Kata Kata Bijak dan Motivasi Unik Dari Biografi Hidup Steve Jobs


Saya adalah salah satu penggemar Steve Jobs dan perusahaan yang ia bangun (Apple), banyak sekali pelajaran hidup yang bisa kita petik dari biografi hidup seorang Steve Jobs, pada artikel kali ini saya akan merangkum berbagai kata-kata bijak dan motivasi unik darinya yang bisa kita aplikasikan dalam hidup sehari-hari.

Make your dream happen

quotes pidato stanford steve jobsSteve Jobs mulai membangun perusahaan paling berharga didunia sebagai seorang DO (drop out) tanpa modal (Steve lahir dikeluarga menengah bawah). Jika Anda membaca buku biografi Steve Jobs dijelaskan bahwa saat membangun Apple diawal, dia tidak memiliki uang dan customer, lalu ia meyakinkan pemilik toko komputer lokal (Byte Shop) untuk memesan 50 komputer Apple I (yang bahkan masih belum dibuat) lalu menggunakan orderan tersebut untuk meyakinkan supplier/manufacturer untuk memberikan komponen/spare part yang dibutuhkan.

Lalu ia bekerja dengan tim kecilnya di garasi dan membuat komputer-komputer tersebut dengan tangan secara manual. Apple betul-betul lahir from nothing. Apakah Steve Jobs memiliki pengalaman membangun perusahaan sebelumnya? Tidak sama sekali. Apa yang bisa kita pelajari adalah jika Anda mau mempertanyakan banyak hal dan bekerja keras, Anda bisa mempelajari dan melakukan apapun dengan lebih cepat. So go out there and make your dream happen.


Most people never pick up the phone and calls, most people never ask, most people never act, and that’s what seperates the people who do thinks and the people who just dream about it. You have to act and willing to fail, if you afraid of failing you won’t get very far.

Banyak orang memiliki mimpi yang besar namun tidak pernah bertindak, Steve Jobs menyampaikannya dengan baik dalam video berikut:

sumber video: SCVHA

Think different

kata kata bijak steve jobsMayoritas kesuksesan Steve Jobs bisa dikatakan adalah karena keberaniannya dalam berpikir beda dengan pendapat para expert dan mempertaruhkan pilihan tersebut tanpa kompromi sedikitpun. Saat produk-produk seperti iMac, iPod, iPhone dan iPad diluncurkan pertama kali orang-orang banyak menilai produk tersebut akan gagal, market tidak akan menerimanya, Apple akan terpuruk dan sebagainya.

Mantra Steve Jobs yang paling saya suka adalah konsistensi dan fokus. Kata-katanya yang selalu mengena tentang 2 hal tersebut adalah “we don’t ship junk” dan “focus is about saying no”. Steve hanya mau meluncurkan produk yang ia rasa pantas untuk dibanggakan kepada orang lain dan bisa digunakan untuk dirinya sendiri (eat your own food), lalu ia berkata bahwa fokus itu adalah tentang berkata tidak pada ribuan kesempatan/alternatif lain yang ada, choose the right things and say no to everything else.

Passion (live what you love)

kata motivasi steve jobsTidak diragukan lagi Steve mencintai pekerjaannya, dia menjalani karir dan hidupnya setiap hari dengan penuh semangat dan passion, seperti dalam quotesnya yang sangat terkenal pada pidato wisuda Stanford 2005 “the only way to do great work is to love what you do”.

Jika Anda belum menemukan apa passionmu, teruslah mencari karena Anda akan tahu begitu Anda menemukannya, saya juga tidak ingin bicara panjang lebar mengenai passion karena bisa sangat ambigu (pengertian orang mengenai passion saja berbeda-beda dan faktanya kita bisa memiliki puluhan bahkan ratusan passion dalam hidup ini), intinya adalah apakah Anda mau menghabiskan seumur hidup Anda untuk melakukan hal-hal yang tidak Anda sukai?

Hidup ini singkat, saya selalu menggunakan 2 pendekatan dalam menjalani passion, yaitu antara:

  • Anda mengerjakan passion dan dibayar untuk itu (monetize your passion / passion yang dibayar)
  • Anda melakukan hal/pekerjaan lain dan membiayai/mengerjakan passion diluar kesibukan Anda

Tidak ada pilihan yang salah diantara keduanya (both is good option), namun pastikan you make a choice.

Embrace life

Ini adalah pelajaran favorit saya dari seorang Steve Jobs mengenai rahasia hidup (secrets of life). Ketimbang hanya menunggu sesuatu terjadi dalam hidup ini, kita bisa mengubahnya, mempengaruhinya, dan yang jauh lebih penting adalah membuatnya menjadi lebih baik (make life better).

sumber video: SCVHA



Tentu Steve Jobs bukanlah orang yang sempurna, sama seperti kita semua, pasti iapun pernah melakukan banyak kesalahan dalam hidupnya (termasuk ajarannya mungkin tidak 100% benar), namun setidaknya kita bisa belajar banyak dari seseorang yang betul-betul menjalani passion dan mimpinya sampai akhir kematiannya.


Related Posts: