Kenapa Orang Bunuh Diri? Alasan Manusia Bisa Sampai Gantung Diri


Kenapa orang bisa sampai bunuh diri? Apa alasan seseorang hingga gantung diri atau mengakhiri hidupnya sendiri? Atau mungkin pernah terbesit dipikiran Anda untuk melakukan bunuh diri? Mungkin saja Anda sekarang sedang merasa depresi dan mau bunuh diri? Jika Anda merasa demikian apapun alasannya bacalah artikel ini sampai habis (semoga membantu), karena kesempatan hidup didunia ini hanya ada sekali, jangan membuang nyawa yang sangat berharga ini karena masih ada yang bisa Anda lakukan untuk mengubah sesuatu (harapan).

Pada umumnya seseorang bunuh diri karena:

  1. Depresi, punya banyak masalah yang tidak bisa diselesaikan dan merasa tidak ada harapan (hopeless)
  2. Tidak memiliki tujuan/arah hidup yang jelas, merasa hidup ini tidak bermakna dan membosankan
  3. Merasa tidak punya pilihan (karena hidup dibawah paksaan aturan/sistem/arahan orang lain)
  4. Merasa kesepian atau tidak memiliki keluarga/seseorang untuk membuat hidup jadi lebih berarti
  5. Merasa gagal, terhina, malu dengan diri sendiri, merasa hidup tidak berharga dan tidak memiliki masa depan

Namun jika diteliti lebih dalam, banyak orang-orang sukses/artis yang bahkan memilih bunuh diri dan mengakhiri hidupnya, kita melihat mereka itu sukses terkenal, populer, banyak uang, punya sahabat-sahabat yang kece/keren, keluarga yang dipandang, dll tapi kenapa masih aja bisa seperti itu, tidak heran juga banyak artis yang depresi dan menggunakan narkoba sebagai pelarian, pertanyaannya mengapa?

Karena mereka memendam perasaan/emosi tersebut didalam dirinya sendiri.


Entah Anda memiliki depresi, ketakutan, rasa cemas, kesal/dendam, dan emosi negatif apapun itu sangat tidak baik jika dipendam sendiri, Anda butuh kehadiran orang lain untuk berbagi perasaan, mungkin bisa dengan keluarga, orang tua, saudara, teman/sahabat, atau bahkan dengan orang random di internet (jika Anda malu curhat masalah Anda, coba gunakan identitas anonim dan bertanya melalui forum/situs tanya jawab), atau Anda bisa menggunakan media blog/sosmed untuk sekedar mencurahkan emosi pikiran Anda, lebih bagus lagi jika Anda bisa menuangkannya dalam bentuk karya/seni.

Intinya adalah tidak baik memendam perasaan sendirian, karena dalam kesendirian kita mudah merasa hopeless, merasa tidak berdaya, bosan, dan cenderung berpikir negatif. Semakin Anda menyendiri semakin mudah juga kita memendam perasaan dan akhirnya kita malah tidak meminta bantuan siapapun karena merasa semua bisa ditanggung sendiri. Karena itu cara terbaik menolong seseorang yang sedang depresi atau ingin bunuh diri adalah dengan menjadi pendengar yang baik, cobalah menerima kelemahan/kegagalan Anda dan jangan takut untuk meminta bantuan karena memang pada dasarnya setiap manusia membutuhkan bantuan dari orang lain termasuk orang yang paling sukses didunia ini.

Jangan berekspektasi pada orang lain.

Masalah utama seseorang merasa depresi biasanya dikarenakan faktor orang lain/sosial, berbeda dengan masalah pada umumnya seperti kalau Anda lapar, lelah, atau kekurangan uang, kita bisa langsung mengambil tindakan nyata untuk memperbaikinya seperti makan, tidur, atau mencari kerja, namun untuk masalah sosial seperti kesepian/kesendirian, merasa terhina, tidak diterima masyarakat, dicemooh/dicela dan sebagainya hal itu ada diluar kendali kita, mengubah keadaan sosial memang tidak mudah karena itu tergantung dari bagaimana orang lain memperlakukan/bereaksi terhadap Anda, maka dari itu berhenti berekspektasi pada orang lain, intinya adalah jangan berusaha mengontrol sesuatu yang memang berada diluar kendali Anda, karena sebenarnya disitulah rasa frustasi/depresi Anda dimulai, yang terpenting adalah apa yang bisa Anda kendalikan sekarang, yaitu tubuh dan pikiran Anda sendiri.

Baca juga: Cara berpikir positif dalam keadaan apapun

Untuk Anda yang mungkin merasa ingin bunuh diri atau pernah berusaha mencobanya, ingatlah bahwa komunikasi itu penting, jangan memendam emosi/perasaan diri sendirian, terbukalah dengan seseorang, saya sarankan dengan seseorang yang betul-betul Anda percaya, tidak perlu diumbar didepan umum, menarik simpati orang lain tidak akan membantu Anda (bahkan bisa memperburuk) dan mungkin hanya akan membuat drama yang tidak penting.

Cobalah berbicara dengan keluarga, orang tua, teman/sahabat, saudara, psikiater, guru, atau siapapun yang Anda percaya, intinya adalah lepaskanlah beban emosi Anda, jangan dipendam/ditanggung sendirian, karena semakin lama Anda memendamnya sendiri semakin Anda merasa bahwa orang lain tidak peduli pada diri Anda (which is not true), kalaupun Anda tidak bisa menemukan orang terdekat yang mau mendengarkan Anda, ada banyak profesional seperti psikolog dan motivator yang bersedia membantu Anda (why don’t ask?).

Selain itu cobalah perlahan-lahan mulai mengembangkan/meng-improve hidup Anda, selangkah demi selangkah, Anda tidak perlu membandingkan diri Anda dengan orang lain karena apa yang paling penting dalam hidup ini adalah perkembangan hidup diri Anda sendiri, Anda disini untuk menjadi versi diri Anda yang terbaik, bukan untuk menjadi yang terbaik dibanding semua orang.


Related Posts: