Review & Gameplay Hero Baru Odette (Mage), Apakah Layak Dibeli?


Kali ini ane mau mereview hero baru yaitu Swan Princess, Odette. Sebelum memutuskan untuk membeli hero ini nantinya (saat rilis di original server), mengingat harganya lumayan mahal 32.000 BP, disini ane akan jabarkan secara rinci seperti apa sih hero mage yang satu ini, apakah cukup kuat (OP) atau malah cenderung weak/lemah, apakah hero ini layak dibeli dan worth it dengan harganya yang mahal.

Secara garis besar hero ini sangat mirip dengan hero mage Alice, bedanya Alice bisa teleport sedangkan Odette tidak, namun skill 1, skill 2, dan ultimatenya sangat mirip dan gameplaynya tidak jauh berbeda, jadi buat kamu yang suka memainkan Alice pasti akan sangat familiar/terbiasa menggunakan hero yang satu ini.

hero mage baru odettePertama kita mulai dari penjelasan skill-skill Odette:

Pasif –> Lakeshore Ambience


Basic attack (setelah mengeluarkan skill) akan memantul diantara musuh dan memberikan magic damage. Jadi skill ini kurang lebih sama seperti skill pasifnya Estes.

Skill 1 –> Avian Authority

Mengeluarkan energi berbentuk angsa untuk menyerang musuh, memberikan magic damage dan mengurangi kecepatan bergerak musuh selama 2 detik.

Skill 2 –> Blue Nova

Mengeluarkan bola energi untuk menyerang, memberikan magic damage dan memerangkap musuh selama 1 detik. Setelah bola energi mencapai jarak terjauhnya atau mengenai musuh/target maka 2 bola energi akan keluar dari samping (menuju kearah kiri & kanan) untuk menghasilkan magic damage dan memerangkap musuh 1 detik.

Skill 3 –> Swan Song

Mengeluarkan energi dalam satu area yang menghasilkan magic damage setiap detiknya, efek skill pasif akan tereset, semua damage serangan yang diterima selama skill berlangsung akan berkurang sebanyak 60%.

Sekilas cuplikan skill ultimate:

skill ultimate odette


Review Swan Princess, Odette:

Menurut ane pribadi hero ini sebenarnya kurang OP karena skill ultimatenya bisa dicancel oleh CC (crowd control) seperti stun/disable, jadi kalau misalnya Odette sedang mengeluarkan ulti lalu disungkit oleh Zilong maka ultimatenya akan hilang begitu saja, begitu pula kalau Odette bergerak, mengeluarkan skill dan termasuk basic attack maka ultinya akan langsung hilang, menurut ane hal ini sangat konyol, kita sudah meresikokan diri (ingat loh ini mage bukan tank) berada ditengah-tengah banyak musuh untuk mengeluarkan ultimate, lalu tiba-tiba terkena stun sesaat maka itu artinya sama saja dengan bunuh diri.

Walau jangkauan areanya lebih luas dari ultimate Alice, dan damagenya juga lebih sakit, namun ane rasa ultimate Alice masih jauh lebih baik karena setidaknya Alice masih bisa bergerak, menyerang dengan skill, dan yang terpenting ultinya tetap jalan walau Alice terkena stun/CC. Terlebih Odette tidak memiliki darah (HP) yang tebal dan tidak memiliki mekanisme kabur/escape apapun, yang berarti mengeluarkan ultimate saat war sangat berpotensi menjadi blunder. Selain itu ultimatenya juga lebih mudah dihindari, toh selama ultinya berlangsung Odette tidak bisa bergerak/menyerang, dan ultinya tidak memiliki CC atau efek apapun seperti slow/stun, jadi akan lebih baik kalau kita gunakan skill 2 terlebih dahulu untuk stun sesaat baru ultimate (tergantung keadaan juga).

Bisa ane katakan hero ini seperti versi lemahnya Alice, kita tahu Alice memiliki darah yang tebal berkat skill pasifnya, lalu skill 1 nya memiliki teleport sehingga bisa cepat kabur setelah mengeluarkan ultimate ditengah-tengah tim musuh, dan yang paling penting ultimatenya tidak bisa dicancel dengan CC, jadi bisa dibilang Odette cukup lemah (secara gameplay) jika dibandingkan dengan Alice, namun harus diakui skill ultimate Odette sangat sakit dan cukup OP jika digunakan pada saat yang tepat.

Odette sangat bergantung pada tanker/fighter untuk membackup dia selama mengeluarkan ulti, walau damage yang diterima selama ulti akan berkurang 60% namun tetap saja kalau dikeroyok ya pasti mati-mati juga, terlebih kalau musuh mengeluarkan CC sedikit saja dan ultinya tercancel, maka dia tidak bisa kabur kecuali memakai Flicker itupun juga pasti akan terkejar lagi oleh musuh (Odette gerakannya cukup lambat karena pada dasarnya semua hero mage jalannya pelan), salah satu partner yang cocok untuk menemani Odette adalah Gatotkaca dan Ruby karena crowd control mereka sangat cocok dikombinasikan dengan ultimate Odette.

Kelebihan Odette:

  • Hero mage yang cocok untuk tim war, karena skill-skillnya termasuk skill pasifnya sangat bagus melawan banyak musuh sekaligus, tim MLBB juga menjelaskan karakteristik hero ini adalah semakin banyak hero lawan semakin besar damage yang dihasilkan.
  • Cukup mudah digunakan/dikuasai.
  • Memiliki burst damage area yang sangat besar, sehingga kemungkinan akan sering mendapat quadra bahkan penta kill saat teamfight.

Kekurangan Odette:

  • Gerakan yang lambat dan tidak memiliki mekanisme kabur pada skillnya, bayangkan seperti Alice tanpa skill teleport, hero ini menurut ane sangat lembek dan tidak lincah.
  • Damage skill ultimate nya memang OP namun sangat rentan dengan CC, sehingga bakal sering blunder jika timingnya tidak tepat, pastikan untuk menggunakan ulti setelah hero lawan sudah mengeluarkan skill stun/disable nya.
  • Ultinya juga sangat mudah dihindari mengingat Odette tidak bisa bergerak ataupun menyerang selama ultinya berjalan.
  • Harganya yang cukup mahal, ane rasa tidak worth it membeli hero seperti ini diharga 32k BP.
  • Sangat bergantung pada tim (tank/fighter) untuk backup.
  • Range skill 1 nya cenderung pendek (masih lebih jauh skill 1 Alice).

Hero Overall = 60



Itulah review dan penilaian ane terhadap hero mage baru ini, apakah kamu tertarik untuk membelinya? Sebagai penutup mungkin video diatas bisa lebih meyakinkan kamu untuk membeli hero ini atau tidak, video ini adalah gameplay hero Odette di Advance Server (Ranked Mode).


Related Posts: