Nasihat Sederhana Untuk Karir Anda


Beberapa tips berikut mungkin sangat umum dan klise tetapi sangat bagus sebagai reminder untuk mengingatkan kembali apa hal-hal yang perlu Anda lakukan dalam membangun karir Anda.

Jika Anda masih sekolah (SMP/SMA)

– Segeralah mencari passion Anda dan kembangkan passion Anda sedini mungkin, Anda dapat membangun reputasi sedini mungkin dengan belajar lebih awal dan mengasah passion Anda sejak dini. Memulai diawal adalah keuntungan yang sangat besar terlebih saat Anda masih menjadi tanggungan orang tua, Anda memiliki banyak kebebasan dari segi waktu dan juga finansial.

– Mulai pengalaman bekerja sedini mungkin, baik itu freelance, part-time, atau usaha kecil-kecilan. Anda masih sangat nothing to lose dan Anda bisa memperkaya diri Anda secara pengalaman dengan bekerja sederhana seperti part time, membantu bisnis orang tua (jika ada), atau bahkan memulai bisnis online kecil-kecilan seperti online shop atau membuat channel youtube Anda sendiri. Tidak perlu menunggu lulus sekolah untuk mendapatkan semua pengalaman ini.

– Jika Anda berencana kuliah, pilihlah jurusan yang nantinya Anda akan bekerja dibidang tersebut. Sebisa mungkin jangan mengambil jurusan yang Anda tidak tertarik untuk berkarir dibidang tersebut. Memang banyak orang sukses berkarir dibidang yang berbeda dengan jurusan yang mereka ambil saat kuliah, tetapi tentu Anda tidak ingin menyia-nyiakan 4 tahun masa muda Anda mempelajari sesuatu yang tidak akan Anda gunakan seumur hidup.

– Jika Anda ingin bekerja diperusahaan besar/internasional, pilihlah universitas besar ternama (big company looking to big university). Tidak semua orang cukup beruntung bisa kuliah di univ. ternama, tetapi jika Anda mampu maka kuliahlah di univ. ternama, karena Anda membawa nama universitas tersebut ketika Anda lulus. Lulusan universtitas ternama memberikan reputasi tersendiri untuk Anda (tetapi jangan terjebak untuk hanya sekedar lulus karena menganggap yang penting lulusan universitas ternama). Di dunia karir orang akan sering bertanya Anda lulusan mana? Itulah keuntungan jika Anda kuliah di universitas ternama, Anda membawa nama itu seumur hidup Anda. Anda akan sangat diuntungkan bukan hanya dari segi ilmu, tetapi juga dari segi koneksi dan reputasi.

– Ingat bahwa di Indonesia gelar sangat penting dalam mencari pekerjaan, bahkan untuk pekerjaan sekedar menginput data beberapa perusahaan mengharuskan syarat S1, yang artinya sekarang memiliki gelar sarjana saja tidaklah cukup, berhati-hatilah karena dimasa depan jumlah sarjana akan semakin banyak, yang artinya standart yang ada juga semakin tinggi, berpikirlah bagaimana untuk meningkatkan value Anda.

Baca juga: Bagaimana cara mencari passion Anda

Jika Anda sedang kuliah (mahasiswa)

– Anda bisa mulai membangun reputasi melalui organisasi, ikuti kegiatan organisasi kampus dan aktif berkontribusi dalam organisasi tersebut. Keuntungan dari berorganisasi adalah Anda membangun reputasi sedini mungkin, meningkatkan pengalaman dan wawasan sebagai profesional serta menambah jaringan/koneksi dilingkungan kampus.

– Magang. Hal yang paling bermanfaat dari kuliah untuk portofolio Anda adalah magang. Selain Anda bisa kerja praktek, menambah wawasan dan pengalaman, magang adalah peningkat value Anda dalam mencari pekerjaan (sangat baik untuk resume/CV Anda). Maganglah pada posisi/pekerjaan yang sesuai dengan karir Anda nantinya, ingat ini adalah reputasi pertama Anda.

– Coba berbisnis ala mahasiswa. Anda berada dimomen yang paling pas untuk memulai bisnis, dari aspek usia, legalitas, koneksi, serta ilmu dan wawasan, maka momen terbaik untuk mulai belajar/membangun bisnis adalah saat Anda kuliah. Buatlah kesalahan selagi masih muda, jangan takut mencoba, karena resiko Anda masih sangat minim. Anda bisa memulai dari berdagang/jualan online atau membangun brand Anda sendiri.

Jika Anda adalah seorang karyawan

– Ada 3 hal yang harus berkembang dari tempat dimana Anda bekerja yaitu:

  1. Finansial (gaji/komisi)
  2. Sosial (relasi/sosialisasi)
  3. Intelektual (ilmu/skill)

Dalam pekerjaan Anda harus ada minimal 2 hal yang berkembang dari ketiga poin diatas, jika Anda merasa hanya berkembang di salah satu poin atau bahkan tidak sama sekali, maka pertimbangkanlah untuk mencari pekerjaan baru atau memulai usaha Anda sendiri.

– Carilah kebahagiaan. Anda akan menghabiskan mayoritas waktu Anda pada pekerjaan yang artinya sebagian besar hidup Anda akan dihabiskan untuk bekerja. Carilah kebahagiaan, Anda tentu tidak ingin menghabiskan sebagian besar waktu Anda (yang tidak akan pernah kembali) untuk sebuah pekerjaan yang tidak membuat Anda bahagia. Ingat bahwa kebahagiaanlah yang membuat Anda sukses, bukan sebaliknya.

Baca juga: Tanda Anda harus segera resign



Apapun keadaan Anda dan dimanapun Anda sekarang ingatlah ini:

Waktu adalah sumber daya terbaik yang Anda miliki (time is your greatest resource). Your time is the most important thing in the world. Dan setiap orang sama-sama memiliki waktu 24 jam sehari dalam hidupnya. Gunakanlah dengan bijak, waktu tidak akan pernah kembali, maka pergunakanlah waktu dan masa muda Anda sebaik mungkin. Cobalah sesuatu yang baru, buat kesalahan dan jangan takut gagal, carilah kebahagiaan dan yang terpenting adalah hiduplah dengan cara Anda sendiri.

Live the way you want.

Your life, your rules.

steve-jobs-quotes


Related Post: