3 Kiat & Cara Usaha Sukses yang Perlu Anda Coba Dalam Berbisnis


Kiat dan tips ini tidak berlaku kalau Anda sudah tahu apa yang Anda lakukan dan sudah mantap dengan pilihan tersebut, kita tahu bahwa semua orang punya rahasia sukses dalam berbisnis, nasihat umum/standar yang sering kita dapat adalah kerja keras, punya mimpi dan ambisi yang kuat, namun sebenarnya ada alternatif cara lain yang juga “works” dalam mencapai kesuksesan usaha, contoh:

  • Passion dan bakat
  • Value terhadap orang lain
  • Kerja cerdas (work less but high result)
  • Niat dan tujuan yang baik (bukan hanya sekedar mencari uang)
  • Fokus dan perhatian (attenttion)
  • Konsistensi

Seringkali dalam menjalani usaha kita hanya berpikir tentang rencana besar (plan), kerja keras, dan kemauan yang kuat, padahal masih ada banyak hal yang perlu kita perhatikan seperti 6 poin diatas. Sekarang coba perhatikan bisnis-bisnis disekitar Anda (kompetitor) dan tanyalah dengan jelas apakah Anda mampu setidaknya memenangkan 1 hal saja dari keenam poin diatas?

Apakah Anda memiliki passion yang lebih kuat, atau bakat yang lebih baik? Apakah value yang bisnis Anda tawarkan lebih baik? Apakah Anda bekerja lebih cerdas, lebih baik, dan lebih efeisien dari kompetitor Anda? Apakah niat dan tujuan Anda lebih baik dari bisnis lain yang sedang mendominasi? Apakah fokus dan perhatian Anda lebih spesifik tidak terpecah belah (dedikasi penuh) dibanding pesaing Anda? Lalu apakah Anda bisa lebih konsisten dari persaingan-persaingan yang ada dimasyarakat?

Jika semua jawaban Anda tidak, mungkin memang lebih baik Anda tidak membuat bisnis dari awal karena pada kenyataannya Anda hanyalah wannabe entrepreneur. Namun tidak perlu berkecil hati karena bisnis bukanlah segalanya, masih banyak jalan lain untuk bisa sukses selain menjadi pengusaha, kalaupun Anda tetap teguh dengan pendirian Anda yaitu ingin membuat usaha/bisnis yang sukses, cobalah jalani 3 kiat dan cara ini supaya usaha Anda sukses, setidaknya coba lakukan sekali saja alternatif-alternatif berikut ini supaya Andapun tidak mati penasaran:


1. Kerjakan ide atau sesuatu yang menurut Anda remeh (sederhana)

Saya memulai blog ini 2 tahun yang lalu hanya sebagai iseng-iseng mengisi waktu luang, saat itu saya tidak berpikir kalau nantinya akan jadi sebesar ini, bagi saya blogger (dulu) hanyalah sesuatu yang sementara dan cuma buat gaya-gayaan saja, ternyata hal-hal yang kita anggap remeh bisa berpotensi menjadi sesuatu yang lebih baik jika kita punya value dan konsisten.

Realitanya adalah hampir semua ide bisnis itu awalnya terkesan buruk, mungkin terdengar aneh tapi itulah kenyataannya, Facebook pada awal kemunculannya hanyalah sebuah situs sosial media kecil yang menargetkan khusus anak-anak kuliahan, Google pada awal kemunculannya hanyalah sebuah situs search engine kecil diantara beberapa situs pencarian besar lainnya, bahkan Google pernah ingin dijual kepada Yahoo dan ditolak.

Mengapa ini bisa terjadi? Karena ide-ide yang bagus pastinya sudah dijalankan oleh banyak orang, didominasi oleh pemain-pemain besar, dan persaingannya cenderung tidak sehat, kita sudah melihat contohnya di Indonesia bagaimana industri e-commerce saling berkompetisi memperebutkan market/user dan membakar banyak sekali uang investor.

Sebaliknya ide yang buruk atau terlihat biasa saja akan dijalankan oleh sedikit orang, mungkin foundernya juga hanya menjalaninya sebagai projek sampingan, namun sesuatu yang awalnya dikerjakan sedikit demi sedikit itu tentu akan tumbuh dan menciptakan potensi yang tak terduga, yang terpenting adalah ide tersebut memiliki value yang real (walaupun dampaknya kecil) dan foundernya bisa dengan konsisten terus menjalankan bisnisnya walau hanya sebagai sampingan.

Karena itu daripada mencari hal baru, ide brilian, atau konsep spektakuler yang tidak akan pernah terwujud juga, lebih baik coba jalani bisnis kecil yang menurut Anda remeh/sederhana sebagai projek sampingan, mungkin saja hal itu bisa membawa Anda menjadi pengusaha besar yang sukses dimasa depan.

2. Cari bisnis yang sedang layu dan mengalami kemunduran

Kalau kita dibiasakan mencari sesuatu yang sedang tren/hype, sebaliknya cobalah cari sesuatu yang sedang mengalami kemunduran, mengapa? Karena artinya ada sebagian market yang akan kehilangan produk/layanan yang sebenarnya mereka butuhkan, lalu coba tawarkan bisnis Anda pada market tersebut. Contoh:

  • Beberapa tahun terakhir ini sudah banyak sekali media cetak berhenti beroperasi (karena msayarakat mulai beralih ke media online), ini bisa jadi peluang untuk membuat blog dengan segmen/niche tertentu. Pakar mediapun mengatakan bahwa industri media cetak akan segera layu dalam beberapa tahun kedepan.
  • Belakangan ini industri retail juga mengalami hal yang sama, banyak toko-toko yang mulai tutup, hal ini juga bisa menjadi kesempatan untuk membuat toko online dengan niche tertentu.

Blog dan online shop hanyalah sebagian kecil contoh bisnis-bisnis yang tumbuh karena suatu kemunduran bisnis yang lain (offline to online), intinya adalah kita bisa menemukan bisnis dan kesempatan baru yang potensial dari suatu kegagalan, cobalah cari sesuatu yang sedang surut, gagal, dan mengalami kemunduran, putar otak Anda disekitar masalah tersebut dan jadikan peluang baru untuk membuat bisnis yang sukses.

3. Kerjakan sesuatu yang belum Anda coba (diluar zona nyaman)

Jujur saja saya awalnya tidak suka menulis dan membuat blog, tidak pernah terbesit sekalipun dalam pikiran seumur hidup kalau saya akan menjadi blogger, saya menulis artikel karena terpaksa demi memarketingkan bisnis saya yang lain pada saat itu, namun begitulah ironi kehidupan, apa yang awalnya kita pikir tidak akan kita sukai malah bisa menjadi candu setelah kita mencoba, dan begitu pula sebaliknya apa yang awalnya kita sukai mungkin akan kita benci/bosan setelah kita lakukan berulang-ulang.

Karena itulah kita mencoba, lakukan saja sesuatu apapun itu walau menurut Anda tidak akan Anda sukai, saya sendiri sekarang sedang iseng-iseng membuat video di YouTube dan ternyata cukup mengasyikan, padahal awalnya saya sangat tidak tertarik dengan dunia editing gambar dan video.

Do something new

Banyak orang tidak menemukan potensi mereka yang sebenarnya karena mereka tidak mencoba banyak hal, eksplore diri Anda sendiri, gali lebih dalam rasa ingin tahu dan potensi Anda, mungkin selama ini Anda memiliki bakat terpendam yang belum termaksimalkan karena Anda tidak banyak mencoba, atau mungkin ada passion Anda yang sedang menunggu untuk ditemukan namun tidak kunjung terjadi karena Anda tidak pernah melakukan sesuatu diluar zona nyaman Anda.

Ingat setiap orang memiliki passion dan bakat, cara terbaik untuk menemukannya adalah dengan banyak mencoba hal-hal baru, bukan sekedar teori dan kira-kira, jadi coba mulai kerjakan sesuatu yang baru, Anda tidak diharuskan sukses, Anda hanya perlu mencoba dan mencoba. Just do it.



Itulah 3 kiat dan tips alternatif supaya Anda bisa sukses dalam berbisnis, tentu Anda tidak harus mencoba semua cara diatas apalagi kalau Anda sudah tahu dengan apa yang ingin Anda lakukan, namun jika Anda belum menemukan ide/tujuan yang jelas, maka saya sangat merekomendasikan 3 cara usaha sukses diatas, Anda tidak perlu melakukan ketiga-tiganya, cobalah satu saja, saya paling suka dengan cara yang pertama yaitu dengan memulai sesuatu yang kecil sebagai projek sampingan.

Jadi coba mulailah sesuatu yang kecil/remeh dan kerjakan dengan konsisten, karena value sekecil apapun bisa menjadi besar dan berdampak jika kita lakukan dengan niat yang baik dan konsisten.

Good luck.


Related Post: