Kunci Sukses Dalam Hidup, Usaha, Bisnis Online dan Berkarya Seni


Apakah Anda bosan dengan hidup Anda? Anda memiliki ambisi yang kuat, tujuan yang besar, energi dan waktu yang tak terbatas, tetapi kesuksesan tak kunjung datang. Anda ingin meraih hal-hal besar dalam hidup ini: menjadi milyarder, membangun perusahaan besar, atau menjadi pimpinan perusahaan multinasional. Hanya sedikit orang yang betul-betul berani mencoba, apakah Anda ingin menjadi salah satunya? Lupakan semua pepatah, quotes, atau apapun yang Anda dengar tentang kunci kesuksesan. Satu-satunya kunci sukses untuk semua pencapaian dalam hidup ini sesungguhnya sangat simpel yaitu: PAY THE PRICE.

Anda sudah sering mendengar kalau ingin sukses harus pantang menyerah, kerja keras, kerja cerdas, passion, kreatif, dan bla.bla.bla, tetapi jarang ada yang mengatakan untuk: DO YOUR JOB. Lakukanlah tugas Anda, lakukanlah apa yang harus dilakukan, bayarlah harga yang memang harus dibayar (pay the price).

mau-uangKebanyakan orang malah berputar-putar mencari kunci sukses, tetapi tidak pernah betul-betul melakukan apapun untuk meraih kesuksesan tersebut. Mereka menghabiskan waktu untuk membahas arti kesuksesan, memperdebatkan kerja keras atau kerja cerdas (sampai lupa kerja), dan apapun yang berhubungan dengan kesuksesan. Kita semua sudah mengetahui jawaban dari apa yang kita inginkan:

  • Ingin kurus? Diet.
  • Ingin kaya? Mulailah startup/usaha sendiri.
  • Ingin pintar? Rajinlah membaca.
  • Ingin sukses? Sukses dalam apa? Tentukan arti sukses bagi Anda dan melangkahlah menuju kesuksesan tersebut selangkah demi selangkah sekarang.

Cobalah perhatikan orang yang ingin membuat tech startup (usaha dibidang teknologi) yang sukses, mereka akan mampir ke forum-forum startup, mengikuti seminar/webinar/workshop tentang startup, membaca buku tentang startup, men-download e-book dan segala sesuatu yang berhubungan tentang startup tetapi tidak pernah mengembangkan startupnya sendiri.


Mereka yang betul-betul sukses tidak akan menghabiskan waktu seperti itu. Yang terpenting adalah gunakan waktu Anda pada hal yang betul-betul penting. Setiap orang hanya memiliki 24 jam dalam sehari. Apapun itu harus dibayar dengan waktu dan usaha.

Beruntungnya adalah sekarang ada Google, Anda bisa langsung tahu apa langkah pertama yang harus Anda ambil.

  • Ingin membuat website? Tanya google.
  • Ingin membuat aplikasi? Tanya google.
  • Ingin belajar desain/programming? Tanya google.

Kita sudah sangat diberkati khususnya dijaman modern ini, tinggal tanya dan jawaban akan disediakan, tinggal apakah Anda betul-betul mau membayar itu semua dengan waktu dan usaha Anda (pay the price).

Mengapa Anda tidak bisa mendapatkan apa yang Anda inginkan sangat jelas karena Anda tidak melakukan apapun untuk mendapatkan keinginan itu.

Ketika seseorang ingin sukses ada 2 kemungkinan yang mereka lakukan yaitu:

  1. Doing nothing
  2. Doing something painful (keinginan Anda)

Tanpa sadar sebagian orang pada akhirnya tidak akan melakukan apa-apa (doing nothing) dan hebatnya otak kita akan selalu menemukan jutaan alasan (excuse) supaya kita tetap berakhir tanpa melakukan apapun (1). Ingat bahwa semua kesuksesan itu memerlukan pengorbanan dan pengorbanan itu selalu menyakitkan (painful), jadi jika Anda tidak ingin melakukan pengorbanan tersebut (2) sampai kapanpun Anda tidak akan pernah sukses atau mendapatkan apapun yang Anda inginkan. Menciptakan alasan sangatlah mudah, untuk setiap 1000 alasan bahwa Anda bisa sukses, akan selalu ada 1001 alasan mengapa Anda tidak bisa sukses.

Intinya adalah kunci sukses hidup baik dalam usaha, bisnis online, berkarya seni, bekerja, dan apapun itu adalah mau membayar harga yang harus dibayar (pay the price), untuk membuatnya lebih simpel pahamilah 3 tips simpel berikut ini:

1. Mulai saja dulu

Mana yang lebih cepat sukses jadi pemain bola? Orang yang belajar teori-teori tentang sepak bola atau orang yang langsung turun kelapangan dan nendang bola?

Setiap orang memang punya gaya belajar/bekerja masing-masing, tapi kunci sukses utama dalam usaha dan berkarya sebenarnya ada pada memulai (start), tentu ada beberapa bidang yang kita harus belajar teorinya terlebih dahulu (seperti kedokteran dan pilot), namun sebagian besar bisnis/karya yang sukses dipasaran itu adalah bisnis yang dijalankan tanpa banyak teori/pikir panjang.

Gapapa jelek diawal tapi yang penting Anda memulai, gapapa bodoh diawal tapi Anda jadi pintar dikemudian hari, gapapa gagal tetapi Anda selangkah lebih dekat menuju kesuksesan, kuncinya adalah memulai dan terus bertumbuh.

Spend your time on the things money can’t buy.

Waktu Anda adalah hal yang paling berharga didunia ini, lebih dari apapun, waktu tidak dapat dibeli, disimpan, atau diperpanjang, dan yang paling penting adalah waktu tidak akan pernah kembali. Artinya adalah waktu yang Anda punya lebih penting dari apapun didunia ini. Dan waktu akan terus berjalan, terlepas dari apakah Anda menggunakannya dengan baik atau tidak. Tanpa sadar sebagian besar waktu kita telah dihabiskan untuk menjadi “penonton hidup” bukan “pelaku hidup”.

Jika Anda menghargai hidup Anda, maka hargai waktu Anda.

Mungkin pernyataan berikut sedikit naif, tetapi uang adalah hal yang sangat mudah didapatkan ketika Anda masih muda, uang dapat dicari tetapi “waktu Anda” selagi masih muda tidak akan pernah kembali yang artinya jika Anda memiliki uang lebih maka gunakanlah itu untuk menukarnya dengan waktu (uang dapat menghemat waktu Anda), gunakan waktu Anda untuk melakukan hal yang betul-betul ingin Anda lakukan (follow your heart).

2. Membangun karakter/personality

Dalam dunia pemasaran ada istilah “in branding different is better than better”, artinya adalah menjadi “lebih beda” lebih baik daripada menjadi “lebih baik”. Jika Anda membuat sesuatu yang hanya sedikit lebih baik, maka orang-orang tidak akan tertarik dan memperhatikan, tetapi jika Anda membuat sesuatu yang “beda” maka hal itu akan berkesan dimata orang dan menjadi bahan pembicaraan.

Salah satu kunci untuk menjadi berbeda adalah dengan membangun karakter/personality pada bisnis dan karya Anda. Ciptakan “sifat” yang bisa memacu emosi seseorang.

Tentu menciptakan sesuatu yang berkarakter (personality) akan menimbulkan rasa benci (haters), kemungkinan Anda akan sangat disukai sebagian orang dan sangat dibenci sebagian lainnya, namun itulah resikonya dalam menciptakan bisnis/karya yang memiliki karakter. Karena itu fokuslah pada mereka yang menyukai Anda, merekalah (fans) orang yang betul-betul penting dalam kesuksesan Anda, dan kabar baiknya adalah haterspun akan turut membantu kesuksesan Anda.

Dalam media tidak ada yang namanya “bad publicity”, tidak ada yang namanya publikasi yang buruk, entah dibenci atau disukai media tidak peduli apa yang masyarakat pikirkan selama mereka tetap bisa jadi omongan. Lucunya adalah hal yang sama sebenarnya berlaku juga untuk sebuah bisnis/karya/publik figur dan semacamnya. Terkadang haters itu malah bikin orang yang dibencinya makin terkenal dan makin sukses.

Contoh ada 1 publik figur (kita sebut saja X) yang sangat dibenci dan saya mengetahui keberadaan orang tersebut karena hatersnya. Sang haters dengan baik hati memention “X” diberbagai media dan sosmed, mereka komen diberbagai medium seperti YouTube, Instagram, Twitter mengenai X sampai membicarakannya disosmed milik artis lain. Uniknya saya sedang nonton video YouTube yang sedang viral/trending lalu ada haters X yang berkomentar “lebih bagus ini daripada si X” tanpa sadar sebenarnya haters tersebut sedang mempromosikan si X orang yang dibencinya menjadi semakin eksis.

Toh kalau haters itu betul-betul benci yah jangan dimention, jangan dipromote, jangan dibicarakan, jangan dikomenin, jangan ditonton, namun pada dasarnya memang haters itu hypocrite (munafik), mereka terus menonton orang yang dibencinya, memfollow orang yang dibencinya, tanpa sadar merekalah yang sebenarnya membuat orang tersebut semakin terkenal dan sukses.

Jadi janganlah terlalu takut membuat sesuatu yang memiliki karakter.

3. Konsisten

Kebanyakan orang hanya kuat diawal dan lemah diakhir (start strong, finish weak), konsistensi adalah kunci terakhir untuk mencapai kesuksesan Anda, konsistensi artinya mau terus berjuang melakukan hal-hal yang harus dilakukan walaupun malas, walaupun bosan, walaupun tidak suka, tapi harus terus maju selangkah demi selangkah, sekali lagi dan sekali lagi.

Terlihat simpel, tapi bukan berarti mudah dilakukan. Tidak semua orang mau mencapai hal-hal besar dalam hidupnya, dan itu ok-ok saja. Ada harga yang harus dibayar, dan tidak semua orang ingin membayarnya. Apapun itu, pilihan ada ditangan Anda.

Jadi tunggu apa lagi? Waktu terus berjalan, segeralah memulai ciptakan bisnis dan karya Anda sekarang juga. Pay the price and do your job.


Related Posts: