Prinsip & Cara Hidup Orang Sukses yang Harus Kita Tiru Sekarang


Kita semua punya mimpi dan tujuan besar yang ingin dicapai tapi mengapa hanya sebagian kecil dari kita yang benar-benar bisa mewujudkannya? Mengapa bertahun-tahun kita selalu membicarakan soal impian tersebut tapi kenyataannya hal itu tidak pernah kesampaian bahkan terasa semakin jauh dan sulit untuk digapai? Jawaban logisnya adalah karena sebagian besar dari kita stuck pada mimpi tersebut sampai-sampai lupa untuk melakukan prosesnya, berimpi itu enak karena tidak memerlukan usaha yang keras, semua orang bisa bermimpi, semua orang bisa berangan-angan dan mengkhayal, kita bisa terbuai dalam mimpi selama berbulan-bulan kedepan tanpa melakukan tindakan nyata apapun untuk mencapainya, namun prinsip hidup orang sukses tidaklah seperti itu.

Cara hidup sukses yang sebenarnya adalah tidak terlalu mempedulikan soal tujuan, mereka yang sukses akan lebih fokus pada proses setiap hari yang bisa mereka lakukan dan selalu mencari solusi untuk menghadapi masalah yang ada didepan mereka sekarang, goal/tujuan hanyalah patokan kemana mereka harus pergi tapi diperjalanannya mereka bisa berubah-ubah dan fleksibel mengikuti keadaan yang ada, bahkan tujuan kitapun bisa saja berganti setiap saat, memiliki tujuan saja tidak akan membawa Anda kemanapun, action dan tindakan adalah yang paling penting, khususnya tindakan apa yang Anda lakukan sekarang juga.

Now or never

Prinsip utama orang sukses adalah now or never, lakukan sekarang atau tidak sama sekali, jika mereka memiliki suatu tujuan/keinginan yang ingin dicapai maka pertanyaannya hanya mau atau tidak, kalau mau maka segera lakukan dan cari cara apapun untuk menggapainya, kalau tidak ya tidak usah sama sekali dikerjakan.


Mereka yang hanya bisa bermimpi (pemimpi) akan selalu mencari alasan seperti belum saat yang tepat, belum punya pengalaman, belum ada modal, dan belum-belum lainnya, faktanya orang sukses tidak pernah dibatasi oleh kapan mulainya, mereka tidak menunggu waktu, konsep/prinsip now or never sudah berlaku sejak mereka masih sekolah, Mark Zuckerberg tidak akan membuat Facebook saat masih kuliah kalau ia berpikir dirinya belum siap atau belum memiliki pengalaman membuat perusahaan.

Saya sangat suka dengan wawancara Steve Jobs saat ditanya bagaimana cara ia bisa membangun dan menjalankan perusahaan Apple saat masih muda (umur 21) padahal dirinya belum memiliki pengalaman sama sekali dan bahkan drop out dari universitas. Ia menjawab “In business, if you are willing to ask a lot of questions and think about things and work really hard, you can learn businesses pretty fast, not the hardest thing in the world.”, yang artinya dalam berbisnis kalau kita mau mempertanyakan banyak hal, berpikir dan bekerja keras, kita bisa mempelajari bisnis dengan sangat cepat, itu bukanlah hal tersulit didunia ini.

Jadi intinya adalah kalau kita ga bisa mulai sekarang, kita tidak akan bisa mulai kapanpun, kalau Anda merasa tidak bisa berhenti merokok sekarang, sama saja Anda tidak bisa berhenti sampai kapanpun, do it now or never, lakukan sekarang atau tidak sama sekali.

Cara orang sukses menghadapi masalah

cara hidup suksesSaat kita memutuskan untuk action dan mengambil tindakan tentu akan ada banyak masalah dan rintangan yang menghalangi, lalu bagaimana cara orang sukses menghadapi masalah yang ada? Apakah mereka pernah stuck tidak tahu harus ngapain? Ya, tentu semua orang pasti pernah merasa buntu dan bingung mau melakukan apa, tapi perbedaan utama orang yang bisa sukses dengan sekedar pemimpi adalah mereka yang sukses keep moving forward (terus bergerak dan mencari solusi) sedangkan seorang pemimpi mungkin akan mengeluh, menyerah, dan menyalahkan keadaan.

Orang sukses akan melakukan hal-hal berikut disaat kesulitan:

  • Mereka tidak malu dan gengsi untuk meminta bantuan pada orang lain kalau memang mereka memerlukannya.
  • Mereka tidak sibuk ngurusin hidup orang lain, kepoin kehidupan orang lain, dan mempedulikan apa yang orang lain pikirkan tentang dirinya.
  • Mereka tahu batasan dirinya dan berusaha mengakali batas-batas tersebut dengan memanfaatkan lingkungan, keadaan, termasuk kelebihan dan keahlian orang lain.
  • Mereka cepat bertindak sebelum kehilangan motivasi karena sadar betul penundaan hanya akan membuat mereka semakin ketinggalan dan jadi makin malas memulai.

Kesimpulannya adalah daripada kita sibuk membicarakan soal mimpi-mimpi yang tidak pernah tercapai itu, lebih baik kita fokus pada apa yang bisa kita kerjakan sekarang sekecil apapun itu, entah dengan membuat 1 artikel lagi, membuat 1 video lagi, menjual 1 produk lagi, apapun itu selama bisa memberi dampak positif bagi hidup kita walaupun kecil, karena kalau Anda tidak melakukannya sekarang maka Anda tidak akan pernah mencapai mimpi Anda sampai kapanpun.

Fokuslah pada bertindak dan melakukan sesuatu ketimbang hanya pasif diam dan menunggu, fokuslah pada berkarya dan menciptakan sesuatu daripada sekedar jadi penikmat karya dan produk orang lain, jadilah produsen daripada sekedar konsumen, seperti yang petuah lama katakan “if you commit to nothing, you’ll be distracted by everything”, jika Anda tidak fokus dan mengerjakan sesuatu sekarang, maka Anda akan terganggu oleh semua hal yang ada didunia ini, dan kabar buruknya adalah internet memiliki stok pengalih perhatian yang tak terbatas dan akan selalu siap menyediakan gangguan tersebut seumur hidup kita.

Jadi mulailah pegang prinsip hidup now or never, lakukan sekarang juga karena waktu terbaik adalah sekarang, bukan besok, bukan nanti, bukan kapanpun, it’s now or never.


Related Post: