Kata Kata & Kalimat Motivasi Bisnis Untuk Sukses Secara Nyata


Kenyataan dalam berbisnis tidak pernah seindah cerita-cerita entrepreneur yang Anda dengar di seminar, buku, maupun motivator-motivator diluar sana, bahkan seringkali cerita tentang pengusaha/berbisnis banyak yang jauh lebih pahit dari yang Anda kira, mulai dari mereka yang gagal/bangkrut sampai terpuruk harus jual rumah, punya hutang miliaran dan harus bayar bunga puluhan juta tiap bulan, berantem sama teman dan keluarga sendiri, sampai tertipu oleh partner dan orang-orang yang dipercaya, maka dari itu saya ingin coba berikan sedikit kata-kata atau kalimat motivasi bisnis yang mungkin saja sudah pernah Anda dengar, tapi nasihat ini sangat penting bagi Anda yang sudah atau mau memulai bisnis untuk bisa sukses secara nyata.

Inilah 5 kenyataan pahit dan realita dalam berbisnis yang perlu Anda ketahui:

1. Tidak akan ada yang peduli dengan bisnis Anda

Kenyataannya adalah tidak ada orang yang benar-benar peduli dengan bisnis Anda bahkan teman dan keluarga Anda juga tidak akan begitu peduli, tidak ada yang peduli dengan visi, mimpi, dan apapun yang Anda kerjakan karena semua orang juga sibuk dengan mimpi dan hidupnya sendiri.


Ketika dulu saya pertama kali membuat toko online dan memberi tahu semua teman-teman saya, tidak ada satupun dari mereka yang membeli bahkan tidak ada yang mengunjungi website tersebut, saat saya menawarkan jasa yang teman saya sedang cari di internet mereka malah lebih memilih orang lain (padahal lebih mahal) karena mungkin mereka lebih berpikir “berapa banyak untung yang saya ambil dari dia” ketimbang “berapa banyak uang yang bisa saya bantu hematkan untuk dia”, so yeah nobody cares.

Orang yang pertama kali menghargai usaha dan bisnis Anda selalu adalah orang asing, setidaknya dari pengalaman saya membuat berbagai bisnis online seperti itu, jadi belajarlah untuk mulai menghargai orang asing karena mereka sebenarnya adalah customer terbaik Anda.

2. Teori yang ada tidak akan berjalan sesuai dengan prakteknya

Ketika kita membaca teori-teori di buku, internet, dan medium apapun sebenarnya hampir >90% teori-teori itu hanyalah teori dasar (default) yang seringkali tidak berjalan sesuai dengan realita lapangan yang ada.

Contoh banyak artikel tentang bisnis yang bilang bisnis online shop itu gampang, tanpa modal dan bisa dikerjakan oleh siapa saja, tapi kenyataannya adalah berapa banyak orang bisa bikin toko online dan sukses? Memang kalau cuma sekedar bikin semua orang juga bisa, tapi yang jadi pertanyaan adalah apakah mereka yang bikin itu bisa sukses dan menghasilkan?

Contoh lainnya teori-teori tentang blogger yang bilang ngeblog itu gampang, bisa dapat pasif income dan bla.bla.bla, kalau Anda mau tahu realitanya membuat blog yang menghasilkan itu sama sulitnya seperti membangun bisnis/startup. Kalau secara teori orang-orang hanya bilang yang penting rajin nulis dan promosi nanti kalau visitor banyak uang akan ngalir dengan mudahnya. It’s a bullshit.

Saya coba berikan saja cerita singkat tentang blog ini:

  • Selama 1-2 tahun pertama blog ini tidak menghasilkan uang sama sekali.
  • Saat saya ingin melakukan cross promote dengan blog/website lain, hasilnya selalu nihil, tidak pernah ada kesepakatan, ya karena memang tidak ada yang peduli dengan blog saya apalagi saat itu trafiknya masih kecil.
  • Banyak pakar blogger/internet marketing bilang buat artikel berupa listicle supaya banyak visitor, saat itu saya berniat membuat kumpulan nasihat dari para seller toko online yang sukses, dari 30 seller yang saya hubungi saat itu hanya 1 yang bersedia menjawab, sisa 29 lainnya bahkan tidak memberi respon sama sekali.
  • Blogger master suka mengatakan untuk jadi penulis tamu (guest blogger) di blog orang lain supaya ranking SEO dan trafik meningkat, lalu saya mencoba berkunjung keberbagai blog demi blog, sampai mengirim email puluhan kali dan hanya 1 blog saja yang menerima guest post saya, secara teori terlihat gampang tapi kenyataannya ternyata sulit sekali menemukan orang yang mau menerima tulisan kita.
  • Saya suka geli melihat orang-orang diluar sana yang sok-sok menganalisis penghasilan AdSense blogger dan youtuber dimana hampir semua yang mereka tebak itu salah besar, saya memiliki blog dan channel YouTube yang termonetize dan saya tahu persis betapa kecilnya penghasilan AdSense di Indonesia, bahkan seringkali hasilnya tidak worth it dengan kerja keras yang sudah dibangun selama ini, jadi buat Anda janganlah gampang tergiur dengan iming-iming uang besar di internet karena sebagian besar isinya adalah omong kosong. Bahkan saya berani katakan mencari uang secara tradisional (kerja offline) masih jauh lebih gampang daripada mencari recehan didunia online/internet yang penuh tipu daya ini.

Baca juga: Pengalaman 3 tahun mencari uang di internet

Intinya adalah jangan mudah terpancing dengan teori-teori bisnis yang ada diluar sana, sebagian besar (bahkan hampir semua) tidak akan membantu bisnis Anda secara nyata/real, pada akhirnya tetap pengalaman adalah guru terbaik, banyak-banyaklah praktek dan mencoba.

3. Banyak orang yang akan salah paham dan tidak mengerti Anda

Tentu kita ingin semua orang sepaham/sepemikiran dengan kita, tapi saat berbisnis tidak semua orang akan mengerti apa yang ingin Anda lakukan, dan disinilah rasa frustasi mulai menghantui, disaat orang-orang gagal paham atau bahkan membenci bisnis Anda, dan kalaupun Anda mulai sukses sebagian dari mereka mungkin akan cemburu/iri.

Inilah sebab haters tidak akan pernah ada habisnya, karena disaat orang-orang sukses bermunculan disaat itu pula haters juga lahir dari rasa iri atas kesuksesan tersebut.

They want to see you do good, but never better than them. It’s jealousy.

Mungkin orang-orang disekitar Anda selalu mengatakan lakukan yang terbaik, kamu pasti bisa, semoga sukses dan bla.bla.bla tapi disaat Anda mulai menjadi lebih baik dari mereka biasanya disitulah kecemburuan mulai terjadi, mereka ingin Anda menjadi lebih baik tapi tidak lebih baik dari mereka, jadi disaat kita pikir orang-orang disekitar kita itu suportif dan sangat mengerti Anda, mungkin sebenarnya mereka diam-diam membenci (iri) dan menjadi kompetitor Anda.

But is’t ok, keberadaan haters juga bisa menjadi pertanda baik bahwa bisnis/apa yang Anda kerjakan mulai memberi dampak, kecuali kalau haters Anda lebih banyak dari orang yang mendukung (fans) maka sudah saatnya Anda mulai introspeksi diri.

Kesimpulannya adalah apapun yang Anda lakukan akan selalu ada orang diluar sana yang tidak mengerti Anda, semakin luas pengaruh Anda, semakin banyak juga orang yang akan salah paham, tapi itu tidaklah penting karena Anda hidup bukan untuk membahagiakan semua orang.

4. Yang terbaik bisa jadi yang terburuk, yang terburuk bisa jadi yang terbaik

Ide, pekerjaan, konsep, produk, karya, atau apapun yang menurut Anda terbaik bisa menjadi sampah setelah terealisasi, dan sebaliknya apa yang menurut Anda kurang baik/sampah malah bisa menjadi masterpiece, mengapa ini bisa terjadi? Karena kita tidak bisa mengendalikan persepsi/sudut pandang orang lain terhadap karya dan usaha kita.

Saya pernah menulis sepanjang 2.500 kata menghabiskan 2-3 hari untuk membuat artikel yang menurut saya akan menjadi yang terbaik dari yang terbaik, namun setelah publish hasilnya zonk, tidak ada yang membaca tulisan tersebut, kalaupun dibaca juga tidak ada yang tahan membacanya sampai habis karena membosankan, sebaliknya artikel singkat yang saya buat saat sedang iseng disiang hari (hanya butuh 2 jam untuk menulis artikel tersebut dari nol) malah menjadi salah satu artikel penyumbang trafik terbesar untuk blog ini mendapatkan ribuan pembaca setiap harinya hanya dari 1 artikel tersebut.

Ya memang kadang lucu, apa yang dibuat dengan serius dan sepenuh hati bisa jadi sampah, sebaliknya apa yang dibuat cuma iseng atau main-main malah jadi sesuatu yang menghasilkan, tapi pesannya adalah “nothing has to be perfect”, Anda tidak harus sempurna untuk bisa sukses, tidak peduli sebagus atau sesampah apapun karya/produk yang Anda buat, yang terpenting adalah finish it and put it out there.

Anda tidak akan pernah bisa menghasilkan karya terbaik kalau Anda tidak pernah mempublish apapun, Anda tidak akan pernah bisa membangun bisnis yang sukses jika Anda tidak pernah meletakkannya diluar sana dan memperlihatkannya pada orang-orang. Tidak peduli sebrilian apapun isi kepala Anda tidak akan ada artinya kalau itu cuma ada dikepala Anda, so let it out, keluarkanlah, apapun itu, entah artikel, musik, video, produk, ingat itu tidak harus sempurna, karena done is better than perfect.

5. Anda bisa saja bangkrut/mati sebelum bisnis Anda sukses

Biasanya ada 2 sisi yang saling bertolak belakang dalam berbsinis yaitu antara idealisme dan realita finansial yang ada, kita ingin mengembangkan bisnis secepat mungkin tapi kita juga harus survive setiap harinya tanpa ada pemasukan yang signifikan karena bisnis belum menghasilkan, kalau kita mencari income dengan bekerja/freelance untuk menambah tabungan, bisnis kita malah jadi terbengkalai dan tidak kunjung berkembang.

Kemungkinan terburuknya adalah bisnis kita sudah keburu layu atau yang lebih buruk lagi sampai bangkrut kehabisan uang dan tidak bisa makan (mati), apalagi kalau Anda sampai berbisnis dengan modal berhutang.

Saran saya adalah jangan pernah berbisnis dengan cara berhutang, lalu pastikan Anda punya tabungan untuk survive minimal selama setahun tanpa pemasukan, lebih bagus lagi kalau Anda bisa bekerja sambil bisnis sebagai sampingan diawal, jadi bisnisnya dijadikan sebagai projek sampingan, begitu mulai menghasilkan barulah Anda boleh melepas pekerjaan Anda, memang jauh lebih cepat kalau kita fokus 100% pada bisnis dari awal, tapi setidaknya dengan cara ini Anda akan jauh lebih aman secara finansial dan tentunya akan lebih fokus nantinya karena tidak harus memikirkan masalah keuangan selama berbisnis.

Pada akhirnya semua akan game over kalau Anda mati/kehabisan uang, jadi prioritas pertama Anda bukanlah sukses tapi survive karena untuk sukses tentu Anda harus bertahan hidup.

Baca juga: Kesalahan fatal anak muda dalam berbisnis



Sebagai kesimpulan dari kelima poin diatas, inilah 5 kata kata atau kalimat motivasi bisnis untuk bisa sukses secara nyata:

  • Belajarlah menghargai orang asing
  • Pengalaman adalah guru terbaik
  • Jangan membahagiakan/berusaha memuaskan semua orang
  • Done is better than perfect
  • Success is important, but survive is a must

Pada akhirnya motivasi bisnis atau motivasi sukses (seperti artikel ini) juga tidak akan bisa membantu banyak kalau Anda tidak pernah bergerak, Anda harus bekerja sangat keras karena realitanya it’s really hard to make a business.

So, good luck with you life.


Related Post: