KlikSaya: PPC Lokal Alternatif AdSense


Tidak dapat dipungkiri bahwa AdSense masih menjadi PPC terfavorit bagi para blogger diseluruh dunia termasuk Indonesia. Beberapa dari Anda mungkin mulai putus asa ngeblog jika pendaftaran AdSense Anda ditolak oleh google. Padahal selain AdSense masih banyak PPC lain yang cukup baik untuk blog-blog dengan bahasa Indonesia, salah satunya adalah KlikSaya. KlikSaya ini adalah PPC (pay per click) dengan konten/iklan lokal yang bisa Anda jadikan alternatif AdSense untuk blog Anda khususnya blog berbahasa Indonesia.

Kurang lebih sistemnya sama seperti AdSense namun ada beberapa perbedaan baik dari segi pembayaran/komisi dan iklan-iklan yang ditayangkan. Pada artikel ini saya akan membahas lebih dalam lagi tentang PPC lokal ini sehingga Anda sendiri bisa mempertimbangkan apakah ingin menggunakannya atau tidak.

Apa itu KlikSaya.com?

KlikSaya.com adalah pasar periklanan online yang dibuat khusus untuk wilayah Indonesia. Sama seperti marketplace iklan lainnya, KlikSaya mempertemukan pemilik situs yang menyediakan tempat untuk pemasangan iklan pada situsnya (publisher) dengan orang yang membutuhkan traffic tambahan dengan cara memasang iklan (advertiser).


Berapa besar komisi yang diberikan?

Komisi yang diberikan dibagi menjadi 60% untuk publisher dan 40% untuk pihak KlikSaya.

Kapan komisi akan diberikan?

Komisi akan diakumulasikan selama sebulan dan akan langsung ditransfer ke rekening bank Anda pada awal bulan berikutnya jika nilai komisi sudah melebihi Rp 60.000,-.

Apa syarat untuk menjadi publisher?

Kurang lebih hampir sama dengan PPC lain pada umumnya, blog memiliki konten yang original, tidak aneh-aneh (berbau porno/MLM) dan memiliki trafik minimal 10.000 pageviews per bulan.


Beberapa jenis iklan yang ditampilkan berupa teks, header, dan gambar/banner dengan berbagai ukuran.

Contoh jenis iklan teks (300×250) dan iklan gambar (300×250):

kliksayaSalah satu keuntungan dari memasang iklan KlikSaya adalah jumlah iklan yang ditayangkan bisa kita pasang sebanyak-banyaknya, tetapi ada juga beberapa hal yang saya kurang suka dari PPC ini, yaitu iklan dewasa dan MLM (easy money) yang terkadang masih saja lolos dari sensor sistem, namun hal ini bisa diresolve dengan memblokir IP/domain secara manual pada dashboard publisher. Bahkan ada juga iklan yang langsung memasang link/referral affiliate mentah-mentah begitu saja, artinya kualitas iklannya-pun masih perlu dipertanyakan.

Sebagai kesimpulan, inilah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki KlikSaya:

Kelebihan

  • Iklan/konten khas lokal, sehingga lebih mudah bagi orang/blog Indonesia untuk bergabung.
  • Syarat mendaftar cukup mudah yaitu blog memiliki trafik minimum 10.000 pageviews per bulan.
  • Payout/pembayaran minimal tidak berat yaitu hanya Rp 60.000,- (AdSense = $100) dan pembayaran komisi lebih mudah diterima karena menggunakan transfer bank Indonesia.
  • Iklan dapat dipasang sebanyak mungkin (AdSense maksimal hanya 3 iklan).

Kekurangan

  • Kualitas iklan yang buruk, suka ada iklan dewasa/MLM/referral affiliate yang lolos sensor dan iklan yang ditampilkan kurang relevan dengan topik blog kita, sehingga kita harus memfilter itu semua secara manual.
  • Biaya CPC yang rendah yaitu sekitar Rp 300-600,- (estimasi rata-rata per klik).

Tentu dibandingkan AdSense, kualitas iklan dan komisinya berbeda jauh, namun tidak ada salahnya Anda mencoba PPC yang satu ini jika blog Anda tidak kunjung diterima oleh Google. Selamat mencoba 🙂

Note: website Kliksaya.com saat ini sudah tidak beroperasi (closed).


Related Post: