Investasi Diri Terbaik yang Tidak Akan Merugikan Hidup Selamanya


Apa investasi diri terbaik yang dapat Anda berikan pada diri sendiri?

kita tidak sedang membicarakan tentang bisnis, namun investasi yang saya maksud disini adalah hal yang dapat Anda berikan pada “diri Anda sendiri” sebagai investasi untuk masa depan Anda. Berikut 4 hal penting (investasi diri terbaik) yang dapat Anda investasikan untuk kehidupan Anda dan sampai kapanpun (selamanya) tidak akan pernah merugikan yaitu:

  1. Kesehatan
  2. Pendidikan
  3. Kemampuan
  4. Berbagi

Mari kita ulas lebih dalam satu per satu.

1. Kesehatan


menjaga kesehatanApapun yang ingin Anda lakukan membutuhkan kondisi kesehatan yang baik, oleh karena itu pertama-tama Anda harus sehat dan menjaga pola hidup Anda sebaik mungkin, hindari rokok/alkohol dan obat-obatan. Nasehat ini begitu klise tapi perlu diingatkan bahwa kesehatan Anda adalah hidup Anda, apapun yang ingin Anda lakukan/raih semuanya melibatkan tubuh Anda jadi pastikan fisik Anda berada dalam kondisi sebaik mungkin. Tidak perlu melakukan diet, puasa, makan teratur atau menjadi vegetarian untuk menjadi sehat, Anda cukup makan makanan yang bergizi secara normal (2 atau 3 x sehari) dan berpikir positif.

Hidup kita seperti meminum “air” dari sebuah “gelas kosong”. Otak Anda adalah gelasnya dan pikiran Anda adalah cairan yang akan Anda minum. Anda bisa mengisi gelas tersebut dengan air yang jernih atau racun yang mematikan, pilihan ada ditangan Anda.

“You are what you think”.

2. Pendidikan

networkingBanyak dari kita menganggap pendidikan adalah sekolah/kuliah. Tidak, pendidikan jauh lebih luas dari itu, pendidikan adalah bagian dari kehidupan itu sendiri. Artinya sampai kita mati, kita selalu berada dalam kondisi “belajar” dan ini berlaku untuk semua orang termasuk guru. Kita belajar saat sekolah, kuliah, kerja, berbisnis, bergaul, menonton tv, browsing dan lain-lain. Semuanya adalah pendidikan dan salah satu faktor yang paling penting dari pendidikan adalah “Lingkungan”.

Hal terpenting yang kita dapat dari sekolah adalah : karakter dan lingkaran sosial Anda.

Karakter kita (khususnya saat remaja/muda) dibentuk oleh sahabat-sahabat kita yang artinya karakter Anda adalah hasil bentukan beberapa sahabat terdekat Anda. Koneksi/lingkaran sosial Anda dipengaruhi oleh tempat dimana Anda berada dan orang-orang yang ada disana.

Sekolah bukan tentang ilmu atau nilai rapor atau pengetahuan atau bahkan skill (bukan berarti ini semua tidak penting). Sekolah adalah tempat dimana kita membentuk karakter dan bersosialisasi dengan lingkungan kita.

Ada alasan orang-orang rela membayar untuk menyekolahkan anaknya di tempat yang lebih mahal karena mereka mengerti pada saat kita menyekolahkan anak disekolah, bukan ilmu atau ijasah yang penting, tapi lingkungan seperti apa yang akan anak itu dapat di sekolah tersebut. Lingkungan yang baik akan membentuk karakter yang baik. Koneksi dan lingkaran teman yang baik akan membimbing Anda ke tempat berikutnya yang lebih baik dan dengannya akan menentukan nasib Anda kelak. (bukan berarti sekolah yang murah memiliki lingkungan yang buruk, namun mereka yang sukses cenderung menyekolahkan anaknya ditempat yang lebih mahal).

Bukankah kita sering mendengar pelajar yang tawuran atau terlibat seks bebas, apakah itu salah sekolah? Lingkungan adalah kuncinya. Lingkungan Anda sangat mempengaruhi pemikiran Anda, baik itu lingkungan rumah, sekolah, kantor, bisnis, atau bermain. Ingatlah bahwa pengaruh lingkungan itu lebih kuat dari genetik. Jadi pilihlah lingkungan Anda sebaik mungkin.

3. Kemampuan

ideMungkin banyak dari kita yang lulus sekolah/kuliah tanpa kemampuan khusus apapun karena hanya menjalani sistem, mengikuti aturan yang ada (sekedar lulus) dan pada akhirnya bingung dengan apa yang mau dilakukan dalam hidup ini.

Kemampuan/skill bisa Anda dapat darimana saja, dari keluarga, teman, internet, google, forum, buku, pengalaman, dan lain-lain. Berikut skill umum yang bisa Anda pelajari dan akan menjadi investasi terbaik seumur hidup Anda:

  • Sales : belajarlah tentang menjual, bukan hanya barang/produk tapi juga diri dan kemampuan Anda.
  • Marketing  : belajarlah bagaimana memasarkan atau memberi tahu orang lain tentang sesuatu (learn how to tell people).
  • Psikologi : belajarlah bagaimana berinteraksi dengan orang lain, memahami pikiran seseorang, dan membaca situsasi.

Semua skill diatas dapat Anda pelajari secara otodidak dan secara tidak langsung Anda sudah mempelajari semua skill diatas saat menjalani kehidupan sehari-hari, yang perlu Anda lakukan adalah mengasah lebih dalam lagi, menggabungkan ketiga skill diatas dan mengkombinasikannya sebaik mungkin dengan kemampuan-kemampuan lainnya yang Anda punya.

4. Berbagi

ShareTidak semua orang melihat apa yang Anda lihat, mengalami apa yang Anda alami, merasakan apa yang Anda rasakan, dan mengetahui apa yang Anda tahu.

Saat Anda mengetahui sesuatu, share/bagikanlah pengetahuan tersebut kepada orang-orang atau siapapun, bahkan jika Anda takut seseorang akan mencuri/mengcopy ide atau pengetahuan tersebut, Anda tetap dapat belajar dari cara mereka mengeksekusi informasi tersebut dan membuat pemahaman Anda semakin berkembang. Bahkan jika pengetahuan yang Anda bagikan tersebut buruk atau tidak berguna, seseorang akan memberi komentar/kritik dan membuat Anda belajar lebih banyak lagi.



Tentunya masih banyak hal yang perlu Anda investasikan pada diri Anda selain keempat poin diatas, namun sedikit ringkasan yang dapat saya berikan adalah investasikanlah keempat hal tersebut sedini mungkin.

Berpikirlah positif, bergaullah dilingkungan yang baik, latihlah kemampuan sales,marketing dan psikologi Anda, lalu bagikanlah apa yang Anda temukan kepada semua orang. Niscaya dengan melakukan tips simpel tersebut Anda akan menjalani hidup dengan kualitas dan sudut pandang yang lebih baik.


Related Posts: