Peluang Usaha Modal Kecil yang Semua Orang Bisa Lakukan


Peluang usaha modal kecil yang bisa Anda kerjakan dengan uang dibawah 10 juta rupiah.

Jika Anda tidak tahu ingin melakukan apa atau berbisnis apa dalam hidup Anda, maka cara terbaik adalah dengan mencoba sebanyak-banyaknya dan perjuangkan apa yang betul-betul memberikan hasil terbaik untuk Anda. Kendala utama banyak orang dalam berbisnis adalah modal dan skill.

Karena itu dalam artikel ini saya akan membagikan beberapa peluang usaha modal kecil yang semua orang bisa lakukan sekarang juga, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Panduan ini isinya akan cukup panjang karena disertai dengan langkah-langkah praktis supaya Anda bisa segera memulai, jadi tidak hanya sekedar memberikan ide/peluang usaha namun panduan realistis supaya Anda bisa bergerak sekarang juga tanpa kebingungan.
  • Panduan sepraktis dan serealistis apapun tidak akan ada gunanya jika ujung-ujungnya tidak dipraktekan sama sekali.
  • Walaupun hanya membutuhkan modal kecil untuk start pada awalnya, bukan berarti faktor “uang” atau modal tidaklah penting disini.
  • Walaupun peluang usaha ini “bisa dilakukan semua orang” bukan berarti semua orang “bisa sukses menjalankan usaha ini”, semua tergantung dari seberapa keras usaha Anda, kemampuan Anda, modal Anda, termasuk keberuntungan Anda.

Inilah beberapa peluang usaha modal kecil yang semua orang bisa lakukan dan bisa Anda kerjakan sekarang juga:



1. Blog

peluang usaha blogModal yang diperlukan: Rp 0.- s/d Rp 2.000.000,-

Banyak orang mengatakan bahwa tahun 2016 ini sudah telat untuk membuat sebuah blog karena sudah banyak sekali blogger-blogger dengan berbagai niche bermunculan. Menurut saya sampai kapanpun tidak ada kata telat untuk menjadi seorang blogger, karena blog adalah “long sustainable business”. Coba perhatikan dari tahun 90-an sampai sekarang blog masih tetap exist bahkan setiap tahun blog menjadi semakin populer, karena pada dasarnya kebutuhan akan konsumsi konten online tidak akan pernah ada habisnya.

Yang membuat sulit dalam membangun blog sekarang ini adalah banyaknya persaingan/kompetitor di berbagai niche termasuk blog gado-gado. Karena itu kunci kesuksesan sebuah blog adalah keahlian si penulis dalam membuat konten yang berkualitas. Jangan membuat blog jika ingin mencari profit cepat, ingat blog adalah long sustainable business artinya bisnis ini sangat tidak cocok bagi Anda yang ingin mencari uang dari hari pertama, karena rata-rata sebuah blog baru mulai menghasilkan profit yang real dan lumayan setelah 6-12 bulan. Namun jika Anda mencari sebuah bisnis yang perlahan-lahan menghasilkan dan bisa bertahan lama maka blog adalah pilihan yang sangat tepat.

How to start:

Tentukan kategori/niche blog Anda, tentukan artikel dalam bidang apa yang ingin Anda tulis, cari sebuah nama untuk blog Anda dan beli domain + hosting sesegera mungkin. Anda bisa membeli domain seharga Rp 150.000,-/tahun dan hosting dengan range sekitar Rp 150.000,- s/d 1 juta per tahun. Berikut ini beberapa situs untuk membeli domain+hosting:

Lokal:

Luar negeri:

Jika target visitor Anda adalah orang Indonesia maka gunakan server lokal namun jika target Anda adalah visitor internasional maka gunakan server luar negeri. Salah satu faktor yang mempengaruhi SEO adalah “umur sebuah blog/domain”, semakin tua umur sebuah domain maka semakin bagus posisinya di mesin pencari karena itulah ada baiknya Anda membeli domain secepat mungkin (walaupun belum ada isinya), setelah membeli domain maka Anda bisa menggunakan paltform gratis seperti blogspot/wordpress atau jika Anda cukup ahli maka gunakan coding sendiri dan yang paling penting segera buat konten (artikel) untuk blog Anda.

Marketingkan blog Anda setidaknya setelah Anda memiliki 15-20 artikel yang bisa dibaca oleh visitor Anda, dan jangan lupa untuk segera submit blog dan artikel Anda ke mesin pencari khususnya Google.

Ada beberapa metode monetize yang bisa Anda lakukan yaitu:

  • Display ads –> menggunakan AdSense, WordAds, dll.
  • Affiliate –> mempromosikan barang orang lain, seperti Accesstrade, Amazon, Clickbank, dll.
  • Banner ads –> menawarkan ruang iklan mandiri di blog Anda (dengan catatan blog Anda harus memiliki visitor yang cukup banyak)
  • Paid review/Sponsored post –> menulis artikel untuk suatu produk/jasa/brand (memerlukan banyak visitor supaya brand bisa tertarik untuk menggunakan jasa ini)

Kuncinya adalah fokus pada konten blog Anda karena konten akan mendatangkan trafik, dan trafik akan mendatangkan profit. Yang paling penting adalah sabar, karena ini semua perlu waktu dan usaha yang tidak sedikit, teruslah ngeblog, teruslah menulis, dan jangan mudah menyerah.


2. Jasa online

peluang bisnis jasa onlineModal yang diperlukan Rp 0,- s/d Rp 2.000.000,-

Ada 2 cara dalam menjual jasa Anda secara online kepada orang lain:

  1. Anda mencari orang yang membutuhkan jasa Anda di marketplace jasa seperti sribulancer/projects, atau
  2. Anda membiarkan orang lain yang datang mencari jasa Anda di internet (recommended)

Artinya ada 2 pendekatan disini, yaitu secara aktif (Anda yang mencari) dan pasif (Anda yang dicari). Saya sendiri lebih menyukai pendekatan yang kedua (pasif) karena jauh lebih “menjual” dan tentu lebih sulit dilakukan ketimbang yang pertama.

Jasa yang kita bicarakan disini bukanlah jasa yang muluk-muluk atau level sulit, sesuai judulnya “semua orang bisa lakukan” artinya mulai dari anak SMA, mahasiswa, sampai pekerja kantoran bisa mengerjakan usaha ini, beberapa contoh jasa online ini adalah:

  • Penulis lepas / content writer / copywriting (jasa penulis)
  • Online marketing / reseller-dropship / Social media marketing / Assistant online (jasa pemasaran online)
  • Jasa translate (translator), entry data (input data), dan desain.

Mungkin Anda bertanya-tanya kenapa menjalankan usaha ini perlu modal? Bukankah ini seperti bekerja freelance?

Ya, kalau Anda hanya menggunakan pendekatan yang pertama (aktif) maka Anda hanya menjual tenaga Anda dan tidak memerlukan modal. Tetapi jika Anda ingin naik to next level maka Anda harus berani mengeluarkan modal dan tenaga yang lebih, contohnya seperti jasa penulis artikel online yaitu JTA (Jasa Tulis Artikel).

Artinya disini Anda membangun reputasi, membangun portofolio, dan tentunya membangun sebuah bisnis jangka panjang yang menjual jasa Anda secara online.

How to start:

Tentukan apa yang ingin Anda jual dan asahlah kemampuan tersebut dengan belajar melalui google, buku, seminar, workshop, dll. Contoh jika Anda ingin menjual jasa copywriting maka pelajarilah bagaimana cara menjadi seorang copywriter yang benar (profesional), saya sendiri yakin bahwa banyak sekali ilmu-ilmu bernilai yang sudah tersedia gratis di internet jadi kuncinya adalah Anda harus rajin belajar dan mencari.

Setelah Anda cukup ahli dan yakin dengan skill Anda, maka mulailah menjual. Bagaimana caranya menjual jasa online kalau klien saja kita tidak punya?

Cara terbaik adalah dengan membuat website/blog (sebagai portofolio) dan cari klien secara aktif di marketplace jasa seperti sribulancer dan projects, bisa juga cari di berbagai situs lowongan kerja dan forum. Minta klien pertama Anda untuk memberikan testimoni dan jadikan itu sebagai “pemanis” halaman testimonial website Anda, semakin banyak Anda mendapat testimoni klien maka semakin mudah untuk menjual jasa Anda yang berikutnya.

Prinsipnya hampir sama seperti membangun sebuah blog/toko online, yang membedakan adalah Anda menjual jasa bukan produk. Lalu modal yang ada digunakan untuk apa? Modal tersebut digunakan untuk:

  • Membuat website sebagai portofolio atau tempat Anda menjual jasa secara online (hosting+domain)
  • Mengasah skill Anda supaya lebih expert lagi (misalnya dengan mengikuti kursus atau membeli buku)
  • Marketing atau promosi layanan Anda

Carilah skill yang “sulit digantikan oleh robot” contohnya seperti menulis dan desain. Dan jika memungkinkan lakukanlah ekspansi, misalnya dari jasa penulis lepas Anda bisa mulai menjual jasa SEO, content marketing, paid review, copywriting, dll. Dari 1 kemampuan saja yaitu “menulis” Anda bisa menjual beberapa layanan sekaligus. Bukan hal yang mustahil jika nantinya semakin banyak yang membutuhkan jasa Anda, dan Anda akan memerlukan karyawan/asisten untuk membantu Anda.

Note: berhati-hatilah karena ada beberapa jenis layanan online yang mulai beresiko seperti jasa translator dan entry data. Jasa-jasa seperti ini masalahnya bisa digantikan oleh robot/software/program komputer, sebisa mungkin pelajari sesuatu yang memang hanya bisa dilakukan manusia supaya ilmu Anda juga tidak menjadi sia-sia.


3. Sewa produk

peluang usaha onlineModal yang diperlukan: Rp 0,- s/d Rp 10.000.000,- (tergantung produknya)

Hampir sama seperti menjual jasa online, namun disini ada “produk” yang menjadi katalis untuk memaksimalkan pendapatan Anda. Modal disini lebih digunakan untuk membeli peralatan sebagai dasar dari usaha Anda. Produk yang bisa Anda sewakan sangat banyak mulai dari kamera, motor, mobil, ruangan kosong, dll.

Intinya Anda memanfaatkan sejauh mungkin aset/barang yang Anda miliki. Bahkan gadis 16 tahun bisa meraup jutaan rupiah per bulan dari bisnis penyewaan kamera. Manfaatkanlah barang-barang yang memiliki value untuk orang lain.

  • Punya motor? Coba sewakan secara online atau sekaligus Anda menjadi drivernya dengan bergabung bersama Go-jek atau Grab Bike.
  • Punya mobil? Coba sewakan melalui iklan baris/forum, atau sekaligus menjadi drivernya di Uber.
  • Punya ruangan/kamar kosong? Coba sewakan di Airbnb.
  • Punya kamera? Pelajari cara mengambil gambar yang baik, dan jual jasa sebagai fotografer, atau bisa Anda sewakan seperti kasus gadis 16 tahun diatas.

How to start:

Sudah jelas belilah peralatan yang diperlukan dan segera sewakan melalui internet sekarang juga. Pasang jasa sewa tersebut di FJB kaskus, OLX, marketplace, website sendiri, social media, berbagai forum dan group yang relevan.

Usaha ini tergolong mudah karena basicnya Anda hanya membeli barang dan menyewakannya, sehingga faktor modal sangat diperlukan dalam menjalankan usaha seperti ini.


4. Jual beli

jual beli onlineModal yang diperlukan: Rp 0,- s/d Rp 10.000.000,-

Usaha yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda, jual beli atau lebih tepatnya berdagang secara online dan offline. Jika Anda tidak memiliki modal yang cukup untuk melakukan stok (modal dibawah 1 juta), maka Anda bisa mulai sebagai reseller-dropship. Ada 3 cara untuk menjual barang, yaitu:

  • Anda memproduksinya sendiri (produsen)
  • Anda menyediakan stok dalam jumlah banyak alias beli putus (distributor/reseller)
  • Anda menjualkan produk orang lain tanpa memegang stok (dropship)

Usaha ini termasuk simpel karena yang paling penting adalah pemilihan produk (yang laku) dan bagaimana cara Anda memarketingkan produk tersebut. Cara terbaik adalah dengan mencoba semua channel marketing yang ada mulai dari marketplace seperti tokopedia/bukalapak, forum seperti FJB kaskus, iklan baris OLX, website sendiri, social media, serta secara offline (mouth to mouth). Setelah beberapa bulan, Anda bisa memfokuskan pada 2-3 channel yang terbukti membawa hasil maksimal. Dalam jual beli Anda harus jeli melihat produk mana yang mulai tidak laku dan harus Anda tinggalkan (discontinue), dan produk mana yang sedang laku sehingga harus cepat-cepat di stok.

How to start:

Pembahasan yang super lengkap dari A-Z sudah saya jelaskan di artikel ini –> Belajar bisnis dengan cara sederhana dan Anda juga bisa baca tips-tips penting lainnya disini –> Tips toko online.

Bagi Anda yang ingin mencari daftar supplier yang menerima reseller/dropship untuk market Indonesia, Anda bisa mencari/mendownload daftarnya disini:

Daftar Reseller Toko Online (pdf)

note: daftar ini dibuat sudah cukup lama (tua), ada kemungkinan beberapa supplier sudah tidak aktif lagi, karena itu sebaiknya Anda cek terlebih dahulu website/kontak masing-masing supplier untuk memastikannya.


5. Youtuber / vlogger

apa itu youtuber adalahModal yang diperlukan: Rp 0,- s/d 5.000.000,-

Menjadi youtuber juga bisa menjadi usaha yang menjanjikan namun fokus utama Anda haruslah menciptakan konten karena youtuber dan blogger hampir memiliki konsep yang sama, hanya bedanya youtuber memberikan konten berupa video, karena itu Anda juga perlu peralatan penunjang seperti kamera, set/panggung/tempat, software video editing, dll.

Membangun eksistensi didunia youtube pastinya butuh waktu yang panjang, sama seperti blog, Anda harus sabar dan ini bukanlah cara cepat untuk menghasilkan profit. Rata-rata youtuber yang sukses juga awalnya tidak memprioritaskan ini sebagai penghasilan tetapi sebagai tempat berkarya, mengembangkan diri, dan menghibur/membantu orang lain.

How to start:

Beli peralatan yang diperlukan seperti kamera, atau jika tidak ada modal bisa gunakan kamera HP/webcam laptop dan buat konten dengan konsep yang simpel dulu seperti tutorial atau daily vlog. Pemilihan judul dan gambar thumbnail (featured image) di youtube sangat penting, karena itu jangan sampai Anda menyepelekan hal simpel seperti ini.

  • Pembahasan super lengkap untuk sukses didunia YouTube mulai dari nol (0 subscriber) saya bahas secara detail disini –> 7 Cara Menjadi Youtuber Sukses Mulai Dari Nol
  • Dan juga analisis mengapa PewDiePie (youtuber tersukses sampai hari ini) bisa menjadi channel Youtube no. 1 didunia saya ulas disini –> Rahasia PewDiePie

Untuk monetize atau cara mencari uang, video Edho Zell berikut sudah menjelaskannya dengan baik:

sumber video: Edho Zell Days


6. Full-time freelancer

peluang usaha modal kecilModal yang diperlukan: Rp 0,- s/d Rp 1.000.000,-

Hampir sama dengan usaha no. 2 (jasa online), namun Anda disini bukan sebagai freelancer yang membangun bisnis jasa, melainkan pekerja full-time yang aktif mencari projek untuk dikerjakan. Sebenarnya usaha ini tidak memerlukan modal sama sekali, namun ada beberapa pekerjaan yang tetap membutuhkan modal awal seperti desainer dan fotografer. Beberapa pekerjaan yang bisa Anda lakukan adalah:

  • Jasa menulis artikel, content writer, copywriting, SEO, dan content marketing.
  • Jasa desain grafis, photoshop, desain logo/banner/thumbnail, termasuk mendesain tampilan website.
  • Jasa entry data/input data/accounting/editing.
  • Jasa programming, web development, programmer software/theme/plugin/android/ios/dll.
  • Jasa asisten virtual, asisten social media, dan asisten pribadi.
  • Jasa pencarian, mencari data, market research/riset pasar, mencari katalog/daftar/list produk, dll.
  • Jasa marketing, online marketing, social media marketing, search engine marketing, email marketing, sms blast, dll.
  • Jasa pembuatan konten video, animasi, dan video editing.

Anda bisa segera mencari pekerjaan/projek dengan cepat di situs-situr berikut:

Khusus untuk jasa desain Anda bisa mencoba situs-situs berikut:

How to start:

Anda bisa mulai belajar dari situs-situs berikut:

Anda bisa mendapatkan ilmu-ilmu yang Anda perlukan secara gratis di internet, Anda juga bisa belajar dari blog-blog lokal jika situs-situs diatas kurang Anda pahami karena berbahasa Inggris, saya sendiri sangat menyukai motto dari Khan Academy yaitu “You only have to know one thing: You can learn anything”. Semua ilmu yang Anda perlukan sebenarnya sudah tersedia dengan gratis, hanya masalah seberapa jauh Anda ingin belajar, seberapa niat Anda mencari, dan seberapa mampu Anda memperjuangkan usaha Anda.


7. Mini franchise

waralaba atau franchise kecil-kecilanModal yang diperlukan: Rp 3.000.000,- s/d Rp 5.000.000,-

Sejauh ini, menurut saya alternatif usaha waralaba kecil/mini franchise adalah pilihan yang paling cocok kalau Anda masih belum memiliki banyak skill dan pengalaman. Jika Anda punya sedikit modal (<Rp 5.000.000,-) dan bingung mau ngapain, maka tidak ada salahnya coba bergabung dengan franchise kecil-kecilan, karena selain resikonya sangat minim, Anda juga bisa langsung berbisnis saat itu juga.

Pemilik franchise biasanya sudah menyiapkan semuanya mulai dari sistem, peralatan, dan bahan bakunya, sehingga Anda tinggal mengatur operasional dan marketing bisnis Anda sendiri, dengan begini Anda jauh lebih fokus belajar sekaligus berbisnis tanpa harus direpoti dengan urusan-urusan teknis lainnya.

How to start:

Pertama Anda harus mencari dulu pemilik franchise yang ingin menjual bisnisnya kepada Anda, cara menemukan pemilik franchise ini bisa dilakukan melalui Google tinggal ketik saja “Franchise …” atau “Waralaba …”.

note: waspadalah karena diluar sana ada pemilik franchise yang suka menipu/memanfaatkan mitranya, sebelum memutuskan membeli sebuah franchise, pahami dulu bagaimana sistem kerja dan cash-flownya, pelajari dengan baik ketentuan/perjanjian kerja samanya, dan yang paling penting perhatikan kredibilitas sang pemilik usaha. Kalau dirasa tidak meyakinkan dan cenderung omong kosong (janji manis “omset besar” tapi tidak ada bukti nyata yang realistis) sebaiknya jangan bekerja sama.


8. Agen properti

menjadi agen propertiModal awal yang diperlukan: Rp 0,- s/d Rp 1.000.000,-

Menjadi agen/broker/makelar properti merupakan peluang yang sangat menggiurkan kalau ditekuni dengan serius. Syarat bergabungnya juga tidak ribet, yang penting Anda bisa mencari rumah untuk dijual dan mencarikan pembelinya.

Kelihatannya mudah, tapi pada prakteknya bisa sangat sulit, karena itu beberapa perusahaan agen properti memberikan training bersertifikasi kepada para agennya, disini Anda akan mendapat sertifikat resmi dari perusahaan sebagai broker dan rata-rata biaya trainingnya sekitar 1 jutaan. Tentu ini hanya optional bukan keharusan, beberapa makelar ada yang bisa menghasilkan penjualan tanpa pernah ikut training sekalipun karena sudah terbiasa dengan praktek dilapangan.

Saran saya jauh lebih potensial jika Anda bergabung dengan agen properti ternama seperti Ray White dan Century 21, namun tidak ada salahnya juga bergabung dengan agen-agen properti kecil lainnya yang belum terkenal.

Komisi yang dihasilkan agen properti adalah sekitar 1-3% dari nilai transaksi properti, artinya kalau Anda berhasil menjual rumah seharga 1 M, maka Anda akan mendapat komisi sekitar 10-15 juta dari satu transaksi tersebut.

Namun jangan mudah terbuai dengan angka tersebut, kenyataannya bisa menjual satu rumah mulai dari listing (mencari rumah untuk dijual) sampai close deal (rumah terjual) itu tidak semudah yang dibayangkan, banyak agen-agen yang menyerah di tengah perjalanannya karena setelah beberapa bulan tidak berhasil mendapatkan transaksi.

Yang lebih menjengkelkan lagi adalah penjual dan pembeli suka bertransaksi diluar sepengetahuan Anda setelah dipertemukan (bypass), sehingga Anda tidak mendapat komisi sama sekali. Karena itu keahlian dalam bernegosiasi dan persuasi sangat dibutuhkan disini.

How to start:

Mulailah bergabung dengan agen properti terdekat dari lokasi Anda, Anda bisa cari di situs lowongan kerja seperti Jobstreet dengan kata kunci “properti”, “agen properti”, “marketing associate”, atau bisa langsung cari dihalaman karir website resmi agen-agen properti top seperti RayWhite dan Century21.

note: jika dirasa perlu, pertimbangkan untuk mengikuti training yang disediakan pihak broker tersebut, namun kalau tidak mau keluar modal, Anda juga bisa belajar langsung dari pengalaman (praktek dilapangan) atau bertanya pada teman-teman agen lainnya.

Bahkan beberapa agen yang sudah profesional dapat bekerja secara independent, artinya dia melakukan bisnis agen properti ini tanpa bantuan perusahaan/organisasi dan bergerak sendirian sehingga keuntungannya jauh lebih maksimal (tidak dipotong pihak perusahaan).

Namun kerugian terbesar bergerak secara independent adalah dari segi hukum dimana kita tidak bisa “mengikat” penjual rumah supaya membayar komisi setelah kita berhasil menjualkan propertinya (kecuali sang agen mampu membuat perjanjian hukum), penjual rumah bisa kabur begitu saja setelah kita berhasil menjualkan propertinya, selain itu sulit membangun kepercayaan dan kredibilitas karena tidak ada background organisasi/perusahaan yang membackup kita.

Jadi bagi pemula jauh lebih baik bergabung dengan broker properti yang sudah ada, banyak-banyak belajar dan setelah mahir baru pertimbangkan untuk bergerak secara independen.



Jadi peluang usaha manakah yang terbaik?

Peluang usaha terbaik adalah usaha yang bisa Anda kerjakan dan jalankan sekarang juga, detik ini juga. Stop questioning, start doing. Teruslah berjuang sampai Anda betul-betul berhasil atau gagal total. Jika gagal segera bangkit dan coba peluang usaha lainnya.

Good luck.

apa itu entrepreneur adalahsumber gambar: Nasscom.in

note: Artikel peluang usaha ini akan terus diperbarui sesuai dengan keadaan, sehingga kedepannya saya akan menambahkan peluang-peluang usaha lainnya yang lebih baru dan prospektif. Akhir kata, selamat berjuang kawan 🙂


Related Posts: