8 Masakan Makanan Khas Jepang yang Lezat dan Wajib Dicoba


Jepang adalah negara dengan segudang daya tarik, tak hanya soal bahasa dan budayanya, dunia kuliner Jepang juga memiliki basis penggemar fanatik di seluruh dunia, bahkan beberapa masakan/makanan khas Jepang juga ada yang masuk kedalam daftar makanan-makanan terenak didunia.

Jepang memiliki wilayah tipografi dengan jalur gunung berapi yang banyak dan juga dikelilingi laut sehingga bukan hal yang aneh jika negara tersebut sering mengalami gempa berskala kecil sampai yang bisa berpotensi menimbulkan tsunami. Meskipun sering mengalami gempa, masyarakatnya tetap nyaman untuk tinggal disana dan melanjutkan kehidupan. Rasa nasionalisme yang kuat itu juga menjadi faktor pendorong terkenalnya dunia kuliner Jepang dilevel internasional.

Makanan-makanan khas Jepang dikenal sebagai makanan yang tergolong sehat, kebanyakan olahannya berupa dikukus atau difermentasi dan jarang makanannya digoreng dengan minyak yang terlalu banyak lemak jenuh. Masakan berbasis ikan dan seafood adalah jenis yang sering diburu pecinta kuliner.

Kebiasaan menyantap makanan sehat tersebut barangkali yang membuat warga Jepang memiliki usia harapan hidup yang cukup panjang dengan rata-rata diatas 70 tahun. Apakah Anda ingin tahu makanan-makanan lezat apa saja yang wajib dinikmati saat traveling ke negeri sakura tersebut?


Berikut ini adalah 8 makanan/masakan khas Jepang yang sangat nikmat dan wajib kamu coba saat sedang kuliner dan traveling:

1. Sushi

sushi makanan jepang terenakJika Anda sering makan makanan ini biasanya akan selalu dibilang seperti orang Jepang. Hal ini memang tidak berlebihan karena banyak orang jatuh hati dengan dunia kuliner Jepang setelah mencicipi lezatnya sushi. Sushi dimasak dengan bahan cuka beras digabungkan dengan bahan-bahan pendukung lainnya sepert seafod segar, sayur-sayuran dan kadang ada pula yang dicampur dengan buah.

Jenis olahan sushi sangat bervariasi seperti nigiri sushi (sushi yang dicampur ikan), kani sushi (sushi dengan daging kepiting), dan sushi dengan isi udang. Sushi lebih lezat jika dicampur wasabi, saus shoyu, dan daikon. Rupanya masakan satu ini memiliki sejarah yang cukup panjang di Jepang. Awal mulanya berasal dari Asia Selatan yang disajikan dalam nasi fermentasi agar tahan selama beberapa bulan. Sushi lalu mulai diperkenalkan di Jepang di masa Dinasti Muromachi (1336-1573) hingga populer sampai hari ini.

2. Sukiyaki

sukiyaki khas jepangMasakan ini sangat lezat jika disantap hangat-hangat. Sukiyaki disajikan dengan daging dan sayur-mayur yang direbus menjadi satu dalam sebuah panci besi. Kuah yang menjadi topping pendamping disebut warishita. Warishita dibuat dari campuran kecap dengan gula. Di beberapa wilayah mengolah sukiyaki dengan mencampurkan telur kocok di dalamnya. Masakan ini sangat cocok jika disajikan dalam acara yang membutuhkan banyak daging sebagai makanan utama.

3. Tempura

tempura masakan jepangSosis tempura yang sering menjadi camilan favorit anak-anak sekolah dasar mungkin terinspirasi dari tempura khas Jepang. Berbeda dengan tempura tradisional, tempura khas Jepang dihidangkan bersama seafood, sayuran dan juga bahan pendukung lain lalu dicampurkan dengan tepung dan adonan telur. Meskipun terkesan sederhana, tempura ini tak bisa asal dimasak. Anda bisa makan di restoran Jepang yang memang sudah terpercaya akan kelezatan masakan Jepangnya jika ingin benar-benar merasakan tempura Jepang original.

4. Ramen

ramen jepangKalau Anda hobi menonton seri anime Naruto, seorang ninja yang bercita-cita menjadi Hokage di Desa Konoha, pasti tak asing dengan makanan favoritnya yaitu mi ramen. Ramen juga sangat terkenal diluar Jepang, seperti halnya sushi. Ramen adalah masakan dengan bahan dasar sup yang diolah dengan tulang ayam, daging sapi serta seafood. Bahan penunjang lain supaya lebih sedap adalah garam, kecap serta miso.

5. Tonkatsu

tonkatsu makanan jepangAnda penggemar daging babi? Pasti akan jatuh hati dengan tonkatsu yang dimasak memakai bahan dasar daging babi. Daging babi yang sudah diiris sesuai keinginan dicelup didalam adonan tepung, baru kemudian direndam di adukan telur. Jika sudah tercampur merata, daging babi tersebut ditaburi remah roti baru kemudian digoreng. Bagi Anda yang membutuhkan makanan halal namun ingin mencoba masakan ini, saat ini bisa menikmati tonkatsu berbahan dasar daging ayam atau sapi.

6. Shabushabu

shabushabu shabu shabuShabushabu biasanya dimasak di restoran Jepang berkelas karena untuk menyajikan daging dan menyiapkan olahannya tidak bisa sembarangan. Daging ayam, babi atau sapi yang akan dijadikan shabushabu direbus hingga cukup matang didalam air mendidih yang sebelumnya sudah diberi bumbu bernama konbu. Sebelum menyantap, Anda harus menyelupkan daging didalam kuah hingga sensasinya terasa lebih ringan dilidah.

7. Gyudon

gyudon jepangKonsep masakan ini tidak terlalu rumit. Nasi hangat atau panas diberi daging dan telur kocok diatasnya. Akan lebih sedap lagi jika Anda menambahkan kecap, shoyu sehingga mendapatkan sensasi rasa gurih, asin dan manis.

8. Okonomiyaki

resep okonomiyakiOkonomiyaki cukup mirip dengan martabak tradisional Indonesia. Okonomiyaki adalah pancake dengan bahan-bahan lezat yang menjadi topping diatasnya. Asal katanya bermakna dari okonomi yang berarti ‘yang disukai’ dan yaki yang berarti ‘dipanggang’. Okonomiyaki mulanya identik dari wilayah Kansai atau Hiroshima dan kini sudah menjadi kuliner khas di seantero Jepang.


Itulah beberapa jenis makanan khas Jepang yang sudah populer di luar Jepang. Apakah Anda tertarik ingin mencicipinya?


Related Post: