5 Hero Tersulit Untuk Dimainkan & Dikuasai di Mobile Legends


Kali ini ane ingin membahas 5 hero tersulit untuk kita mainkan/kuasai di Mobile Legends. Tapi sebelumnya ane sempet iseng-iseng mencari tahu dan mengumpulkan daftar tingkat kesulitan (difficulty) berdasarkan data dari status hero yang ada, berikut ini tingkat urutan kesulitan hero ML (berdasarkan stat) dari yang tersulit sampai termudah:

  1. Fanny = 100 (sudah jelas hero ini memang paling sulit dikuasai)
  2. Kagura = 88
  3. Karrie = 87 (ane kurang ngerti kenapa difficulty nya bisa setinggi ini, perasaan ga susah-susah amat pake Karrie)
  4. Hayabusa = 82
  5. Alpha = 73
  6. Moskov = 72
  7. Ruby = 70
  8. Gatotkaca = 70
  9. Alice = 67
  10. Irithel = 66
  11. Vexana = 66
  12. Karina = 65
  13. Gord = 65
  14. Chou = 64
  15. Saber = 62
  16. Yi Sun-shin = 60
  17. Franco =60
  18. Cyclops = 60
  19. Aurora = 60
  20. Harley = 55
  21. Bane = 55
  22. Natalia = 54
  23. Roger = 52
  24. Lapu-lapu = 50
  25. Lolita = 50
  26. Johnson = 50
  27. Zilong = 50
  28. Argus = 46
  29. Bruno = 46
  30. Alucard = 45
  31. Clint = 45
  32. Grock = 45
  33. Akai = 45
  34. Estes = 45
  35. Sun = 42
  36. Freya = 40
  37. Nana = 40
  38. Hilda = 40
  39. Eudora = 40
  40. Rafaela = 34
  41. Minotaur = 30
  42. Balmond = 30
  43. Miya = 25
  44. Tigreal = 25
  45. Layla = 25

Nah itu tadi daftar tingkat kesulitan hero berdasarkan stat dari pihak official Mobile Legends, sekarang kita akan membahas 5 hero tersulit dan apa yang membuat mereka menjadi sulit untuk dimainkan berdasarkan opini ane pribadi.


5 hero tersulit (versi ane):

1. Assassin = Fanny


tutorial tips cara belajar main fannySudah pasti kalau ngomongin tingkat kesulitan hero, Fanny adalah juaranya.

Apa yang bikin sulit?

Fanny sulit dikuasai karena skill 2 nya (Steel Cable), bagi player awam sangat sulit untuk mengarahkan kabelnya kearah yang tepat dengan momentum yang pas, apalagi jika menggunakan 2 kabel perlu sudut dan timing yang tepat supaya kita bisa terbang kearah yang diinginkan.

Kamu bisa baca tutorial/panduan lengkap cara memainkan hero Fanny disini:

Tutorial Fanny Mobile Legends

2. Tank = Chou

tutorial tips cara belajar main chouChou memang rolenya adalah fighter, tapi akan lebih bagus kalau kita build sebagai tank, dan Chou sebagai tank itu cukup sulit untuk dimainkan.

Apa yang bikin sulit?

Bagian tersulit dari Chou sebagai tanker adalah saat kita ingin menculik hero lawan, mulai dari engage, sampai berhasil menendang musuh ke tim kita, kombinasi skill inilah yang cukup sulit dan sialnya sangat mudah diganggu/interupt oleh musuh terutama hero-hero CC (crowd control) seperti Nana dan Aurora.

Selain itu sulit juga untuk menguasai skill immune nya (skill 2) karena harus digunakan pada timing yang betul-betul pas dan singkat.

Kamu bisa baca tutorial/panduan lengkap cara memainkan hero Chou (as a tanker) disini:

Tutorial Chou Mobile Legends

3. Fighter = Ruby

hero ruby mobile legendsRuby adalah hero yang sangat bergantung pada kerjasama tim, karena bisa dibilang hero ini adalah hero CC (crowd control) yang paling bagus di ML, hero ini sangat berguna saat tim war, namun sangat lemah jika digunakan untuk 1 lawan 1 dengan hero lawan.

Apa yang bikin sulit?

Sebenarnya yang bikin Ruby jadi sulit adalah dilema antara build tank atau sebagai fighter, karena hero ini serba nanggung. Mau di build fighter tapi damagenya geli-geli dan bergantung pada skill, mau di build tank (karena pastifnya ada lifesteal) namun tetap aja lembek karena hasil damagenya bakal lebih kecil kalau dibuild tank dan efek lifestealnya pun jadi tidak maksimal (lifesteal butuh damage supaya darah juga nambah lebih banyak/cepat).

Ane sendiri sering build Ruby sebagai semi-tank, terutama build itemnya adalah cooldown reduction (mengurangi cooldown skill) karena mau di build sebagai tank/fighter Ruby sangat-sangat bergantung pada skill-skillnya, basic attacknya itu sangat lambat & lembek (bisa dibilang ga guna), hero ini emang serba dilema, tapi yang jelas skill CC nya memiliki kontribusi yang paling berguna dalam tim, terutama saat teamfight.

Bagi player newbie hero ini memang cukup sulit digunakan, terutama pada skill 2 dan ultinya, kita harus memposisikan diri disaat yang tepat untuk mengcounter lawan, dan menjaga jarak aman karena Ruby bukanlah tanker yang bagus walau sudah di build item tank.

4. Mage = Alice

hero alice mobile legendsHero kuat (OP) yang cukup diremehkan (underrated) dan cenderung menjadi mage yang terlupakan karena banyak hero-hero mage baru bermunculan macam Aurora, Cyclops, Harley, dan Odette.

Sebenarnya ane ingin masukkan Kagura sebagai hero mage tersulit di ML, namun resiko bermain mage sebagai Kagura dengan Alice jauh lebih tinggi Alice, karena Kagura termasuk hero mage yang paling aman dalam permainan, bisa lempar payung dari jauh, ditambah skill 2 nya punya efek purify dan mobilitasnya cukup tinggi.

Sedangkan Alice mungkin satu-satunya mage yang unik dan daredevil, gimana engga, dia harus maju ketengah-tengah lawan untuk menyerang dengan ultinya, salah-salah dikit bakal jadi tempe dalam sekejap. Biasanya kan mage tugasnya dibelakang tank/fighter dan spam skill, tapi Alice malahan yang jadi tanker alias pasang badan didepan saat ngeluarin ultimate terutama saat tim war, untungnya ada skill pasif Alice yang membuat darahnya tebel layaknya seorang tanker, belum lagi kalau ditambah item Spell Vamp (lifesteal untuk skill magic) bikin dia bisa ga mati-mati.

Apa yang bikin sulit?

Bagian tersulit memainkan Alice adalah timing yang tepat untuk menggunakan teleport skill 1 nya saat menyerang/war, banyak player yang salah loncat dan ngeluarin ulti disaat yang tidak tepat, akhirnya sering jadi feeder dan terciduk dengan konyol.

Sebenarnya cara terbaik untuk main aman dengan Alice adalah gunakan skill 1 untuk teleport ketengah-tengah musuh, lalu skill 2 (stun), lalu ultimate, dan gunakan skill 1 kembali (begitu skill ulti sudah mau selesai) untuk kabur (escape), namun tergantung keadaannya juga, intinya adalah skill 1 Alice (teleport) bisa digunakan untuk menyerang (engage) dan kabur (escape) secara fleksibel, karena itu kuasai terlebih dahulu cara memaksimalkan skill teleport tersebut.

5. Marksman = Moskov

hero moskov mobile legendsWalau sudah di nerf berkali-kali Moskov tetap salah satu mm terkuat di ML, khususnya pada phase late game (same old monster). Selain itu Moskov juga salah satu marksman paling sulit untuk dimainkan karena butuh positioning yang tepat untuk menguasai dan memaksimalkan skill-skillnya.

Apa yang bikin sulit?

Pertama skill 1 nya punya dash yang cukup panjang (medium) sehingga jangan sampai malah salah dash maju kedepan saat war, kita perlu belajar memposisikan diri dalam kondisi apapun baik saat farming maupun menyerang hero lawan.

Skill stun nya (skill 2) harus digunakan pada saat yang tepat, biasanya player pro Moskov menggunakan dash skill 1 nya terlebih dahulu untuk mengarahkan posisinya sehingga hero musuh berhadapan dengan tembok atau dengan hero timnya yang lain.

Lalu ultimate nya punya jarak yang tidak terbatas (1 map) sehingga kita bisa gunakan untuk serangan jarak jauh. Dibutuhkan keakuratan untuk melempar tombaknya kearah yang pas dengan posisi musuh, kita bisa gunakan bantuan minimap dikiri atas sebelum menggunakan skill ultinya.



Itulah tadi 5 hero tersulit menurut opini ane, apakah hero tersebut juga sulit bagi kamu? Siapa hero tersulit untuk dikuasai menurut kamu?


Related Posts: