Monetize Blog Dari Hari Pertama Tanpa Syarat Dengan Shareaholic


Tahukah Anda bahwa blog yang baru Anda buat bisa langsung di-monetize sejak hari pertama tanpa syarat apapun dengan menggunakan Shareaholic. Ya betul-betul tanpa syarat apapun baik itu trafik dan sebagainya, yang Anda perlukan hanyalah sebuah blog dan konten yang cukup memadai.

Shareaholic ini tersedia dalam bentuk plugin (untuk wordpress) dan dalam bentuk code/script yang tinggal Anda masukkan kedalam html/editor blog Anda (universal platform), jadi Shareaholic ini bisa digunakan oleh berbagai jenis platform baik itu wordpress/blogspot/website sendiri.

Mari kita pelajari lebih lanjut.

Apa itu Shareaholic?


Shareaholic adalah sebuah platform/plugin all-in-one yang berguna untuk memaksimalkan setiap fitur yang ada di blog Anda baik itu related posts, social sharing, analytics, bahkan sampai monetize.

Karena disini kita bicara soal monetize maka kita tidak akan membahas fitur lainnya selain yang berhubungan dengan monetize. Secara garis besar Shareaholic memiliki 3 fitur utama yaitu:

  1. Related & promoted content = Fitur ini berguna untuk menampilkan rekomendasi artikel/postingan yang berhubungan dengan halaman blog Anda.
  2. Share buttons = Fitur ini berguna untuk menampilkan tombol share (social share) pada blog Anda dengan beragam customisasi. Tombol share dapat diletakkan pada bagian atas/bawah konten dan juga dibagian samping (float).
  3. Monetization = Fitur ini berfungsi untuk mengatur jenis monetize pada blog Anda, dan akan saya bahas selengkapnya dibawah.

Pertama Anda harus memverifikasi blog Anda dengan membuat akun di website Shareaholic. Proses ini sangat simpel sama seperti Anda mendaftarkan website pada google/analytics dan sejenisnya, tinggal masukkan script pada halaman blog dan blog Anda akan segera terverifikasi. Jika Anda menggunakan plugin wordpress Shareaholic maka Anda tinggal buat akun dan verifikasi dengan memasukkan url blog Anda di dashboard akun Shareaholic.

Bila blog Anda menggunakan platform wordpress maka lebih baik Anda mengaktifkan fitur melalui dashboard plugin Shareaholic karena akan jauh lebih mudah dan praktis. Untuk yang menggunakan cara biasa melalui website Shareaholic maka Anda harus memasukkan setiap script/code dari fitur yang diperlukan kedalam halaman blog Anda secara manual.

Buka halaman monetize pada dashboard plugin/akun Shareaholic Anda, dan Anda akan melihat tampilan seperti berikut.

monetize blog dari hari pertama tanpa syaratAda berbagai jenis monetize yang bisa Anda pilih yaitu:

1. Post Share Ads

Setiap kali pengunjung blog Anda membagikan konten Anda (share) maka akan muncul window/iklan (banner ads) dan Anda akan mendapatkan revenue. Contoh iklan yang akan muncul setelah pengunjung membagikan konten blog Anda seperti dibawah ini:

monetize blog sejak hari pertamanote: Anda harus mengaktifkan fitur share buttons untuk menampilkan iklan ini.

2. Affiliate Links

Fitur ini sama seperti sistem affiliate pada umumnya, namun fitur affiliate Shareaholic ini akan memaksimalkan setiap link (outbound) yang ada didalam blog Anda. Misalnya didalam salah satu artikel blog Anda ada link yang menuju situs amazon, maka secara otomatis Shareaholic akan menjadikan link tersebut sebagai link affiliate dan Anda akan mendapatkan komisi jika terjadi transaksi melalui link tersebut.

Bagaimana kalau kita sudah memiliki link affiliate sendiri? Shareaholic tidak akan merubah apapun jika link tersebut adalah link affiliate, sehingga fitur ini aman digunakan baik oleh Anda yang affiliate marketer atau bukan. Anda tinggal mengaktifkan fitur ini pada dashboard dan link affiliate akan berjalan secara otomatis.

note: link affiliate Shareaholic ini kebanyakan bekerja sama dengan situs affiliate luar negeri sehingga untuk blog lokal kurang efektif jika blog Anda tidak memiliki link yang menuju situs-situs e-commerce luar negeri.

3. Promoted Content

Untuk mengaktifkan fitur ini maka Anda harus memiliki beberapa konten/artikel dan sudah memasang fitur related content dari Shareaholic. Untuk pengguna wordpress Anda bisa langsung mengaktifkan fitur related post pada dahsboard plugin, sedangkan untuk cara manual Anda tinggal mengambil script/code dari dashboard akun Shareaholic Anda dan memasukkan code tersebut ke halaman blog Anda melalui html/editor.

Ada 5 level yang bisa Anda pasang untuk promoted content yaitu dari yang paling kiri (tidak ada iklan sama sekali) sampai yang paling kanan/maksimal (iklan akan lebih banyak dan sering muncul).

Sistem promoted content ini bekerja dengan menyusupkan beberapa artikel dari advertiser pada bagian related post blog Anda, misalnya dibagian bawah artikel terdapat 10 artikel rekomendasi (related post), maka akan terdapat 8 artikel yang menuju postingan blog Anda yang lain, dan 2 artikel yang menuju website advertiser (promoted content). Untuk setiap visitor yang melakukan klik terhadap artikel advertiser tersebut (promoted), maka Anda akan mendapat revenue. Jadi promoted content ini menggunakan sistem CPC (cost per click).

promoted-content-solusik4. Display Ads

Iklan banner akan muncul jika Anda mengaktifkan fitur ini. Display/banned ads ini menggunakan sistem eCPM, jadi Anda akan mendapatkan revenue setiap kali iklan ditayangkan (per 1000 view). Iklan akan muncul berupa banner rectangle (kotak) dibawah related posts, seperti contoh dibawah:

monetize blog tanpa syaratnote: Anda harus mengaktifkan firur related post untuk bisa menampilkan display ads.



Sebenarnya masih banyak fitur-fitur lain dari Shareaholic yang bisa Anda coba, seperti fitur social analytics, follow buttons, floating share buttons, dll. Namun semua yang berhubungan dengan monetize sudah saya bahas disini. Keuntungan terbesar dari menggunakan Shareaholic ini adalah fitur-fiturnya yang all-in-one mulai dari related post, analytics, social share, sampai monetize sehingga kita tidak perlu repot mencari-cari plugin/fitur ditempat lain. Ditambah lagi sistem monetize Shareaholic yang sangat fleksibel (terdapat 4 jenis) dan tanpa syarat. Namun sayangnya advertiser Shareaholic kebanyakan menarget visitor dari luar negeri sehingga komisi yang diberikan untuk blog bahasa Indonesia masih sangat-sangat kecil.

Untuk pembayaran bisa menggunakan paypal, wire transfer, atau cek. Syarat payout minimal adalah 100 USD. Setiap pembayaran yang diminta (requseted payment) akan diproses sekali setiap 30 hari. Anda bisa melihat pendapatan blog pada dashboard akun Shareaholic Anda dibagian earnings.

Sebagai kesimpulan, inilah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Shareaholic:

Kelebihan:

  • Iklan yang aman dari konten dewasa dan konten-konten negatif lainnya.
  • Sistem yang all-in-one dengan beragam jenis monetize yang bisa disesuaikan dengan blog Anda, terdapat 4 jenis monetize yaitu post share ads, affiliate links, promoted content, dan display ads.
  • Tidak ada syarat sama sekali untuk monetize, bahkan walaupun blog Anda baru berumur 1 hari dan tanpa visitor sekalipun. Tujuan dari Shareaholic ini adalah memaksimalkan setiap pageviews yang ada didalam blog Anda.

Kekurangan:

  • Target visitor mayoritas untuk luar negeri, sehingga advertiser dan iklan yang sering muncul adalah konten dari luar negeri (engagement yang rendah untuk trafik lokal).
  • Komisi yang sangat kecil, khususnya untuk blog bahasa Indonesia.
  • Minimum payout sebesar $100 dan akan dipotong fee lagi (tergantung jenis pembayarannya).

Jadi apakah Anda tertarik? Segera maksimalkan setiap pageviews blog Anda dan mulai mendapatkan penghasilan dengan Shareaholic khususnya untuk Anda yang memiliki blog dengan bahasa Inggris. Selamat mencoba 🙂


Related Posts: