5 Hero Termudah yang Gampang Dimainkan & Imba (Mobile Legends)


Kali ini ane ingin membahas hero termudah atau tergampang untuk kita mainkan dan kuasai di Mobile Legends, hero-hero ini akan sangat cocok untuk para player baru karena jauh lebih baik belajar menggunakan hero yang easy terlebih dahulu, sebelum mencoba hero-hero sulit seperti Fanny, Hayabusa, dll. Namun jangan salah, walaupun hero-hero ini mudah dimainkan mereka tetaplah kuat dan imba (OP), berikut ini adalah 5 hero yang cocok dimainkan oleh player yang masih pemula/newbie:

1. Zilonghero tergampang fighter zilong mobile legendsBisa dibilang Zilong adalah hero sejuta umat, karena hero ini gratis dan pastinya bakal sering dimainkan oleh player-player baru, walau gameplaynya sangat mudah namun Zilong adalah salah satu fighter terkuat di Mobile Legends dan sangat sering menjadi hero pilihan saat ranked mode (draft pick).

Memainkan Zilong sangatlah simpel seperti fighter pada umumnya, secara umum yang perlu kita lakukan hanya menyerang/farming dengan basic attack dan spam skill pada saat yang diperlukan. Zilong juga merupakan fighter yang paling berbahaya pada saat late game karena bisa menculik dan menghabisi hero mage/marksman lawan seketika, burst damagenya saat late game adalah salah satu yang terbaik didalam game ini.

Karena mudah dimainkan dan gameplaynya cenderung monoton, tidak heran banyak yang akan cepat bosan memainkan hero yang satu ini.


2. Karinaassassin paling gampang mudah karina mobile legendsBiasanya role yang paling sulit dimainkan di Mobile Legends adalah assassin, namun bagi ane pribadi Karina adalah assassin yang cukup mudah dimainkan namun sangat kuat/OP dibanding assassin-assassin lainnya.

Note: dengan adanya nerf terhadap beberapa hero assassin seperti Saber, Hayabusa, dan terutama Fanny (Patch Notes 1.2.16), menurut ane hero assassin yang saat ini masih cukup OP dan worth it untuk dikuasai adalah Karina dan Natalia.

Yang membuat hero ini mudah dimainkan adalah gameplaynya yang seperti fighter, biasanya assassin memiliki gameplay yang unik (contoh Fanny dan Natalia), namun memainkan Karina hampir tidak ada bedanya dengan memainkan hero-hero fighter seperti Zilong, bedanya adalah Karina lebih lembek (maklum namanya juga assassin) sehingga perlu sedikit perhitungan sebelum memulai fight/engage.

Belum lagi ulti dan skill 1-2 nya akan cepat tereset saat ia mendapatkan kill/assist, sehingga tinggal menunggu momen yang tepat dan segera spam skill untuk menghabisi lawan satu per satu. Contohnya seperti video dibawah ini:

3. Minotaurtanker tergampang hero minotaur mobile legendsTanker yang menurut ane sangat mudah dimainkan adalah Minotaur. Minotaur merupakan tank yang paling OP saat early game, sehingga cukup sering digunakan untuk strategi 3-1-1 dengan Minotaur menjaga tower atas/bawah sendirian, skill 1 Minotaur memiliki damage yang besar ditambah ultinya memiliki true damage, lalu skill 2 nya memiliki efek healing, belum lagi kalau masuk mode rage semua skill-skillnya akan semakin kuat, sehingga bisa dikatakan tank ini bisa menjadi semi-fighter saat awal permainan.

Namun kelemahannya adalah hero ini kurang begitu bagus pada phase late game, karena kontribusinya pada tim war hanya bagus saat dia menggunakan ultimate pada mode rage, sisanya ia hanya akan menjadi sansak berjalan karena Minotaur kurang memiliki CC (crowd control) yang bagus dan movement/pergerakannya juga cukup lambat.

Yang sering jadi masalah adalah mode ragenya sering muncul disaat yang tidak tepat, disaat tidak dibutuhkan seperti sedang farming atau ngancurin tower dia malah masuk mode rage, disaat genting seperti tim war mode ragenya malah hilang, karena itu kita juga harus belajar menahan diri saat mode rage sudah mencapai sekitar 80-90%, jangan menyerang musuh/monster hutan disekitar, tunggu dan tahan dulu ragenya sampai saat mau melakukan engage/dive dan teamfight.

4. Eudoramage termudah eudora mobile legendsPada dasarnya semua hero mage itu mudah dimainkan (role hero termudah), dan menurut ane Eudora adalah hero termudah nomor 1 di Mobile Legends, secara garis besar kita cukup bermain aman dibelakang tank/fighter dan mengeluarkan/spam skill sampai musuh tewas.

Memang ada mage yang cukup sulit dimainkan seperti Kagura dan Alice, namun memainkan Eudora tidak diperlukan skill yang luar biasa, kita cukup punya jari untuk menekan tombol skill 1/2/ultimate dan melancarkan kombinasi-kombinasi skillnya.

Walaupun begitu hero ini termasuk OP karena burst damagenya yang besar saat late game dan bisa membunuh hero lembek seperti marksman/mage/assasin dengan satu serangan one shot kill (skill 2 –> skill 1 –> ultimate).

5. Aurorahero aurora mobile legendsAurora ini memang 11-12 dengan Eudora, selain namanya yang mirip, gameplay dan skill-skillnya pun juga hampir sama persis seperti Eudora.

Secara umum yang kita lakukan adalah menyepam skill 1 dan 2 dari jarak aman (dibelakang tank/fighter) lalu gunakan skill ultimate untuk membekukan semua hero lawan saat tim war. Memainkan Aurora sama mudahnya dengan memainkan Eudora, Aurora juga tidak kalah imbanya dengan Eudora untuk masalah burst damage, terlebih Aurora memiliki CC yang lebih baik berkat skill pasifnya.

Menurut ane pribadi untuk ranked mode Aurora jauh lebih baik ketimbang Eudora karena crowd controlnya jauh lebih memberikan kontribusi pada tim, jadi bukan cuma sekedar menghasilkan burst magic damage saja.

Baca juga: 5 hero terbaik untuk solo ranked



Itulah tadi 5 hero termudah menurut ane untuk kita kuasai dan juga cukup tangguh/OP walaupun gampang dimainkan. Jujur menurut ane pribadi seharusnya sistem balance pada hero lebih baik diseusaikan dengan tingkat kesulitan (difficulty) heronya, jadi hero-hero yang sulit dikuasai seperti Fanny/Kagura seharusnya lebih kuat dibandingkan hero-hero gampang seperti Zilong/Eudora, sehingga akan ada “high risk high reward” pada permainan ini.

Namun yang terjadi malah sebaliknya, hero yang gampang dimainkan seperti mage Aurora/Eudora belakangan ini terus mendapat buff, sedangkan hero-hero sulit seperti Chou, Kagura dan assassin yang tingkat kesulitannya tinggi seperti Saber, Hayabusa, dan terutama Fanny malah terkena nerf berkali-kali. Tidak heran saat ini kita jarang melihat Kagura dipermainan, bahkan para top player Kagura sudah jarang memainkan hero tersebut, dan sekarang dengan adanya nerf pada regen energi Fanny hal yang sama juga terjadi, tidak heran top 1 global Fanny memutuskan untuk meninggalkan game ini sementara, karena apa gunanya menguasai hero yang sulit dimainkan namun mudah sekali dicounter dengan hero-hero yang mudah?

Inilah juga yang menyebabkan para player malas menguasai hero-hero lain yang lebih sulit karena dengan hero-hero yang mudah juga tetap sama kuatnya (bahkan lebih kuat hero yang easy), sehingga tidak ada lagi “high risk high excitement” pada game ini. Sekian opini dari ane, semoga kedepannya developer ML bisa memberikan balance yang lebih baik pada hero-hero yang ada. Salam gamers.


Related Posts: