Kata-kata Penyemangat dan Motivasi Hidup Untuk Inspirasi Diri


Apakah Anda sedang merasa putus asa? Apakah Anda sedang merasa bosan dan tidak memiliki motivasi hidup? Apakah Anda ingin menyerah? Kabar baiknya adalah artikel ini bisa memberikan sedikit pencerahan bagi Anda, berikut ini adalah beberapa nasihat, quotes, kata-kata penyemangat dan motivasi hidup yang bisa memberi inspirasi bagi diri Anda:

1. Anda tidak harus sukses untuk bisa bahagia

Ada 2 kesalahan terbesar seseorang yang merasa hidupnya sulit bahagia yaitu:

  • Percaya bahwa sukses (atau meraih tujuan hidup) akan membuatnya bahagia
  • Terus mengejar/mencari kebahagiaan

Begitu kita mendapatkan apa yang kita inginkan (tujuan/goals) seperti kekayaan dan kesuksesan maka kita akan cepat beradaptasi dan kehilangan rasa bahagia yang awalnya kita idam-idamkan, bahkan seringkali apa yang kita kira awalnya sebagai tujuan/destinasi kebahagiaan ternyata tidaklah semenyenangkan yang kita bayangkan, sama seperti anak kecil yang ingin mendapatkan mainan namun cepat bosan begitu telah mendapatkannya, inilah sebabnya seseorang sulit merasa bahagia, mereka merasa harus mengejar/mendapatkan sesuatu untuk bisa merasa bahagia, mereka mencari kebahagiaan padahal kebahagiaan adalah masalah pilihan, pilihan antara bahagia & bersyukur atau terus mencari-cari kebahagiaan & merasa sedih.


2. Berhenti meremehkan keadaan diri sendiri

Sama seperti no.1 kita suka meyakinkan diri sendiri kalau kita tidak siap atau tidak bisa mencapai suatu tujuan yang besar, sebagian besar orang meremehkan apa yang sudah mereka miliki, menilai rendah dirinya sendiri, dan menganggap keadaanya sebagai “kurang beruntung”, padahal dengan komputer dan internet saja ada ribuan peluang dan pilihan yang bisa kita kerjakan, jika Anda menghargai apapun yang telah Anda miliki seburuk apapun itu, percayalah bahwa hal-hal baik akan datang kepada Anda, sebaliknya jika Anda terus menyalahkan keadaan maka itu hanya akan memperburuk keadaan Anda, akhirnya kita selalu memandang dunia ini dari sudut pandang seorang “korban”.

Terima saja bahwa dunia ini memang tidak adil, namun setidaknya dunia telah memberikan tempat untuk Anda “to do something”, fakta bahwa Anda masih hidup dan bernafas detik ini juga memberikan Anda kesempatan untuk mengubah sesuatu, entah itu memperbaiki nasib Anda sendiri maupun orang lain.

3. Berhenti menuruti ekspektasi orang lain

Cobalah renungkan sejenak apakah yang Anda lakukan selama ini adalah hasil dari keinginan Anda sendiri atau hanya sebuah tuntutan dari lingkungan Anda (keluarga/masyarakat)? Sebagian besar dari kita mungkin hanya hidup untuk menuruti ekspektasi orang lain. Mengapa? This is your life, lakukan apa yang ingin Anda lakukan, pilih jurusan/pekerjaan yang memang ingin Anda lakukan, nikahi orang yang memang ingin Anda nikahi, lakukan sesuatu yang menurut Anda benar dan terbaik walaupun mungkin akan berakhir dengan kesalahan dan kegagalan.

You were born to make mistake, not fake perfection.

menerima diri sendiri

4. Berhenti percaya bahwa “money is evil”

Uang memang bukan segalanya tapi segala-galanya butuh uang, bahkan uang juga bisa memberikan Anda kebahagiaan dengan caranya sendiri, sudah bukan jamannya lagi kita percaya kalau uang itu adalah sumber kejahatan, mungkin lebih tepat dikatakan “kurang uang” adalah sumber kejahatan. Uang itu netral, uang hanyalah alat tukar, bukankah kita sangat beruntung hidup didalam sistem uang, segalanya menjadi lebih simpel, bayangkan betapa repotnya kalau kita harus kembali kejaman sistem barter (pertukaran barang).

Faktanya semua orang pasti mencari uang, publik figur yang sering Anda tonton sedang mencari uang melalui perhatian Anda, blog yang sedang Anda baca ini sedang mencari uang melalui perhatian Anda, everything is business, everything is give and take, bekerjalah sebaik-baiknya untuk mencari uang dan menyejahterakan diri Anda dan orang-orang yang Anda sayangi.

5. Fokus sekarang

Waktu terus berjalan, entah apapun yang Anda lakukan waktu tidak akan berhenti, karena itu pastikan Anda melakukan sesuatu yang “worth it” karena Anda membayarnya dengan waktu yang tidak akan pernah kembali.

Dijaman dimana perhatian kita selalu dijual, fokus adalah kemampuan yang paling berharga saat ini, fokuslah pada hidup Anda sendiri saat ini, diluar sana selalu saja ada orang yang akan memanfaatkan waktu dan kekosongan Anda.

If you commit to nothing, you’ll be distracted by everything.

Hampir semua yang ada di internet, sosmed, YouTube, Facebook adalah gangguan (distraction), mulai dari berita hoax, gosip, kontroversi, settingan, dll, pastikan Anda tidak membuang-buang waktu Anda yang berharga untuk hal seperti itu, dengan adanya internet mungkin sekarang kita hidup dijaman paling penuh gangguan/pengalih perhatian dari yang pernah ada, sebagian dari kita mungkin menghabiskan hari-hari menonton sesuatu yang meaningless (tidak berguna) namun ingat waktu terus berjalan, lebih buruk lagi mereka mencari-cari artikel/video galau yang bisa membuat mereka semakin larut dalam perasaannya sendiri, mereka menghabiskan waktu, menekan kebahagiaan, dan menunda-nunda produktivitasnya sendiri dengan terus mencari di internet.



Life is short, live now, jangan lagi menunggu.

Sekarang Anda tahu bahwa fokus pada saat ini adalah yang terpenting, jangan lagi menunggu kesempatan, kesempatan terbaik adalah sekarang, manfaatkan apapun yang sudah ada, gunakan waktu yang ada sekarang, semua yang sudah Anda miliki adalah kesempatan.


Related Posts: