Manfaat Membuat Blog Bisnis / Perusahaan Lebih Dari Sosial Media


Mungkin bagi sebagian orang membuat blog itu sudah basi/kuno, terlihat jadul ketimbang buzzer seperti vlogger/youtuber yang sedang panas-panasnya di Indonesia, atau menggunakan jasa sosial media influencer (endorse) di Twitter/Instagram, namun saya berani katakan bahwa sampai saat ini blog/website adalah sarana marketing yang paling kuat untuk promosi suatu brand/perusahaan ketimbang medium dan sosial media apapun seperti Facebook, Twitter, Instagram, Snapchat, Line, dll.

Bahkan memilki blog/website entah untuk kepentingan pribadi/bisnis/perusahaan menjadi jauh lebih penting dijaman sekarang, mengapa bisa? Pada artikel ini kita akan belajar memahami alasan-alasan kenapa Anda harus membuat blog/website dan beberapa manfaat blog yang tidak bisa Anda dapatkan di platform dan sosial media manapun. Berikut alasannya:

1. Jauh lebih profesional dan tidak mudah diserang hoax

Tidak dapat dipungkiri Facebook menjadi media sosial no. 1 dengan hoax terbanyak di Indonesia, seperti yang dikutip dari Detik selama Januari-Mei 2017 terjadi peningkatan signifikan atas laporan tindak penyebaran kebencian dan hoax seputar isu SARA. Jumlah laporan di Facebook sendiri mencapai 270 kasus, disusul oleh YouTube dengan total laporan mencapai 74 aduan, lalu diikuti Twitter dengan 49 aduan, Telegram 45 aduan, dan LINE dengan 1 aduan. Seluruh pengaduan tersebut merupakan kombinasi dari berbagai jenis konten negatif, seperti SARA, kebencian (hate speech), pornografi, hoax, penipuan online, hingga kasus perjudian.


Sudah tidak asing lagi sosial media menjadi sarang sampah informasi dimana sangat sulit membedakan mana konten yang asli/original dengan mana yang palsu/copas, yang lebih buruk lagi seseorang bisa saja menggunakan username brand/bisnis Anda dan menyebarkan hoax yang dapat merugikan usaha/nama baik Anda. Kecuali Anda bisa mendapatkan badge verified di sosial media seperti Facebook/Instagram (dimana cukup sulit mendapatkan verified/centang biru bagi pelaku UKM yang bisnisnya masih kecil) maka sebaiknya Anda membuat blog/website resmi untuk memberitahukan kepada customer bahwa Andalah yang original.

Dengan membuat website/blog sendiri jelas kredibilitas usaha Anda akan semakin dipercaya banyak orang, selain itu akan sangat mudah bagi customer mencari informasi yang asli langsung dari website Anda, sehingga bisa meminimalisir konten-konten negatif/hoax yang berhubungan dengan bisnis/usaha Anda.

2. Umur konten yang jauh lebih panjang

Jika Anda ingin menggunakan promosi konten marketing maka algoritma sosial media adalah musuh besar bagi bisnis Anda, mengapa? Karena untuk bisa menjangkau audience di sosial media Anda harus mengandalkan uang (untuk iklan/promosi) atau menciptakan efek viral yang biasanya cenderung clickbait dan kontroversi.

Mayoritas konten yang Anda buat di Instagram/Snapchat tidak akan muncul pada hasil pencarian Google, lebih parah lagi umur konten di Snapchat hanyalah 24 jam, sedangkan di Instagram postingan yang sudah lebih dari 12 jam biasanya sudah basi. Prinsip sosial media adalah cepat-cepatan dan hasilnya hanya sebentar (instan/jangka pendek), memang untuk media seperti berita dan gosip ini sangatlah bagus namun untuk sebagian besar bisnis khususnya bisnis menengah kebawah sosial media bukanlah medium yang bagus untuk promosi karena percuma Anda capek-capek membuat konten kalau ujung-ujungnya halaman feed/trending sosial media selalu didominasi oleh media-media besar yang budget iklannya tidak terbatas dan penyebar hoax/clickbait/koten kontroversial, dan lebih buruk lagi konten yang sudah Anda buat akan segera menjadi tidak relevan dalam beberapa hari.

Akhirnya bisnis-bisnis kecil tidak memiliki banyak ruang untuk bermain di sosial media, di sosmed Anda bersaing banyak-banyakan konten dan memberikan update setiap harinya, sedangkan dengan mesin pencari seperti Google kuantitas tidaklah penting, Google akan memberikan trafik pada konten terbaik (kualitas) yang ada di internet, dengan memiliki blog/website sendiri maka Anda memiliki peluang jangka panjang yang lebih baik walau hanya dengan sedikit konten berkualitas tinggi (high quality content).

3. Visitor organik masih menjadi sumber trafik terbaik bagi bisnis dan keperluan apapun

Faktanya sampai detik ini Google masih menjadi website no. 1 paling banyak diakses diseluruh dunia termasuk Indonesia, ada milyaran pencarian di Google setiap harinya dan sangat disayangkan jika Anda melewatkan sarana marketing tersebut (SEO). Yang lebih bagusnya lagi adalah visitor organik sangat jauh lebih berkualitas ketimbang trafik manapun, di sosial media kemungkinan besar orang datang melihat karena sedang bosan/iseng ga ada kerjaan, cuma asal klik iklan atau apapun yang ada di home/feed mereka, berbeda dengan search engine dimana ada niat yang sangat besar karena visitor melakukan pencarian suatu keyword yang berhubungan dengan bisnis/website Anda, artinya ada intent (niat) yang kuat untuk melakukan sesuatu seperti membeli produk, mencari panduan/informasi, dan semacamnya.

Dan untuk memanfaatkan Google sebaik-baiknya jelas Anda harus mempraktekkan SEO (search engine optimization) pada website Anda, dibawah ini panduan singkat untuk Anda yang ingin belajar kilat mengenai SEO.

Baca juga: Belajar SEO cepat dan mudah

Dalam SEO kualitas konten adalah yang paling penting, singkatnya rajin-rajinlah menulis konten berkualitas di blog/website Anda untuk menghasilkan trafik organik sebanyak-banyaknya, semakin bagus SEO blog/website Anda maka semakin banyak customer potensial yang akan membeli dari Anda melalui mesin pencari/Google.

4. Keamanan yang jauh lebih tinggi

Walaupun ada harga yang harus dibayar dengan membuat blog/website (biaya domain + hosting) ketimbang menggunakan sosial media yang gratis, namun dengan memiliki website Anda mendapatkan kepastian dan rasa aman yang jauh lebih baik, karena sejarah telah membuktikan dari dulu sampai sekarang blog/website adalah model bisnis yang tidak pernah mati.

Masih ingat bagaimana sosial media seperti Myspace, Friendster, termasuk Vine lenyap begitu saja menjadi tidak relevan dalam sekejap mata, artinya relevansi dan keamanan di sosial media sangatlah sulit di prediksi, mungkin saja beberapa tahun kedepan Twitter akan menutup layanan mereka, bagaimana jika Anda sudah membangun user base brand/bisnis Anda disana lalu tiba-tiba platform tersebut hilang begitu saja? Apakah Anda bisa komplain? Bagaimana nasib para content creator di Vine yang sudah capek-capek membangun audience dan memiliki banyak followers lalu harus rela jerih payahnya hangus seketika?

Menggantungkan bisnis Anda sepenuhnya pada platform orang lain entah itu sosial media/marketplace bukanlah pilihan yang bijak dan tentunya sangat beresiko, berbeda dengan blog/website yang 100% sepenuhnya ada dalam kendali/kuasa Anda, tidak ada yang bisa merebutnya dari Anda apapun yang terjadi (kecuali pihak penyedia domain/hosting Anda bermasalah), membuat blog/website tentu adalah pilihan bijak untuk membangun user base dan branding bisnis Anda di internet.



Itulah 4 alasan mengapa membuat blog bisnis/perusahaan jauh lebih baik daripada sosial media atau platform manapun. Selain itu janganlah ragu untuk mempromosikan website Anda menggunakan iklan (jika Anda memiliki budget lebih) karena percayalah blog/website adalah aset yang akan menguntungkan bisnis/perusahaan Anda secara jangka panjang.


Related Posts: