Belajar SEO Dengan Cepat dan Mudah (Panduan Kilat)


Belajar SEO itu sebenarnya tidak sulit, pada artikel kali ini saya akan jelaskan secara garis besar apa itu SEO dan bagaimana cara mengoptimasinya. Anda yang sering berkutat dengan dunia blog/toko online pasti sudah sering mendengar tentang SEO (search engine optimization) dan seberapa penting SEO untuk bisnis Anda.

Disini kita akan belajar SEO secara singkat, padat dan mempraktekkan tips-tips bagaimana menjalankan SEO dengan baik (untuk pemula).

Pertama kita tidak akan muluk-muluk berteori tentang apa itu SEO dan bla.bla.bla

SEO adalah berbagai usaha untuk membuat website/blog/toko online Anda berada diurutan atas search engine (atau lebih spesifik lagi google) dengan keyword tertentu.


Tentu banyak sekali cara/teori yang bisa Anda cari di internet/google tentang SEO dan disini saya hanya akan memberikan tips secara singkat (yang paling penting) dalam menjalankan SEO untuk website Anda.

1. Daftarkan website Anda di Google Webmaster Tools / Search Console

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah segera mendaftarkan website Anda kepada google supaya situs Anda dapat segera ditemukan oleh index mesin pencari google.

Caranya sangat simpel Anda tinggal buat account google (jika belum punya), login, dan masuk ke situs https://www.google.com/webmasters/tools dan daftarkan situs Anda (add site) secepatnya. Ada beberapa tahap yang diperlukan sebelum situs Anda benar-benar terindex oleh google, untuk panduannya Anda bisa lihat sendiri saat mendaftarkannya (biasanya google akan memberi panduan untuk Anda), Anda tinggal memasukan kode script yang diberikan (saat Anda add site/add property di google search console) kedalam web Anda dan mengkonfirmasikannya. Dengan ini website Anda akan segera terindex oleh google, dan langkah terbaik adalah segera meng-improve keberadaan situs Anda dengan rekomendasi dari google, yaitu:

  • Daftarkan semua versi website Anda (dengan “www” atau “tanpa-www”), tujuannya supaya hasil search pada website Anda tidak terbagi menjadi 2 versi yaitu “www.contoh.com” atau “contoh.com”. Anda bebas menentukan sendiri mana yang lebih baik (dengan/tanpa “www”). Dan jangan lupa untuk redirect versi yang tidak diinginkan, jika Anda memilih domain “tanpa www”, maka buat redirect 301 (melalui cpanel) pada versi domain “www” menuju url “tanpa www”.
  • Pilih target negara Anda, segera tentukan wilayah yang ingin menjadi target dari web Anda (biasanya google juga akan mengingatkan saat pertama kali web Anda didaftarkan).
  • Massukan url sitemap web Anda.sitemap-googleSegera massukan url sitemap dari situs Anda, ada berbagai cara untuk membuat sitemap (bisa Anda cari di google) tergantung dari platform apa yang Anda gunakan.
  • Input/index webpage situs Anda secara manual dengan sistem yang sudah disediakan oleh google.fetch-as-googlePada bagian fetch as google, Anda bisa mengindex page pada web Anda dengan manual. Tujuannya supaya google dapat segera mengindex jika terjadi perubahan/penambahan baru pada situs Anda. Ini sangat berguna jika Anda sering melakukan update posting, perubahan menu/navigasi, dan sebagainya.

2. Kuantitas link juga sangat penting

Dalam SEO, jumlah page/link dalam sebuah situs sangatlah penting. Semakin banyak link (entah itu in-bound/out-bound) maka semakin mudah google menemukan situs Anda. Selain itu semakin banyak isi web Anda, semakin banyak pula page/url dan keyword yang terindex oleh google.

Karena kuantitas sangat berpengaruh terhadap keberadaan situs Anda diinternet (namun bukan segalanya) isilah situs Anda dengan navigasi yang mudah, dan lebih bagus lagi jika website Anda mobile friendly (google akan memberikan penalty bagi situs yang tidak mobile-friendly).

Kuantitas juga menandakan bahwa website Anda terus terupdate dan aktif, sebisa mungkin jangan sampai Anda tidak melakukan update dalam jangka 1 bulan karena situs yang tidak aktif di mata Google akan mengalami penurunan peringkat.

3. Perkuat DA situs Anda dan carilah backlink dari situs yang memiliki DA yang tinggi

Domain Authority (DA) adalah seberapa dominan/kuat suatu domain dalam peringkat mesin pencari. Biasanya DA dipengaruhi oleh 3 faktor utama yaitu:

  • Umur = Seberapa lama usia dari domain tersebut, semakin tua (panjang umur) semakin bagus hasilnya di mesin pencari.
  • Popularitas = Seberapa terkenal domain tersebut, bisa dilihat dari backlink oleh domain lain yang memiliki DA yang tinggi.
  • Kuantitas = Sebuah situs web yang memiliki jumlah halaman/konten yang banyak dengan kualitas tinggi akan semakin mudah memenangkan peringkat pada hasil pencarian search engine.

Tips untuk meningkatkan DA website Anda sekaligus mendapatkan backlink dari situs lain yang memiliki DA yang tinggi adalah dengan memberikan konten-konten berkualitas sehingga orang lain akan membagikannya (share) atau mereferensikan situs Anda (backlink) karena kualitas konten Anda yang baik.

Untuk melihat DA dan PA suatu website Anda bisa gunakan open site explorer dari MOZ.

Memang ironisnya untuk mendapat trafik dari SEO Anda harus mendapatkan trafik yang lain dulu, nantinya trafik itu akan memberikan link/share kepada website Anda dan dengannya meningkatkan ranking situs Anda.

Jadi sebelum mendapat trafik organik Anda harus terlebih dahulu mencari trafik dari sumber lainnya (distribusi konten dengan menggunakan content marketing pada umumnya).

Baca juga: Cara Meningkatkan Visitor Blog

4. On-page dan Off-page SEO

Jangan terlalu diambil pusing dengan namanya, intinya on-page SEO adalah mengoptimasi domain/website Anda supaya dapat lebih mudah dimengerti oleh mesin pencari, sedangkan off-page SEO artinya link/backlink.

Untuk on-page SEO Anda perlu fokus pada:

  • Keyword yang Anda incar ada dibagian title (lebih bagus lagi kalau di bagian depan)
  • Gambar didalam page memiliki alt attributes (alternative text) yang mengandung keyword
  • Keyword berada di bagian url dan meta description
  • Konten original tidak copas dari sumber manapun (ekstra tips: Cara mengcopas namun tetap menjadi original)
  • Kalau bisa (tidak harus) terdapat link menuju situs lain atau page lain didalam website Anda (inbound/outbound link).
  • Untuk research keyword Anda bisa gunakan Google Keyword Planner, terserah mau mengincar long-tail atau short-tail (masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, saya pribadi tidak terlalu ambil pusing karena yang jauh lebih penting adalah value apa yang ingin saya sampaikan dari keyword tersebut), blog ini sendiri biasanya mengincar kombinasi dari short-tail dan long-tail keyword.

Untuk off-page SEO biasanya terdapat 2 cara umum yaitu:

  1. Link building
  2. Content marketing

The best link building is no link building.

Saya menyarankan (opini pribadi) jangan melakukan link building dimana Anda dengan sengaja membuat orang lain memberi link kepada website Anda secara tidak natural, ingat hal yang paling penting dalam link building adalah backlink terbentuk secara natural (organik) diluar itu Google akan menganggap Anda sedang melakukan black-hat SEO.

Satu-satunya teknik link building yang saya rasa masih bagus saat ini hanyalah guest post dan sosial bookmark dengan catatan situs tersebut tidak sembarangan memberikan backlink (ada proses seleksi) dan hindari jika Anda harus membayar untuk mendapatkan backlink tersebut.

Lagipula semakin hari pengaruh backlink akan semakin kecil dan tidak relevan, karena Google tahu banyak pemilik situs yang suka memanipulasi backlink, sehingga apa yang nantinya jauh lebih penting adalah authority dan konten.

Namun biar bagaimanapun backlink tetaplah penting untuk SEO karena itu lebih baik Anda fokus pada content marketing atau distribusi konten secara alami yaitu dengan smart blogwalking, forum marketing, dan share ke sosial media (dengan taraf yang wajar bukan spam), walaupun lambat tetapi cara ini lebih natural dan aman.



Itulah tips-tips singkat bagaimana menjalankan SEO dengan praktis dan cepat. Satu hal yang ingin saya tekankan adalah jangan sekali-sekali melakukan black-hat SEO atau metode-metode yang dilarang oleh mesin pencari. Ingat Google semakin hari semakin pintar, jangan mencoba untuk membodohi sistem Google, karena pada akhirnya apa yang paling penting adalah seberapa relevan konten website Anda dengan apa yang dicari/diinginkan oleh user.

Toh pada akhirnya semua akan kembali pada “isi/kualitas” dari website Anda, SEO hanyalah salah satu cara untuk mendatangkan user/trafik, karena itu selalu fokuslah pada kualitas website Anda terlebih dahulu. (kualitas > kuantitas)

seosumber gambar: instagram @fundersandfounders

note: Panduan ini sendiri memang tidak selengkap dan serinci panduan SEO-SEO lain diluar sana, namanya juga belajar kilat karena itu saya hanya menyampaikan apa yang menurut saya paling penting untuk diaplikasikan.

Tentu praktek SEO saya akan berbeda dengan blog-blog yang biasanya membahas seputar SEO dan internet marketing, karena target visitor mereka biasanya adalah seorang blogger atau internet marketer, sedangkan target visitor blog ini (Solusik) adalah mereka yang sedang mencari fakta, inspirasi dan motivasi hidup (gado-gado).

Maka dari itu jauh lebih baik jika Anda bisa belajar tidak hanya dari 1 sumber dan jangan menerima mentah-mentah begitu saja apa yang diajarkan. Perhatikan juga bagaimana cara blogger lain mempraktekkan SEO untuk blog mereka sendiri.


Related Post: