Alasan Kenapa Orang Sulit Menerima Kenyataan Hidup yang Pahit


Fools can’t handle the truth. Sebagian besar orang tidak bisa menerima kebenaran terutama kenyataan hidup yang pahit baginya, itulah sebab kita sering mendengar bias konfirmasi (confirmation bias), seseorang yang cenderung lebih mudah percaya dengan apa yang sudah ia ketahui sebelumnya. People get the most upset when you tell them true things they wish were false. Orang paling kecewa saat mendengar kebenaran yang mereka harapkan salah, namun kenyataan tetaplah kenyataan, salah satu alasan kebohongan/hoax mudah menyebar dengan cepat daripada kebenaran adalah karena orang-orang lebih membutuhkan kebohongan.

Sangat mudah bagi kita mencari pembenaran (bias konfirmasi) dan mengkonfirmasi apa yang telah kita percayai, namun sangat sulit untuk mengkonfirmasi kesalahan atau sesuatu yang tidak ingin kita percayai, sehingga mereka yang tersesat (percaya pada fakta yang salah) akan lebih banyak mengkonsumsi konten-konten yang bisa mendukung kepercayaannya yang salah.

menerima kebenaran yang sesungguhnyaYou can give a person knowledge, but you can’t make them think. Some people want to remain fools, only because the truth requires change. Kenapa sebagian besar orang sulit menerima kebenaran? Karena mereka menikmati janji-janji palsu dari kebohongan yang mereka terima selama ini, mereka ingin tetap terbuai dalam angan-angan semu karena tidak mampu menerima fakta pahit yang sebenarnya. Singkatnya mereka tidak ingin berubah dan mereka tidak ingin perubahan, mengapa? Karena mereka takut perubahan tersebut akan menjebaknya kembali pada kebohongan yang selama ini telah mereka jalani.

Namun pada akhirnya kita sendiri yang paling mengerti keadaan kita, jika Anda tidak bisa menerima kenyataan yang ada maka sampai kapanpun Anda akan terus terjebak dalam lingkaran setan kebohongan yang sama. Contoh:

  • Jika pacar Anda bukan orang yang tepat (sering menghina bahkan memukul Anda), segera tinggalkan.
  • Jika bisnis Anda terbukti tidak menghasilkan sampai-sampai Anda harus berhutang, segera tinggalkan.
  • Jika orang yang Anda suka jelas-jelas tidak menyukai Anda, segera tinggalkan dan move on.
  • Jika ilmu/pengetahuan yang Anda pelajari jelas-jelas terbukti tidak membantu hidup Anda, segera move on.

Faktanya kita semua pasti pernah hidup dalam kebohongan, entah dalam karir, percintaan, bisnis, kehidupan sehari-hari, bahkan hal-hal bodoh seperti ramalan sampai hal-hal pasti seperti sains sebagian besar telah dimanipulasi dengan bias dan kebohongan.

Jadi 2 alasan utama mengapa seseorang sangat sulit menerima kebenaran/kenyataan yang pahit adalah:

  1. Mereka takut kecewa karena apa yang telah mereka percayai selama ini salah.
  2. Mereka tidak mau berubah atau merubah kepercayaannya selama ini.

Solusinya adalah listen more. Dunia penuh dengan sudut pandang yang berbeda-beda, tidak ada persepsi yang sempurna karena semua orang memiliki biasnya masing-masing, just listen and change, jangan biarkan suatu fakta/opini menyerang Anda, tapi biarkan itu menyempurnakan pandangan Anda, mengubah Anda, dan membuat Anda menjadi lebih baik.

Ada kutipan menarik dalam ending film Batman (Dark Knight) yaitu: Because sometimes the truth isn’t good enough. Sometimes, people deserve more. Sometimes, people deserve to have their faith rewarded.

Karena kebenaran saja tidaklah cukup, orang-orang menginginkan buah dari apa yang telah mereka yakini, dan disitulah biasanya kebohongan mulai masuk dalam kehidupan kita. Disaat apa yang kita yakini tidak memberikan apa yang kita harapkan, kita mengisi kekosongan tersebut dengan kebohongan.

kepercayaan yang salah sesatSo you better wake up, sadarlah, terima kenyataan yang ada sepahit apapun itu, lebih banyaklah menggunakan logika ketimbang perasaan semata karena pada akhirnya realita tidak seindah cerita-cerita dalam dongeng atau film-film romantis yang sering kita tonton, jadilah orang yang lebih realistis namun tetap memiliki sisi idealis dalam menjalani hari-hari, dengan demikian Anda akan melihat dunia dari sudut pandang yang lebih baik dan dengannya membuka potensi dan kesempatan baru yang selama ini tidak Anda lihat.


Related Posts: