3 Cara Membuat dan Memperbaiki Proses Pengambilan Keputusan

Setiap hari kita membuat keputusan, pastinya kita pernah membuat keputusan yang salah, terkadang kita membuat keputusan yang bodoh, tetapi yang terpenting adalah kita harus membuat keputusan, never put yourself on autopilot or you will get nowhere, banyak orang yang bilang hidup ini jalanin aja (jalannya kemana ya?), biarkan mengalir saja, masalahnya adalah Anda tidak akan pernah mencapai apapun yang berarti dalam hidup ini jika Anda hanya sekedar menjalani hidup, it’s not enough, you must embrace it, Anda harus memperdalam proses pengambilan keputusan bukan sekedar untuk menjalani hidup melainkan untuk mengubah dan memperbaikinya (karena Anda bisa), inilah salah satu nasihat Steve Jobs mengenai rahasia hidup yang paling saya suka.

Don’t just live, change it, improve it and make it better cause it messed up in a lot of ways, banyak orang mengeluh tentang hidup, keadaan, dan masyarakat namun tidak mau melakukan apapun untuk mengubah hal tersebut, mereka merasa itu bukanlah tanggung jawab mereka, secara tidak langsung sebenarnya mereka menolak untuk mengubah hidupnya sendiri, mungkin terlihat seperti tanggung jawab yang besar, namun jika Anda bersedia untuk belajar memperbaikinya maka Anda akan menemukan pilihan, bantuan dan jalan untuk mencapai tujuan tersebut lebih banyak dari yang Anda bayangkan.

Setiap keputusan pasti memiliki keuntungan dan kerugiannya masing-masing, maka dari itu belajarlah memperbaiki proses pengambilan keputusan dengan lebih bijak, berikanlah waktu untuk berpikir secara logis, mencerna informasi yang ada dan mengevaluasinya secara jangka panjang.

Berikut ini adalah 3 cara untuk membuat keputusan yang baik dalam hidup Anda:

1. Lebih seringlah menggunakan logika ketimbang perasaan

Tergantung konteks masalahnya, namun kita sebagai manusia cenderung lebih mudah larut dalam perasaan, ada berbagai masalah hidup yang tidak bisa diselesaikan dengan emosi/perasaan semata, dalam urusan bisnis dan karir (kesuksesan) setiap keputusan harus diambil berdasarkan logika dan pemikiran yang analitis, lain cerita kalau masalah yang Anda hadapi berhubungan dengan percintaan atau hubungan dengan orang lain.

Sebisa mungkin selalu gunakan logika dalam berpikir, gunakan akal sehat secara rasional, analisa lebih jauh tujuan/masalah yang ada, dan jadikan itu landasan dalam proses pengambilan keputusan.

  • Pahami apa tujuan/masalah/situasi yang sedang Anda hadapi dan kumpulkan segala informasi penting yang bisa Anda dapatkan.
  • Diskusikan (jika bisa) dengan orang lain yang bisa membantu Anda dalam permasalahan tersebut.
  • Stop mengambil keputusan terlalu cepat/buru-buru (kecuali urgent), beri waktu untuk berpikir, belajarlah untuk menunggu dan bersabar, jangan langsung mengambil tindakan tanpa informasi yang jelas/lengkap.
  • Ingat selalu gunakan logika, lakukan analisa dengan otak Anda, tanyalah pertanyaan (otak pasti akan berusaha menjawab secara perlahan), dan sebisa mungkin hindari melibatkan emosi/perasaan dalam pengambilan keputusan.

2. Selalu prioritaskan hasil untuk jangka panjang ketimbang jangka pendek

Kita semua suka menikmati hasil dari keputusan yang kita ambil sesegera mungkin, namun tidak banyak dari kita yang mampu bersabar melakukan hal-hal kecil secara konsisten untuk menikmati hasil yang terlihat dimasa depan untuk jangka panjang.

Faktanya hampir segala sesuatu yang berhubungan dengan kesuksesan adalah hasil dari keputusan-keputusan kecil yang memiliki dampak secara jangka panjang.

keputusan jangka panjangKita terlalu sering memprioritaskan hasil yang cepat, kita ingin menerima “hadiah” secepat mungkin, itulah yang membuat kita jarang sekali melihat “kado istimewa” yang lebih besar lagi dibalik keputusan-keputusan jangka panjang yang bisa kita lakukan dari sekarang.

Intinya adalah jangan terlena dengan apa yang ada didepan mata, think deeply into the future, keputusan yang Anda ambil sekarang akan mempengaruhi hidup Anda dimasa depan, jika harus memilih maka prioritaskanlah sesuatu yang memiliki dampak secara jangka panjang ketimbang sesuatu yang hasil/dampaknya hanya jangka pendek.

Ini berlaku dalam segala hal, baik dalam bisnis, karir, percintaan, persahabatan, dan kesehatan.

3. Belajarlah untuk fokus dan juga mengabaikan

Steve Jobs pernah berkata “focus is about saying no”, artinya fokus bukan hanya mengatakan iya pada suatu keputusan melainkan juga berkata tidak pada ribuan alternatif, pilihan, peluang dan kesempatan lain yang ada. Setiap hari Anda memiliki pilihan, hari esok membawa ribuan kesempatan baru, apakah Anda siap mengabaikan itu semua untuk fokus terhadap keputusan yang sudah Anda ambil?

Jika Anda ingin mengejar mimpi dan tujuan Anda, maka Anda harus bersedia mengatakan tidak pada semua pilihan alternatif yang ada. Banyak sekali pengusaha memiliki ide bisnis yang brilian namun tidak pernah sukses karena tidak fokus pada satu ide sampai berhasil.

Ironisnya semakin banyak kesempatan dan pilihan yang kita miliki justru membuat kita semakin bodoh dalam mengambil keputusan (karena kita takut mengambil langkah yang salah). Memiliki banyak tujuan (cabang) tentu akan sangat melelahkan dan dijamin pasti akan gagal. Cara terbaik untuk keluar dari masalah ini adalah fokus.

Maka dari itu, cobalah lakukan ini:

  • Miliki tujuan yang lebih tinggi. Jika ambisi Anda begitu kecil maka semangat Anda mudah sekali layu diperjalanan. Mimpi yang besar lebih mudah difokuskan karena itu lebih “worth it” diperjuangkan ketimbang impian-impian yang lebih kecil.
  • Batasi pilihan yang ada. Semakin banyak pilihan semakin lama waktu yang Anda habiskan waktu untuk memilih. Pangkas itu semua, batasi pilihan Anda menjadi 1 tujuan yang pasti, ingatlah bahwa setiap alternatif pilihan akan memperkecil kemungkinan sukses dari tujuan yang sudah Anda pilih.
  • Lupakan hal lain. Apapun yang bukan prioritas utama hidup Anda bisa dikerjakan nanti, lucunya adalah tujuan Anda sering sekali tidak menjadi prioritas utama karena sifatnya yang jangka panjang sampai akhirnya nanti Anda tersadar setelah waktu berjalan sekian lama (after you feel a big gap).
  • Berhati-hatilah dengan nafsu dan keinginan Anda. Waspada dengan hal-hal lain (diluar tujuan) yang Anda inginkan, terkadang keinginan (nafsu) itu terasa nyaman, menggoda, dan menyenangkan. Kenyataannya hal itu sangat berbahaya dan mematikan bagi tujuan hidup Anda.


Membuat dan mengambil keputusan yang baik untuk hidup Anda memang tidaklah mudah, orang-orang yang sukses tentu menemui pilihan-pilihan sulit diperjalanannya, namun mereka jelas memiliki tujuan yang besar, mereka bersabar, fokus, dan yang lebih penting adalah mereka berani berkata tidak kepada semua alternatif yang ada dalam hidup mereka.

Didunia yang penuh dengan kesempatan tak terbatas (endless opportunity) sangat sulit untuk bisa fokus pada sebuah pilihan dan mengabaikan jutaan pengalih perhatian diluar sana, namun jika Anda bersedia untuk mengabaikannya demi mengejar mimpi Anda maka percayalah Anda pasti akan sukses. So if you want to follow your dreams, you have to say no to all the alternatives. It’s not easy but in the end, it’s worth it.


Related Posts: