluarkan asap (skill 1) ditengah-tengah musuh maka gerakan mereka akan melambat (slow down) dan hit rate serangannya menurun, sangat bagus digunakan pada teamfight, setidaknya dengan skill ini musuh tidak akan sembarangan mendekat dan berusaha menghindari area asap yang ada.

Kekurangan Clint:

  • Cukup boros mana, karena untuk mentrigger efek skill pasif kita harus mengeluarkan skill terlebih dahulu, pastinya kita akan sering-sering spam skill karena itu hero ini termasuk marksman yang sangat boros pemakaian mana, saran ane sebaiknya gunakan saja skill pada saat-saat yang penting seperti tim war atau push turret.
  • Sangat bergantung pada item, karena serangan-serangannya berasal dari basic attack (damage skill pasifnya bergantung pada seberapa besar damage basic attack), maka dari itu build item sangatlah menentukan output damage dari hero ini, selain itu ketiga skill Clint tidak memiliki burst damage yang cukup tinggi, sehingga betul-betul bergantung pada damage dari basic attack nya saja.

Bisa dikatakan Clint adalah salah satu marksman yang sangat ideal dan OP (tidak memiliki banyak kelemahan), ia memiliki radius serangan yang jauh, skill semi crowd control yang baik, kemampuan escape/chase yang bagus, serta burst damage yang tinggi dan massal.

Clint tips item build:

tips item build hero clint

  • Item lifesteal yang paling cocok untuk Clint adalah Endless Battle, walau efek lifestealnya hanya 15% namun item ini memiliki efek untuk memberikan tambahan damage pada basic attack (setelah skill) sebesar 70% physical damage dan berupa true damage. Endless Battle adalah core item Clint karena sangat cocok dikombinasikan dengan skill pasifnya yang memberi efek 120% basic attack setelah mengeluarkan skill.
  • Gunakan build pada baris pertama jika lawan memiliki defense yang tinggi (banyak tanker/fighter).
  • Gunakan build pada baris kedua (Deadly Blade) jika lawan memiliki hero-hero healer dan lifesteal yang tinggi.
  • Item core berikutnya yang harus dibeli adalah Berserker’s Fury karena item ini meningkatkan kemungkinan critical hit dan juga memperbesar damagenya. Pada phase late game damage kritikal pada skill pasif Clint bisa mengurangi darah lawan sampai setengahnya hanya dengan sekali serang (target hero lembek seperti mage/mm).
  • Fokuslah pada build item-item kritikal dan physycal damage, karena hero ini memiliki burst damage yang tinggi dari skill pasifnya, pada phase mid-late game ia bisa membunuh hero lawan hanya dengan 3-4 kritikal hit dari basic attacknya.
  • Beberapa player ada yang build item attack speed (seperti Miya), tapi menurut ane kurang cocok untuk hero ini karena lebih baik damage skill pasifnya dimaksimalkan dengan item kritikal dan physical damage.

Battle spell yang paling cocok untuk Clint adalah Retribution.

fanny battle spell retributionGunakan spell Retribution untuk farming secepat mungkin, build item Endless Battle dan Berserker’s Fury sedini mungkin, dengan 2 item core ini skill pasif Clint memiliki damage yang sangat sakit dan ia mulai bisa mendominasi permainan.

Untuk emblem kita bisa gunakan Physical emblem saja.

Clint sangat bagus untuk melawan hero-hero berikut:

  • Semua hero tank
  • Semua hero fighter (gunakan strategi hit & run menggunakan skill 1 dan 2)
  • Semua hero marksman (manfaatkan range skill pasif untuk poke dan mencicil darah lawan sedikit demi sedikit)

Clint sangat lemah melawan hero-hero berikut:

  • Fanny
  • Karina
  • Natalia

Tips & trik hero guide Clint:

  • Fokuslah pada farming di awal permainan (early game), kita bisa mulai main agresif dan hard push setelah 2 item core utama (Endless Battle & Berserker’s Fury) sudah jadi.
  • Maksimalkan skill 1 terlebih dahulu, karena skill ini akan lebih sering kita gunakan dalam permainan.
  • Gunakan skill 1 untuk push dan defense turret, arahkan asap kearah dimana musuh akan lewat sehingga gerakan mereka akan jadi lambat dan hit rate serangannya turun, skill ini juga bisa digunakan untuk kabur saat musuh mengejar kita/hero tim kita.
  • Skill 2 bisa digunakan untuk mengejar lawan yang berusaha kabur, selain itu positioning sangat penting dalam memainkan hero ini, biasakan untuk mengambil range terjauh saat menyerang, dan saat dikejar oleh musuh arahkan jaring dari skill 2 mengenai hero musuh supaya movement speednya berkurang, jadi tidak sekedar dash/escape saja tapi sekaligus memberi efek slow down pada lawan.
  • Gunakan “Hero Lock Mode” on supaya tidak menyerang target yang salah dalam permainan, semua hero marksman memang sebaiknya menyalakan hero lock mode karena radius serangannya jarak jauh.
  • Spam skill untuk membersihkan minion wave dengan cepat (minimal ada 3 minion), posisikan diri tegak lurus dengan minion yang ada dan hit semua minion dengan skill pasif. Namun perhatikan situasi juga, jika mana sedang sekarat sebaiknya disimpan saja untuk keadaan yang lebih penting.
  • Jika ada kesempatan gunakan ulti dan skill pasif untuk poke lawan dari jauh, range skill pasif ini sangatlah berguna untuk mencicil darah musuh sedikit demi sedikit, biasa jika sudah terkena 2-3x skill pasifnya lawan akan jiper karena darahnya sudah berkurang banyak dan cenderung mundur/defensif.
  • Sebaiknya simpan stack ultimate minimal 3, jangan dipakai sia-sia untuk ngutan, karena skill ulti ini sangat penting untuk ngespam skill pasif dalam tim war dan push turret.
  • Ingat gunakan skill 2 untuk memposisikan diri dengan baik, selalu jaga jarak aman dan usahakan mengenai sebanyak-banyaknya musuh dengan skill pasifnya.
  • Rajin-rajinlah tonton video gameplay pro user Clint atau live streaming para top playernya.

Sebagai penutup semoga video gameplay ini bisa memberi sedikit gambaran cara menggunakan Clint dengan baik dan benar. Note: perhatikanlah bagaimana cara ane mengambil posisi sepanjang permainan. Akhir kata semoga tips ini bermanfaat. Salam gamers.

Baca juga tutorial marksman lainnya:


Related Post: