Media Pembelajaran Online yang Bisa Menambah Pengetahuan Kita


Media pembelajaran adalah berbagai alat dan sarana fisik yang digunakan untuk membantu proses belajar-mengajar. Intinya adalah segala jenis media/medium yang bisa mempermudah proses belajar baik secara visual, audio, maupun kinestetik. Media ini bisa berupa televisi, komputer/smartphone, internet, buku, dan lain-lain. Dengan majunya teknologi sekarang, informasi sudah tersedia dimana-mana, bahkan faktanya lebih banyak informasi yang bisa Anda temukan melalui internet/online ketimbang melalui sekolah/bangku kuliah, namun tetap jalur pendidikan formal memiliki nilai lebih dari segi pendidikan karakter, pengalaman dan kehidupan sosial.

Nah buat kamu yang mungkin masih terbatas dengan pendidikan secara formal/informal, sebenarnya sudah banyak banget media pembelajaran online yang tersedia didekat kita, beberapa contohnya seperti:

  • Forum online
  • Situs tanya jawab
  • Startup/website pendidikan
  • E-learning
  • Blog edukasi
  • Kursus online

Tujuan dari media pembelajaran ini tentunya untuk mempermudah proses belajar dan meningkatkan efisiensi mengajar (mempercepat proses perpindahan ilmu dan informasi), bayangkan hanya dengan membuat blog kita bisa didengar oleh ribuan bahkan jutaan pembaca, sesuatu yang tidak mungkin bisa kita capai tanpa bantuan media internet. Satu rahasia yang sebenarnya sudah banyak diketahui orang namun sering sekali diabaikan atau dianggap remeh yaitu “semua ilmu yang Anda butuhkan sebenarnya sudah tersedia secara gratis di internet”, ya semua yang Anda butuh itu sudah tersedia GRATIS di internet selama Anda juga bersedia untuk mencarinya.

Forum online


Di Indonesia kalau bicara forum online pasti semua langsung terbesit forum Kaskus, memang tidak dapat dipungkiri Kaskus masih menjadi primadona forum online di negeri ini, namun sebenarnya banyak juga forum-forum lain yang lebih spesifik seperti ads.id (forum internet marketing & blogger/publisher) dan Bersosial.com.

Walau begitu ada satu kekurangan dari website jenis forum yaitu sulit membedakan mana informasi yang benar dan mana yang salah, kadang ada juga ilmu yang sudah kadaluarsa alias ketinggalan jaman, maklum forum di Indonesia sering cuma dijadikan ajang promosi yang akhirnya bikin informasi yang tersedia jadi berantakan dan bahkan cenderung hoax/palsu.

Jadi cukup berhati-hatilah dan skeptis saat mencerna informasi dari media forum online terutama di Indonesia. Diluar negeri terdapat banyak forum yang biasa isinya lebih bersih dari spam/promosi, salah satu media luar yang populer yaitu Reddit, dan salah satu media pembelajaran favorit saya yaitu Medium.

Situs tanya jawab (Q&A)

Disitus tanya jawab Anda bisa bertanya dan orang lain akan berusaha memberikan jawaban, yang saya suka dari konsep ini adalah kita dapat berbagi ilmu dan opini dengan orang lain, karena pada akhirnya setiap orang memiliki sudut pandang yang berbeda.

Di Indonesia memang belum banyak situs tanya-jawab yang cukup populer, karena biasanya orang Indonesia masih mengandalkan forum untuk sekedar bertanya-jawab, namun Anda bisa coba gunakan Yahoo Answers dan untuk luar negeri salah satu situs Q&A favorit saya yaitu Quora.

Website edukasi

Di Indonesia sudah banyak sekali startup yang bergerak dibidang pendidikan, mulai dari media online teknologi seperti Tech in Asia, kursus online seperti Haruka Edu dan Squline, video-video pendidikan di channel edukasi YouTube, website universitas (biasa urlnya [nama-kampus].ac.id) yang menyediakan panduan dan e-learning/diktat online, sampai tempat belajar online yang hampir menyediakan segalanya seperti Zenius.

Blog Solusik yang sedang Anda baca ini juga merupakan salah satu media pembelajaran online tentang kehidupan, motivasi, bisnis dan karir.



Memang tidak dapat dipungkiri sekarang kita hidup dijaman yang membutuhkan bantuan internet dan teknologi, media-media ini sudah menjadi kebutuhan untuk bisa terus maju menjadi lebih baik lagi, jika masih ada orang yang tidak mau menggunakan/memanfaatkan media-media ini maka sampai kapanpun mereka akan terus tertinggal dan semakin ketinggalan, pada akhirnya kita harus belajar beradaptasi dengan perubahan sosial yang ada dan membawa perubahan berikutnya kearah yang lebih baik. Masa depan internet secara tidak langsung ada ditangan kita baik sebagai kreator maupun konsumen/user.

Namun bukan berarti Anda harus mencari semua media dan informasi terbaik yang ada di internet, media yang terbaik adalah media yang sudah ada sekarang, manfaatkanlah itu semua, manfaatkan Google, manfaatkan YouTube, manfaatkan internet demi kesuksesan Anda. Terserah kita bagaimana mau menggunakannya secara tepat sebagai media belajar/edukasi atau hanya sekedar mencari hiburan dan memuaskan diri sesaat, pada akhirnya semua tergantung pada karakter dan orangnya.

Sebagai penutup saya akhiri dengan sedikit wejangan yaitu: Mereka yang menang bukanlah orang yang memiliki kemampuan/keadaan yang lebih baik, tetapi mereka yang mampu memanfaatkan semua kemampuan/keadaan yang sudah ada dengan lebih baik. It’s not about better skill, but better use of the skill.


Related Posts: