Review Gameplay Hero Support Baru Digger / Diggie Mobile Legends


Kali ini ane akan review hero support baru yang akan segera muncul pada Patch Notes 1.2.24 yaitu Timekeeper – Digger (Diggie). Bisa dibilang Digger adalah hero support termahal (32.000 BP) dibandingkan hero-hero support lainnya seperti Nana, Rafaela, dan Estes, namun apakah hero ini layak dibeli dengan harganya yang mahal tersebut? Berikut review dan penjelasan mengenai hero baru Digger/Diggie Mobile Legends.

skill digger diggie timekeeper mobile legendsPertama kita mulai dari penjelasan skill-skill Digger:

Pasif –> Young Again

Saat Digger/Diggie mati, maka ia akan hidup kembali menjadi telur (egg) yang bisa berjalan dan memiliki skill yang memberikan damage/poke yang sangat kecil, saat dalam mode telur ini Diggie tidak akan bisa diserang maupun menyerang, setelah cooldown ressurection selesai maka Diggie akan respawn ditempat.


Skill 1 –> Time Bomb

Melempar jam alarm kearah yang ditentukan (area) dan akan meledak dalam selang waktu beberapa detik. Ledakan akan memberikan magic damage dan efek stun, alarm bom bisa diledakan langsung dengan menekan kembali skill 1, jika bom diledakan sebelum 2 detik, maka ledakan hanya memberi efek slow (bukan stun). Damage ledakan akan semakin besar seiring berjalannya waktu sebelum diledakan.

Skill 2 –> Reverse Time

Mengunci satu target hero lawan, memberikan sedikit magic damage dan efek slow, dalam selang waktu 4 detik maka hero target akan tertarik kembali keposisi awal saat ia terkena skill ini (+magic damage), jika sebelum 4 detik hero lawan berada jauh dari posisi awalnya maka ia akan langsung tertarik keposisi awal tersebut.

Skill 3 –> Time Journey

Dalam 2,5 detik teman-teman disekitar Diggie akan kebal terhadap CC (crowd control) dan mendapatkan shield/tameng yang bertahan selama 5 detik.

hero support ultimate digger diggie


Review Timekeeper, Digger/Diggie:

Menurut ane hero ini kurang worth it dengan harganya yang mahal (32k BP untuk hero support yang ga begitu OP), bahkan skill 1 Digger bisa dibilang sampah karena sangat mudah dihindari oleh musuh, sedangkan hanya skill 1 ini yang bisa memberikan damage pada lawan, artinya bakal sangat sulit untuk memberikan kontribusi pada tim sepanjang permainan baik dari segi push turret, farming, maupun poke hero lawan.

Untuk skill 2 nya memang lumayan efektif untuk mengejar dan kabur dari musuh, terutama untuk hero-hero yang sangat lincah seperti Fanny & Harley, jika digunakan pada saat yang tepat maka skill ini bisa memberikan kontribusi yang luar biasa dalam teamfight/war. Sayangnya CC hero ini hanya single target dan cooldown skill 2 nya cukup lama, jadi harus digunakan pada hero lawan yang betul-betul tepat.

Skill 1 dan skill 2 Diggie bisa dikombinasikan untuk memberikan damage pada lawan, contoh seperti cuplikan berikut:

tutorial cara main digger diggieKarena sejatinya hero ini adalah hero support, maka item build yang paling recommended untuk Digger adalah cooldown reduction dan sedikit defense. Build item yang menurut ane cocok adalah seperti dibawah ini:

item build support digger diggieSkill pasif Diggie yaitu mode egg/telur sebenarnya tidak memiliki kegunaan yang spesifik selain kita bisa respawn ditempat tertentu (jadi ga perlu balik ke base lagi) sehingga bakal lebih hemat waktu saat sedang push/defense turret, namun kita bisa coba build item Cursed Helmet untuk memberikan damage pada lawan saat mode telur sehingga bisa menggagalkan musuh yang sedang recall, membatalkan efek regen lawan, bahkan membunuh hero lawan yang sedang sekarat.

Tips troll item build (egg mode):

troll item build digger eggDengan build ini kita bisa memberikan magic damage saat mode telur (Cursed Helmet), mendapatkan efek movement yang cukup cepat, dan tentunya HP yang sangat besar untuk memberikan damage yang juga lebih besar (damage Cursed Helmet = 1,5% dari max HP). Ane sendiri pernah mendapatkan 4 kill (mode telur) dalam 1 game menggunakan build ini, sekilas cuplikannya bisa lihat video dibawah ini.

Namun hero ini masih dalam tahap pengembangan, mungkin saja kedepannya efek item dan battle spell saat Digger dalam mode telur akan diperbaiki, jadi tetap lebih baik gunakan hero ini seperti support pada umumnya dan build item cooldown reduction + defense.

Kelebihan Digger:

  • Skill pasifnya cukup mengganggu lawan terutama jika menggunakan build Cursed Helmet, selain itu hero ini tidak perlu balik ke base saat mati dan bisa segera membantu tim yang sedang kesusahan.
  • Skill ultinya sangat berguna dalam tim war karena efek immune/kebal dari CC dan shield ini memberikan kontribusi yang luar biasa saat 5 vs 5.
  • Skill 2 nya cukup efektif digunakan melawan Fanny, Zilong, Hayabusa, Harley, Kagura, dan hero-hero yang gesit lainnya.
  • Skill 1 nya cukup bagus untuk menyerang dan mempertahankan tower.

Kekurangan Digger:

  • Jika dibandingkan Nana, Rafaela, dan Estes, hero ini tidak memiliki skill damage yang bisa diandalkan saat battle, walau damage bomnya cukup besar, tapi sangat mudah dihindari, skill 1 ini hanya bagus untuk sekedar farming, dan push/defense turret.
  • Harganya sangat mahal dan ane rasa sangat tidak worth it ketimbang harga hero support lain yang jauh lebih murah.
  • Efek shield/tameng skill ultinya terlalu singkat, jauh lebih baik dibuat permanen atau seperti skill pasif Lolita.
  • Efek CC yang sangat minim, hanya skill 2 nya yang punya crowd control yang bagus dan itupun hanya single target.

Hero Overall = 50

Note: Pada update terbaru (advance server) harga hero ini turun menjadi 24.000 BP.

Itulah review dan penilaian ane terhadap hero support baru ini, apakah kamu tertarik untuk membelinya?

Baca juga review hero baru lainnya disini:


Related Posts: